Cara Mengukur Jarak di Google Map PC, Android, iPhone & iPad

Mudah dan cepat, seperti ini cara mengukur jarak di Google Map PC, Google Map Android, Google Map iPhone dan iPad.

Enam belas tahun yang lalu, Google Map hanyalah sebuah aplikasi berbasis desktop. Dua bersaudara, Lars Eilstrup Rasmussen dan Jens Eilstrup Rasmussen membuatnya dengan bahasa pemrograman C++.

Setelah diakuisisi Google pada tahun 2004, Google Map dirubah menjadi aplikasi berbasis web dan kemampuannya terus dikembangkan hingga menjadi seperti saat ini.

Dengan ratusan juta tempat dari lebih 220 negara yang sudah dipetakan, menjadikan Google Map sebuah peta online yang memiliki data sangat lengkap.

Selain bisa digunakan untuk mendapatkan informasi lalu lintas, transportasi umum secara real-time, navigasi GPS, dan menjelajahi area setempat, Google Map juga bisa digunakan untuk mendapatkan data titik koordinat, mengukur luas tanah atau bangunan, dan mengukur jarak.

Dalam artikel tutorial ini, saya akan mencontohkan bagaimana mengukur jarak di Google Map. Tetapi sebelum ke detail tutorial, silakan lihat dulu hal-hal yang akan diuraikan dalam daftar isi di bawah ini.

Sekarang mari kita mulai dengan bagian yang pertama.

A. Cara Mengukur Jarak di Google Map PC

Cara mengukur jarak menggunakan Google Map di PC atau laptop cukup mudah. Dalam bagian tutorial ini, saya akan mencontohkan mengukur jarak garis lurus diantara 2 titik. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Google Map dengan PC atau laptop Anda. Alamat situsnya di https://www.google.co.id/maps/
  1. Perbesar tampilan peta atau zoom pada daerah yang akan Anda ukur jaraknya. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa mengetikkan nama lokasi terdekat yang Anda tahu dengan wilayah yang akan diukur jaraknya.

Ketikkan nama lokasi terdekat pada kotak Telusuri Google Maps seperti yang saya beri tanda kotak merah pada gambar di bawah ini.

Cara Mengukur Jarak di Google Map PC

  1. Lakukan klik kanan pada titik awal objek yang akan diukur jaraknya (Titik 1). Kemudian pilih menu Ukur jarak. Agar lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

menu ukur jarak google map pc

  1. Klik kiri mouse pada titik akhir objek yang akan diukur jaraknya (Titik 2). Setelah itu jarak antara titik awal dan akhir atau Titik 1 dan Titik 2 akan langsung ditampilkan oleh Google Maps seperti yang saya beri tanda panah pada gambar berikut.

hasil pengukuran jarak google map pc

  1. Jika Titik 1 dan Titik 2 posisinya tidak tepat, Anda bisa memindahkan posisinya dengan cara arahkan kursor mouse ke titik yang akan digeser sampai berubah simbol kursornya, kemudian klik dan seret ke posisi yang diinginkan.

Setelah posisi Titik 1 atau Titik 2 digeser atau keduanya digeser, jaraknya akan langsung otomatis berubah seperti contoh gambar berikut ini.

Hasil ukur yang titiknya digeser

  1. Untuk menghapus titik, lakukan klik kiri satu kali pada Titik 1 atau Titik 2.
  1. Untuk mengukur jarak objek yang lain, lakukan klik kanan pada Titik 1, pilih Jarak ke sini. Kemudian klik kiri pada Titik 2 yang diinginkan.

mengukur jarak ke sini di google map

  1. Untuk mengakhiri pengukuran jarak atau untuk menutup tool pengukuran jarak di Google Map, klik tanda X pada kartu Ukur jarak yang muncul.

Hasil ukur yang titiknya digeser

B. Cara Mengukur Jarak Jalan di Google Map

Objek jalan ada yang bentuknya lurus, ada juga yang berbelok-belok. Untuk mengkur jarak jalan yang bentuknya lurus, Anda bisa gunakan tutorial bagian A di atas. Kalau untuk mengukur jarak jalan yang berbelok-belok, caranya seperti di bawah ini.

  1. Buka Google Map, kemudian perbesar tampilan jalan kota atau lokasi yang akan Anda ukur jaraknya.
  1. Lakukan klik kanan pada titik awal jalan yang akan diukur jaraknya (Titik 1). Kemudian pilih menu Ukur jarak.
  1. Klik kiri mouse pada Titik 2, Titik 3, Titik 4 dan seterusnya sebanyak belokan dan sepanjang jalan yang ingin diketahui jaraknya.

Untuk contoh saya membuat 4 titik pada setiap belokan di sepanjang jalan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Jarak total dari Titik 1 sampai Titik 4, bisa dilihat pada kartu Ukur jarak yang muncul yaitu 57,44 m.

Sementara untuk jarak antar titik bisa kita hitung dari informasi jarak yang berada didekat titik tersebut.

C. Cara Mengukur Jarak Rumah di Google Map

Jika Anda ingin mengetahui ukuran rumah, termasuk panjang dan luasnya, maka hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah di Google Maps. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Google Map, kemudian perbesar tampilan rumah atau bangunan yang akan Anda ukur jaraknya.
  1. Rubah tampilan peta menjadi satelit agar rumah dan tanahnya terlihat jelas. Caranya klik kotak kecil bertuliskan Satelit di pojok kiri bawah seperti yang saya beri tanda panah pada gambar di bawah ini.

mode satelite google maps

  1. Lakukan klik kanan pada titik awal rumah atau batas tanah rumah yang akan diukur jaraknya (Titik 1). Kemudian pilih menu Ukur jarak.
  1. Klik kiri mouse pada Titik 2, Titik 3, Titik 4 dan seterusnya sebanyak pojok rumah atau tanah yang ingin diketahui jaraknya.

Untuk contoh saya membuat 4 titik pada setiap pojok rumah seperti terlihat pada gambar di bawah. Untuk TitikĀ  terakhir bisa disamakan posisinya dengan Titik 1 agar luas rumah juga ditampilkan pada kartu ukur jarak.

Cara Mengukur Jarak Rumah di Google Map

Jarak total panjang rumah dari Titik 1 sampai kembali ke Titik 1, bisa dilihat pada kartu Ukur jarak yang muncul yaitu 65,72 m dan luas rumah 252,30 M2.

Jika ingin mengetahui jarak atau panjang per sisi bangunan, saran saya ukur per 2 titik seperti yang saya contohkan pada bagian A tutorial di atas.

D. Cara Mengukur Jarak Tempuh di Google Map

Fitur Google Map memungkinkan pengguna untuk mengukur jarak tempuh dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Bahkan dengan dukungan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), informasi waktu tempuh semakin akurat.

Adapun cara mengukur jarak tempuh di Google Map bisa dengan beberapa cara. Salah satunya seperti berikut ini.

  1. Buka Google Map, kemudian perbesar tampilan lokasi awal yang akan Anda ukur jarak tempuhnya.
  1. Lakukan klik kanan pada titik awal yang akan diukur jarak tempuhnya (Titik awal). Kemudian pilih menu Rute dari sini.

Cara Mengukur Jarak Tempuh di Google Map

  1. Klik kiri mouse pada titik akhir atau titik tujuan yang ingin diketahui jarak tempuhnya. Kemudian informasi jarak tempuh dari titik awal ke titik akhir akan ditampilkan di bagian kiri seperti gambar berikut.

hasil pengukuran jarak tempuh di google map

Pada gambar di atas, bisa dilihat kalau Google Map menampilkan jarak tempuh dengan berbagai alternatif jalan yang tersedia. Dan merekomendasikan rute tercepat yang bisa ditempuh.

Jika ingin mengetahui jarak tempuh menggunakan alternatif alat transportasi selain mobil, maka simbol-simbol alat transportasi di bagian menu atas bisa diklik. Simbol tidak bisa diklik kalau memang alat transportasi diantara kedua titik tidak tersedia.

E. Cara Mengukur Jarak di Google Map Android

Aplikasi Google Map di PC dan Android memiliki fitur dan kemampuan yang sama. Yang membedakan paling tampilan antar mukanya saja. Jadi kalau Google Map di PC bisa digunakan untuk mengukur jarak, maka Google Maps di Android juga bisa.

Adapun cara mengukur jarak di Google Map pada Android seperti berikut ini.

  1. Buka Aplikasi Google Map dengan HP Android Anda.
  1. Perbesar tampilan peta pada daerah yang akan Anda ukur jaraknya. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa mengetikkan nama lokasi terdekat yang Anda tahu dengan objek yang akan diukur jaraknya.
  1. Tap titik awal atau Titik 1 pada objek yang akan diukur jaraknya sampai pin merah muncul. Kemudian tap atau tekan nama tempat yang muncul di bawah. Untuk contoh agar lebih jelas, bisa lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengukur Jarak di Google Map Android

  1. Tap tool Ukur jarak. Jika tool Ukur jarak tidak langsung kelihatan, lakukan scroll pada nama tempat tersebut.

menu ukur jarak google map android

Catatan:

Jika menu Ukur jarak tidak muncul, kemungkinan Anda men tap titik ditengah bangunan atau objek yang sudah ada nama bisnisnya atau objek yang sudah ditambahkan oleh para pengguna Google Map. Agar muncul, geser sedikit titiknya.

  1. Geser titik atau lingkaran hitam ke titik yang diinginkan (Titik 2). Caranya geser peta agar lingkaran hitam bergeser. Jarak antara Titik 1 dan Titik 2 akan langsung ditampilkan di bagian bawah seperti yang saya beri tanda kotak merah pada gambar berikut.

hasil ukur jarak google map android

  1. Jika ingin menambah Titik ke-3, tap simbol + seperti yang saya beri tanda panah pada gambar di bawah. Kemudian geser titik hitam ke titik yang diinginkan. Jarak dari Titik 1 ke Titik 3 yang melalui Titik 2 akan langsung ditampilkan di bagian bawah (Lihat yang saya beri tanda kotak merah).

jarak 3 titik di google map android

  1. Langkah opsional untuk menghapus titik terakhir, tap urungkan (3). Jika akan menghapus semua titik, tap simbol titik tiga (1), kemudian tap Hapus (2). Untuk menutup tool Ukur jarak, tap tanda panah ke kiri (4). Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

menghapus titik di map android

F. Cara Mengukur Jarak di Google Map iPhone dan iPad

Cara mengukur jarak di Google Map iPhone atau iPad sama dengan di Android. Karena tampilan antar muka Google Map di Iphone dan Android hampir sama. Tetapi agar lebih jelas, saya akan mencontohkan juga cara mengukur jarak di iPhone. Tahapannya seperti berikut ini.

  1. Buka Aplikasi Google Map dengan iPhone atau iPad Anda.
  1. Perbesar tampilan peta pada daerah yang akan diukur jaraknya. Untuk mempercepat pencarian, bisa mengetikkan nama lokasi terdekat yang Anda tahu dengan objek yang akan diukur jaraknya.
  1. Tap titik awal atau Titik 1 pada peta yang akan diukur jaraknya. Kemudian tap atau tekan Pin dipasang yang muncul di bawah. Untuk contoh, bisa lihat gambar di bawah ini.

Mengukur Jarak di Google Map Iphone

  1. Tap menu Ukur jarak seperti yang saya beri tanda panah pada gambar di bawah ini.

ukur jarak di map iphone

  1. Geser titik hitam ke titik yang diinginkan (Titik 2). Caranya geser peta sehingga titik hitam bergeser. Jarak antara Titik 1 dan Titik 2 akan langsung ditampilkan di bagian bawah seperti yang saya beri tanda kotak merah pada gambar berikut.

hasil ukur jarak google map iphone

  1. Untuk menambah titik tap simbol + (1). Langkah opsional untuk menghapus titik terakhir tap urungkan (2). Jika akan menghapus semua titik tap simbol titik tiga (3), kemudian tap Hapus. Untuk menutup tool Ukur jarak, tap tanda panah ke kiri (4). Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

tool tool di google map iphone

G. Cara Menghitung Jarak 2 Titik yang Diketahui Koordinatnya

Sebagai tambahan dalam artikel tutorial ini, saya akan menunjukkan cara menghitung jarak diantara 2 titik yang diketahui koordinatnya.

Contohnya Saya punya data 2 titik koordinat dari hasil pengukuran GPS atau bisa juga dari Google Map. Misalnya koordinat Titik 1 = 100880,1132044 dan koordinat Titik 2 = 101048,1131929

Cara menghitung jarak antara Titik 1 dan Titik 2 tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Buka Aplikasi Penghitung Jarak di https://www.asifah.com/aplikasi-menghitung-jarak/
  1. Masukkan nilai koordinat Titik 1 dan Titik 2 ke form aplikasi yang disediakan. Hasilnya akan langsung ditampilkan seperti gambar di bawah ini.

Cara Menghitung Jarak 2 Titik

Demikian tutorial berbagai cara mengukur jarak di Google Map. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat banyak untuk Anda.