Cara Menampilkan Label Data SHP di ArcGIS

bidang dengan label lebih 2 barisDalam tutorial ini saya akan menunjukkan cara menampilkan label data shp di ArcGIS. Baik sebagian label, seluruhnya, maupun menampilkan 2 baris label atau lebih dari dua field (kolom) yang berbeda.

Label merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah peta. Karena dengannya peta menjadi menarik dan informatif.

Setiap software pemetaan memiliki cara yang berbeda dalam menampilkan sebuah label. Untuk software ArcGIS sendiri ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatur dan menampilkan label.

Kali ini saya akan membahas sebagian cara saja untuk memunculkan label di ArcGIS. Dan silakan simak berbagai tahapannya di bawah ini.

Cara Menampilkan Label Data SHP (Standar)

  1. Jika belum, buka data shp yang akan ditampilkan labelnya di ArcGIS. Kalau belum bisa membuka data shp di ArcGIS, silakan pelajari tutorialnya di sini Cara Transformasi Koordinat Geografis ke UTM di ArcGIS.
  1. Klik kanan data shp pada Table Of Contents yang akan ditampilkan labelnya, kemudian klik Label Features. Maka label otomatis akan muncul di peta.

cara menampilkan label data shp

Catatan :

Secara default label akan ditampilkan pada gambar berdasarkan isi field atau kolom ke-3 pada tabel atribut data shp tersebut.

Kolom ke-1 (FID) dan kolom ke-2 (Shape) adalah kolom bawaan yang akan selalu ada di setiap data shp ArcGIS. Maka pelabelan, defaultnya mengambil kolom ke-3. Untuk contoh gambar di bawah ini, kolom ke-3 nya adalah PROVINSI.

tabel atribut data shp

Untuk mengubah atau mengatur kolom mana yang akan ditampilkan labelnya, silakan ikuti panduannya di bawah ini.

Cara Mengatur Kolom atau Field Apa Yang Akan Ditampilkan Labelnya

  1. Klik kanan data shp pada Table Of Contents yang akan dirubah tampilan labelnya, kemudian klik Properties.
  1. Pada kotak dialog Layer Properties yang muncul, klik tab Labels. Kemudian pada bagian Label Field, pilih field apa yang akan dimunculkan labelnya. Untuk contoh saya memilih field DESA.

kotak dialog pemilihan label

Pada bagian Text Symbol, bisa diatur jenis huruf, ukuran dan lain-lain sesuai kebutuhan. Pada bagian Other Options, bisa diatur peletakkan dan skala sesuai kebutuhan. Silakan bereksperimen untuk menampilkan tampilan label terbaik sesuai peta yang tampil.

Kalau sudah diatur semua, klik tombol Apply. Kemudian klik OK.

Cara Menampilkan Sebagian Label Dari Sebuah Field atau Kolom Data SHP

  1. Klik kanan data shp pada Table Of Contents yang akan ditampilkan sebagian labelnya, kemudian klik Properties.
  1. Pada kotak dialog Layer Properties yang muncul, klik tab Labels. Kemudian pada bagian Method, pilih Define classes of features and label each class differently sehingga muncul tampilan seperti berikut ini.

cara menampilkan sebagian label data shp

Kemudian klik tombol SQL Query.

  1. Pada kotak dialog SQL Query yang muncul, lakukan pengisian query sesuai kebutuhan.

Misalnya, saya hanya akan menampilkan label desa yang terletak di kecamatan tertentu. Maka query nya seperti berikut ini.

query untuk menampilkan label

Isi query bisa langsung diketik atau untuk contoh di atas, saya melakukannya dengan cara dobel klik field “KECAMATAN”, kemudian klik tombol = lalu klik tombol Get Unique Values. Setelah muncul nama-nama kecamatan, lalu dobel klik field ‘CEMPAKA’

Untuk memverifikasi query yang dibuat bisa dicek dengan mengklik tombol Verify. Kalau muncul pesan The expression was successfully verified, berarti query sudah benar. Bisa diklik OK. Kemudian klik OK lagi.

  1. Pada kotak dialog Layer Properties, klik tombol Apply. Kemudian klik OK. Gambaran hasil yang saya lakukan seperti tampilan di bawah ini.

peta dengan sebagian label desa

Cara Menampilkan Label Dari 2 Field (Kolom) atau Lebih

  1. Klik kanan data shp pada Table Of Contents yang akan ditampilkan labelnya, kemudian klik Properties.
  1. Pada kotak dialog Layer Properties yang muncul, klik tab Labels. Kemudian pada bagian Text String klik tombol Expression.
  1. Pada kotak dialog Label Expression lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Pada bagian Parser, pilih Python (Bisa pilih JScript atau VBScript kalau mengerti bahasa pemrogramannya)

Pada kotak Expression, tulis field yang labelnya akan ditampilkan. Untuk contoh lihat kode di bawah ini:

[NIB] + ‘\n’ + [Nomor_Hak] + ‘\n’ +  “Luas = ” + [Luas__M2_] + ” M2″

Keterangan Kode :

[NIB]     merupakan nama field

+             merupakan kode untuk menggabungkan label

‘\n’         merupakan kode untuk menampilkan label di baris berikutnya

[Nomor_Hak]    merupakan nama field

“Luas = ”              merupakan teks tambahan dan bukan nama field

[Luas__M2_]     merupakan nama field

” M2″                    merupakan teks tambahan dan bukan nama field

Untuk gambaran penulisan kode yang telah saya lakukan, lihat gambar berikut.

kotak dialog label expression arcgis

  1. Untuk memverifikasi apakah kode yang ditulis sudah benar atau belum, bisa klik tombol Verify. Kalau sudah tidak ada kesalahan akan muncul kotak dialog Expression Verification yang menyatakan This Expression is valid seperti gambar di bawah ini.

kotak dialog expression verification arcgis

Bisa dilihat pada bagian Sample Label di atas, kode yang saya tulis di atas (Langkah No 3) hasilnya menjadi 3 baris.

  1. Kalau expresi sudah valid. Klik tombol OK pada kotak dialod Expression Verification. Kemudian klik OK lagi pada kotak dialog Label Expression.
  1. Pada kotak dialog Layer Properties pastikan kotak Label features in this layer terceklis. Kemudian klik tombol Apply dan OK. Adapun gambaran hasil pengaturan yang saya lakukan tampak seperti gambar berikut ini.

bidang dengan label lebih 2 baris

Variasi penulisan kode Python maupun SQL Query dalam menampilkan label bisa banyak sekali. Silakan bereksperimen dan menyesuaikan dengan kebutuhan peta yang anda buat. Kode-kode yang saya tulis di atas hanya untuk contoh saja.

Untuk menambah referensi pembelajaran ArcGIS, silakan pelajari juga tutorial Cara Memasukkan Data Excel ke ArcGIS dan Cara Memotong Peta di ArcGIS.

Demikian tutorial mengenai cara menampilkan label data shp di ArcGIS yang bisa saya bagikan. Semoga tahapannya bisa diikuti dan semoga bermanfaat.

shares