2 Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah dan Cepat

Selain dengan menggunakan grafik, tabel merupakan alat yang sering digunakan untuk menyajikan data agar lebih mudah dibaca. Anda mungkin sudah mengenal cara membuat tabel di Word, namun bagaimanakah cara membuat tabel di Excel? Membuat tabel di Excel ternyata cukup mudah, kok!

Mengapa Perlu Belajar Membuat Tabel di Excel?

Anda pasti sudah mengetahui bahwa tampilan default sebuah lembar kerja di Excel terdiri atas kolom dan baris yang sebenarnya sudah menyusun sebuah tabel. Bahkan, Anda pun langsung bisa menggunakan kolom dan baris tersebut untuk memasukkan data-data Anda.

Lantas, mengapa kita perlu mempelajari cara membuat tabel di Excel? Hal ini penting untuk dilakukan terlebih jika Anda berencana untuk mencetak lembar kerja Anda nantinya.

Secara default, border tiap cell tidak akan terlihat jika Anda mencetak lembar kerja. Akibatnya, data Anda bisa jadi tampak berantakan karena tidak ada garis pembatas antara cell satu dengan yang lainnya.

Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah

Tidak susah, kok, membuat tabel di Microsoft Excel. Pada dasarnya, semua versi Microsoft Excel memiliki kemiripan dalam fitur-fiturnya. Oleh karena itu, untuk membuat tabel pun tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dalam langkah-langkah pembuatannya—terlepas dari versi Excel mana pun yang Anda gunakan.

Ada dua cara membuat tabel di Excel yang bisa Anda terapkan. Pertama, Anda bisa membuat tabel dengan menggunakan fitur Table dari menu bar Insert. Atau, Anda juga bisa membuat tabel dengan memanfaatkan fitur Borders pada menu bar Home.

Sebelum membuat tabel, Anda bisa menuliskan data Anda terlebih dahulu. Untuk melakukannya:

  1. Buka program Microsoft Excel di komputer Anda.
  2. Lalu, pilih “Blank Workbook” yang terdapat pada Welcome screen Excel. Apabila Anda menggunakan versi Excel di bawah Excel 2013, Anda tidak perlu melakukan ini karena tidak ada Welcome screen yang akan ditayangkan.
  3. Workbook atau lembar kerja kosong akan ditampilkan di layar Anda.
  4. Anda bisa mulai memasukkan data ke dalam workbook tersebut.

Nah, setelah Anda selesai membuat data, Anda bisa mulai membuat tabel dengan panduan cara membuat tabel di Excel sebagai berikut:

A. Cara Membuat Tabel di Excel Menggunakan Fitur Insert > Table

  1. Seleksi (blok) data yang ingin dijadikan tabel terlebih dahulu.
  2. Lalu, arahkan kursor Anda ke menu bar Insert. Klik pada menu tersebut, lalu pilih Table.
  3. Pada menu yang muncul, sumber data untuk tabel yang Anda buat akan ditampilkan. Jika Anda sudah menyeleksi (memblok) data yang dimaksud, maka Anda tidak perlu lagi memasukkan ‘kode’ sumber data. Anda bisa langsung ke langkah selanjutnya.
  4. Jika data yang Anda susun sudah memiliki judul kolom (misalnya: Nomor, Nama, Jumlah, dsb.), maka jangan lupa untuk klik pada check box My table has headers”. Jika tabel Anda tidak memiliki/memerlukan judul kolom, maka Anda bisa langsung lanjut ke langkah selanjutnya.
  5. Klik “OK” dan tabel Anda akan dibuat secara otomatis. Cara Membuat Tabel di Excel

B. Cara Membuat Tabel di Excel Menggunakan Fitur Borders

Cara membuat tabel di Excel yang satu ini bisa dibilang cukup sederhana. Sebab, Anda hanya perlu menambahkan border pada sisi-sisi cell sehingga data tersebut tampak seperti sebuah tabel.

  1. Seleksi (blok) data yang ingin Anda jadikan tabel terlebih dahulu.
  2. Lalu, aktifkan menu “Home” dan arahkan kursor Anda pada fitur “Borders” yang berada di bawah menu “Font style”.
  3. Klik pada menu drop down dan pilih “All Borders” untuk memberi garis tepi pada semua sisi cell sebagaimana tabel pada umumnya. membuat tabel excel dengan borders
  4. Sebagai opsi tambahan, Anda bisa pilih juga “Thick outside borders” jika Anda ingin memberi garis yang tebal di sisi luar tabel.

Silakan baca juga tutorial Cara Membuat Grafik di Excel.

Cara Mengubah Tampilan Tabel di Excel

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan tabel data Anda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengubah warna tema tabel

Seleksi (blok) tabel yang akan diubah warnanya, lalu aktifkan menu tab “Table Design” dan arahkan kursor Anda pada menu “Table styles”. Lalu, pilih warna yang Anda inginkan dari pilihan yang tersedia. cara mengubah warna tabel excel

Anda juga bisa membuat tema warna baru. Fitur yang perlu Anda gunakan adalah “New Table Style” dan fitur ini bisa Anda temukan di menu “Table Styles”.

  • Mengurutkan data

Jika data yang Anda input masih belum tersusun secara urut, Anda bisa menggunakan fitur Sort & Filter untuk mengurutkan data. Selain mengurutkan data secara alfabetis, Anda bisa mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu melalui fitur “Custom Sort”.

Untuk melakukannya, seleksi dahulu data yang ingin Anda urutkan, lalu pada menu tab “Home”, pilih “Sort & Filter”. Kemudian, atur metode pengurutan data sesuai preferensi Anda. cara mengurutkan data tabel excel

  • Menambahkan filter button

Filter button pada sebuah tabel di Excel akan membantu Anda untuk menampilkan/menyembunyikan salah satu baris data.

Anda bisa mengaktifkan pengaturan ini dengan menyeleksi tabel terlebih dahulu. Klik menu tab “Table Design” dan klik check box “Filter button” pada menu “Table Style Options”. mengaktifkan filter button di excel

Jika check box “Filter button” tidak bisa diceklis atau tidak aktif, bisa klik menu tab Data, kemudian klik tool Filter.

Demikianlah cara membuat tabel di Excel dan hal-hal lain yang terkait dengan pembuatan tabel. Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah untuk dilakukan, bukan?