Cara Membuat Grafik di Excel dan Memodifikasinya

Untuk menyampaikan data yang sudah tersusun dalam bentuk tabel dengan lebih mudah, Anda bisa menyusunnya dalam bentuk grafik. Di Microsoft Excel, fitur grafik ini juga disediakan untuk mendukung penyajian data secara informatif. Artikel berikut akan membahas mengenai cara membuat grafik di Excel dengan metode yang mudah.

Tak hanya itu, pada artikel ini juga akan dibahas mengenai jenis-jenis grafik dan cara mengubah tampilan grafik Anda. Berikut ulasannya.

Jenis-jenis Grafik pada Excel

Sebelum mengenal cara membuat grafik di Excel, Anda perlu mengenal jenis-jenis grafik yang bisa Anda pilih terlebih dahulu.

A. Grafik garis (line chart)

Sesuai dengan namanya, tampilan grafik ini menggunakan garis yang menghubungkan titik-titik data. Grafik ini relatif simpel untuk dibuat dan dipahami. Oleh karena itu, grafik ini cukup sering digunakan untuk menyajikan data yang bersifat kontinu.

B. Grafik kolom (column chart)

Data yang dibuat akan disajikan dalam bentuk kolom jika Anda menggunakan grafik tipe ini. Grafik tipe ini cukup sering digunakan untuk menyajikan perbedaan data antara kategori satu dengan yang lainnya.

C. Grafik lingkaran (pie chart)

Grafik ini berbentuk lingkaran dan biasanya digunakan untuk menunjukkan nilai persentase sebuah item dalam data yang disajikan.

D. Grafik Stok (stock graphic)

Grafik stok cukup mudah dikenali karena bentuknya yang khas. Grafik ini ditampilkan dalam bentuk batang yang tidak menempel pada sumbu X maupun sumbu Y sebuah grafik.

Tampilan batang ini sebenarnya menunjukkan adanya fluktuasi atau interval nilai dari sebuah item di data tersebut. Grafik ini biasanya digunakan untuk menyajikan data-data ilmiah dan harga saham.

E. Grafik permukaan (surface graphic)

Grafik permukaan muncul sebagai sebuah opsi grafik dalam bentuk 3-dimensi (3D). Grafik ini biasanya digunakan untuk mencari kombinasi optimal dari dua data yang disediakan.

Cara Membuat Grafik di Excel: Tidak Susah, Kok!

Untuk membuat grafik di Excel, Anda perlu menggunakan fitur Charts. Anda memerlukan data terlebih dahulu agar proses pembuatan grafik menjadi lebih mudah dilakukan. Untuk membuat data, Anda bisa melakukan langkah-langkah ini:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel di komputer atau laptop Anda.
  2. Lalu, pilih menu “Blank Workbook” pada welcome screen Apabila tidak muncul welcome screen dan Anda bisa langsung melihat tampilan kolom dan baris, maka Anda bisa melanjutkan ke step selanjutnya.
  3. Input data yang ingin Anda sajikan sebagai grafik. Contohnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini. data jumlah penduduk kalimantan

Setelah data dibuat, grafik bisa dibuat dengan cara membuat grafik di Excel yang dijelaskan pada poin berikut.

Tahapan Cara Membuat Grafik di Excel

  1. Pertama, blok tabel data yang telah Anda buat sebelumnya.
  2. Lalu, pada tab menu di bagian atas, pilih menu “Insert”.
  3. Temukan menu “Charts”, lalu klik pada salah satu jenis grafik yang sesuai dengan preferensi Anda. Cara Membuat Grafik di Excel
  4. Jika Anda masih belum tahu grafik yang mana yang sesuai dengan data Anda, Anda bisa coba klik “Recommended Charts”. Namun, menu ini hanya tersedia pada versi Microsoft Excel tertentu saja.
  5. Selanjutnya, Anda akan mendapat beberapa saran bentuk grafik untuk data yang akan disajikan. Anda bisa scroll dan pilih salah satunya. Preview grafik untuk data yang diblok pun akan ditampilkan, sehingga Anda mendapat gambaran seperti apa bentuk grafik Anda nantinya.
  6. Apabila grafik yang direkomendasikan Excel kurang sesuai, Anda bisa memilih bentuk grafik lain. Aktifkan saja tab “All Charts”, lalu pilih bentuk grafik yang sesuai dengan keinginan Anda.
  7. Klik “OK” untuk membuat grafik Anda. rekomendasi grafik di excel

Setelah melakukan prosedur cara membuat grafik di Excel di atas, Anda bisa langsung melihat hasil grafik pada layar lembar kerja Excel Anda.

Mengubah Tampilan Grafik di Excel

  1. Mengubah judul grafik

Secara default, grafik hadir dengan judul “Chart title” apa pun di atasnya. Untuk mengubahnya, Anda bisa klik tulisan “Chart title” dua kali, lalu mengubah judulnya sesuai dengan keterangan yang ingin Anda masukkan. Simpel! cara membuat grafik batang di excel

  1. Mengubah warna grafik

Misalnya, Anda membuat grafik garis sesuai data yang sudah dibuat. Untuk mengubah warna grafik, Anda bisa melakukan salah satu dari dua metode ini:

    • Klik dua kali pada salah satu garis. Pada menu “Format Data Series” yang muncul, Anda bisa memilih fitur “Fill & Line” untuk mengubah warna dan style
    • Klik satu kali pada grafik (boleh di mana pun), lalu aktifkan tab “Chart Design” dan klik “Change Colors”. Lalu, Anda bisa memilih tema warna yang sesuai dengan keinginan Anda.
  1. Mengubah jenis grafik

Ingin mengubah bentuk grafik? Mudah, kok! Anda hanya perlu melakukan prosedur berikut:

    • klik kanan pada grafik,
    • klik “Change chart type”,
    • pilih jenis grafik dari menu yang tersedia,
    • klik “OK”.

Untuk menambah referensi, silakan baca juga Cara Membuat Grafik di Word.

Demikianlah cara membuat grafik di Excel, informasi mengenai jenis-jenis grafik, dan bagaimana mengubah tampilan grafik yang sudah Anda buat. Mudah, bukan? Tak perlu terburu-buru, Anda bisa mempelajari cara membuat grafik ini secara perlahan dan rutin supaya Anda makin mengerti. Selamat belajar!