Cara Menampilkan Ruler di Word dengan Mudah

Penggunaan Microsoft Word sebagai aplikasi yang berfungsi sebagai pengolah data memang bukanlah hal yang asing lagi. Dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mendukung dan memudahkan penggunanya, salah satunya adalah fitur ‘Ruler’ atau penggaris. Namun bagaimana cara menampilkan ruler di Word bila fitur ini tidak muncul pada tampilan halaman Microsoft word?

Sebagai informasi, fitur ‘Ruler’ yang terdapat pada Microsoft Word Berfungsi untuk merapikan dan menyelaraskan paragraf pada dokumen Word. Selain itu, fitur ‘Ruler’ berguna untuk mengatur jarak, tab, ataupun spasi. Fitur ini sangat berguna terutama bila terdapat banyak elemen seperti gambar, tabel Word, atau bagan pada dokumen Word sehingga lebih nyaman dilihat oleh pembacanya.

Bagi sebagian pengguna mungkin tidak menggunakan fitur ‘Ruler’ untuk merapikan paragraf pada dokumen Word, namun bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan fitur tersebut tentu akan merasa sangat terganggu apabila fitur ‘Ruler’ ini tiba-tiba menghilang dari tampilan Microsoft Word.

Biasanya fitur ini akan muncul secara otomatis ketika Anda membuka halaman Microsoft Word. Namun terkadang harus diatur secara manual terlebih dulu agar fitur ‘Ruler’ dapat muncul di halaman Word Anda. Kemungkinan lainnya adalah mungkin Anda secara tidak sengaja menghilangkan opsi tampilan ‘Ruler’ pada Word dan perlu untuk memunculkannya kembali.

Mengingat pentingnya fitur ‘Ruler’ pada Microsoft Word untuk merapikan paragraf, maka penting untuk mengembalikan tampilannya kembali. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memunculkan fitur ‘Ruler’ pada Microsoft Word agar Anda dapat menggunakan fitur ini kembali.

Cara Menampilkan Ruler di Word

Jika halaman Microsoft Word Anda tidak menampilkan fitur ‘Ruler’ atau penggaris, mungkin Anda akan kesulitan untuk merapikan paragraf atau menyelaraskan indentasi teks pada paragraf. Tidak perlu khawatir, sebab Anda dapat dengan mudah menampilkan fitur ‘Ruler’ yang ‘hilang’ kembali pada halaman Microsoft Word Anda.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer atau laptop Anda. Ruler tidak muncul di word
  2. Langkah kedua yaitu pada baris paling atas atau Ribbon, pilih tab ‘View’.
  3. Pada kolom ‘Show’, centang opsi ‘Ruler’. Cara Menampilkan Ruler di Word
  4. Setelah tahap ini selesai, maka secara otomatis fitur ‘Ruler’ akan ditampilkan pada halaman Microsoft Word Anda.

Cara Menampilkan Fitur ‘Vertical Ruler’ di Microsoft Word

Bagi sebagian orang, fitur ‘Vertical Ruler’ pada Microsoft Word masih terdengar asing. Namun sebenarnya fitur ini tak kalah pentingnya dengan fitur ‘Horizontal Ruler’ seperti yang sebelumnya telah dijelaskan di atas.

Fitur ‘Vertical Ruler’ ini berfungsi untuk mengatur jarak bila akan menggunakan Header atau Footer, misalnya untuk penomoran halaman dan kop surat. Maka dari itu, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menampilkan ‘Vertical Ruler’ di Microsoft Word:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada Komputer atau Laptop Anda.
  2. Pada baris paling atas (Ribbon), pilih menu file. Cara Menampilkan Vertical Ruler di Word
  3. Anda akan dialihkan ke tampilan menu ‘File’, kemudian pilih dan klik menu ‘Options’. menu options di word 2019
  4. Setelah memilih menu ‘Options’ maka akan terbuka jendela ‘Word Options’. Pada bagian kiri akan terdapat menu ‘Advanced’.
  5. Klik menu ‘Advanced’, kemudian scroll ke bawah hingga ke sub menu ‘Display’.
  6. Pada sub menu ‘Display’, temukan ‘Show Vertical Ruler in Print Layout View’ dan centang. show vertical ruler in layout view
  7. Klik OK.
  8. Maka fitur Vertical Ruler telah berhasil ditampilkan.

Cara Mengganti Satuan Ukuran Ruler di Microsoft Word

Setelah berhasil mengikuti cara menampilkan ruler di Word di atas, mungkin Anda juga perlu mengganti satuan ‘Ruler’ di Word menjadi sentimeter, millimeter atau inci. Hal ini dilakukan agar memudahkan Anda mengatur seberapa jarak yang diperlukan antar teks maupun jarak antar margin.

Pada dasarnya, setiap versi Microsoft Word menggunakan satuan inci sebagai default ukurannya. Namun bagi sebagian orang, satuan ukuran inci untuk jarak tidak familiar karena terbiasa menggunakan satuan sentimeter. Maka dari itu, kita dapat mengubah satuan ukuran ‘Ruler’ sesuai dengan yang kita butuhkan.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Microsoft Word pada komputer atau laptop Anda.
  2. Kemudian pada baris paling atas atau Ribbon, pilih menu ‘File’.
  3. Anda akan dialihkan ke menu ‘File’, pada baris kiri pilih menu ‘Options’.
  4. Setelah jendela menu ‘Options’ terbuka, Anda dapat melihat menu ‘Advanced’ pada baris di sebelah kiri.
  5. Scroll ke bawah hingga menemukan sub menu ‘Display’.
  6. Pada sub menu ‘Display’, pilih ‘Show measurements in unit of’ ganti satuan ukuran sesuai dengan yang Anda butuhkan dengan cara mengklik kotak tersebut dan pilih satuan ukuran yang diinginkan. Terdapat beberapa pilihan seperti Centimeter, Millimeter, Points, dan Picas. Cara Mengganti Satuan Ukuran Ruler di Word
  7. Setelah memilih satuan ukuran yang diinginkan, klik ‘OK’.
  8. Bila sudah selesai mengaturnya, maka satuan ukuran yang digunakan pada fitur ‘Ruler’ di Word Anda telah berubah.

Berikut tadi merupakan cara menampilkan Ruler di Word, baik ‘Ruler’ horizontal maupun vertikal untuk memudahkan segala kebutuhan pengerjaan dokumen Anda. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengubah satuan ukuran ‘Ruler’ sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi apabila tiba-tiba fitur ‘Ruler’ tidak muncul pada tampilan halaman Microsoft Word. Selamat mencoba!