Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word Menjadi F4

Kertas F4 atau juga dikenal sebagai kertas folio, merupakan jenis kertas yang banyak digunakan untuk membuat makalah, tugas, laporan, keperluan kantor, atau dokumen lainnya. Namun meski banyak digunakan, ukuran kertas F4 ini justru tidak tersedia di default Microsoft Word. Lantas, bagaimana cara mengubah ukuran kertas di word menjadi F4?

Perbandingan Ukuran Kertas F4 dengan A4

Secara default, pengaturan ukuran kertas pada dokumen Microsoft Word adalah kertas A4. Banyak orang mengira ukuran kertas A4 sama dengan F4. Pada kenyataannya, keduanya berbeda.

Berikut panduan perbandingan ukuran kertas F4 dengan A4 yang perlu Anda ketahui:

  • Ukuran kertas F4:
    • Dalam sentimeter= 21.59 x 33.02 cm.
    • Dalam inci= 8.5 x 13 inch.
    • Dalam milimeter= 215.9 x 330.2 mm.
  • Ukuran kertas A4:
    • Dalam sentimeter= 21.0 x 29.7 cm.
    • Dalam inci= 8.27 x 11.69 inch.
    • Dalam milimeter= 210 x 297 mm.

Dari perbandingan di atas dapat Anda lihat, perbedaan ukuran kertas F4 dengan A4 ternyata sangat jauh, bukan? Kertas F4 memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kertas A4. Meski perbedaan ukuran tersebut hanya sedikit, tetapi bisa menyebabkan terpotong ketika dokumen F4 Anda cetak dengan kertas A4.

Selain kertas A4, beberapa orang juga mengira ukuran kertas F4 sama dengan kertas Legal. Padahal kertas Legal memiliki ukuran yang lebih panjang dibanding kertas F4, yaitu 216×356 mm atau 8.5×14 inch. Selisih panjang kedua kertas ini kurang lebih 2.6 cm.

Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word Menjadi F4

Dokumen dengan pengaturan kertas F4 akan terpotong ketika dicetak menggunakan default kertas A4. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur ulang ukuran dokumen dengan cara berikut:

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang ingin Anda cetak dengan ukuran kertas F4.
  2. Pada bagian atas dokumen, klik ribbon “Layout”, “Size”, dan lanjutkan dengan pilih “More Paper Sizes”. cara mengatur custom size kertas di word
  3. Klik tab “Paper” pada tampilan “Page Setup” yang terbuka.
  4. Pada bagian “Paper Size” pilih “Custom Size”.
  5. Tuliskan ukuran kertas F4, misal: Width= 21.59 cm dan Height= 33.02 cm. Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word Menjadi F4
  6. Klik tombol “Ok” untuk menyimpan pengaturan Anda.
  7. Langkah pengaturan dokumen ini berlaku untuk Microsoft Word versi 2007, 2010,2013, 2016, dan 2019.

Penulisan tanda koma untuk angka desimal, silakan sesuaikan dengan pengaturan di sistem komputer Anda. Bisa titik (.) bisa koma (,). Di laptop saya, tandanya sudah tersetting (,), maka penulisan ukuran menjadi Width = 21,59 cm dan Height = 33,02 cm.

Setelah berhasil mengubah ukuran dokumen A4 jadi F4, jangan lupa untuk mengecek kembali tulisan Anda. Karena setelah tindakan penggantian ukuran dokumen ini, terkadang muncul halaman kosong yang perlu dihapus. Jika tidak ingin repot merapikan tulisan, Anda dapat mengatur ukuran sejak awal pembuatan dokumen.

Setelah mengatur ukuran dokumen, langkah selanjutnya adalah mengatur print agar hasil print out tidak terpotong. Anda dapat masuk pada menu “Paper Size”, kemudian atur ukuran kertas.

Cara mengatur print ini tergantung pada merek printer yang digunakan. Karena itu, selalu cek “Print Properties” untuk memastikan ukuran kertas sudah benar sebelum dicetak.

Cara Tepat Memilih Kertas F4

Kertas F4 merupakan jenis kertas yang banyak digunakan untuk membuat dokumen atau laporan di perkantoran, tugas sekolah, membuat formulir, maupun usaha percetakan. Ada banyak merek kertas F4 yang beredar di pasaran. Agar tidak salah pilih, berikut cara memilih kertas F4 yang tepat:

● Kenali Merek Kertas F4

Ada banyak merek kertas F4 yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli kertas F4 adalah mengenal merek-merek kertas tersebut. Agar Anda tahu kualitas, kekurangan, dan kelebihan masing-masing merek.

Jika Anda membeli kertas F4 dengan tujuan untuk mencetak surat, dokumen penting, laporan atau karya ilmiah, tugas sekolah, atau hal penting lainnya, sebaiknya pilih kertas berkualitas bagus. Namun jika kertas tersebut hanya digunakan untuk menggandakan dokumen di tempat fotokopi, maka Anda bisa memilih kertas dengan merek biasa.

● Cek Gramasi Kertas

Pernahkah Anda mendengar istilah GSM? Skala GSM atau gramasi merupakan berat kertas. Ada beberapa gramasi kertas F4 yang sering digunakan, antara lain 60 GSM, 70 GSM, dan 80 GSM.

Kertas F4 gramasi 60 GSM dan 70 GSM merupakan ukuran kertas yang banyak digunakan secara umum, misal untuk fotokopi. Sedangkan untuk mencetak dokumen penting, surat, atau banyak digunakan di perkantoran adalah kertas berukuran 80 GSM.

● Perhatikan Bahan dan Warna Kertas

Kertas F4 tersedia dalam banyak warna, antara lain biru, kuning, hijau, merah muda, dan putih. Kertas F4 berwarna umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibanding kertas F4 putih. Namun, kertas berwarna ini jarang digunakan.

Kertas F4 putih sering digunakan oleh berbagai kalangan, seperti: untuk mencetak dokumen penting, surat, tugas atau makalah, atau hanya sekedar untuk fotokopi. Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah menemukan kertas F4 putih di pasaran dibanding yang bewarna.

● Pilih Supplier yang Tepat

Jika Anda ingin membeli kertas F4 partai besar, perhatikan suppliernya. Pastikan supplier tersebut tepercaya, memiliki riwayat penjualan yang bagus, tidak mematok kertas dengan harga tinggi, dan menjual barang berkualitas. Ada baiknya jika Anda membandingkan beberapa supplier terlebih dahulu sebelum membeli.

Untuk mengatur margin, bisa baca tutorial Cara Mengatur Margin di Word.

Demikian panduan cara mengubah ukuran kertas di word menjadi F4 dan perbandingan berbagai ukuran kertas yang sering digunakan. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda tidak salah pilih pengaturan kertas lagi.