Memanfaatkan Aplikasi GPS Android dengan Koordinat untuk Mencari Titik Koordinat

Inilah cara memanfaatkan Aplikasi GPS Android dengan koordinat untuk mencari & menentukan titik koordinat seperti menggunakan GPS Garmin atau GPS navigasi lainnya.

Saat ini ada banyak Aplikasi GPS Android dengan koordinat yang bisa digunakan. Diantaranya adalah Real Time GPS Tracker, GPS Status & Toolbox, Glympse, Sygic GPS Navigation, GPS Navigation Be-On-Road, BackCountry Navigator GPS Pro, Navitel Navigator, Wisepilot, Waze, Here, Polaris GPS Navigation, dan masih banyak pilihan aplikasi yang lainnya.

Salah satu aplikasi GPS Android yang cukup baik dan akan kita gunakan dalam menentukan titik koordinat adalah GPS Essentials. Silakan install aplikasinya di sini.

GPS Essentials merupakan aplikasi gratis yang memiliki fitur cukup lengkap. Diantara fiturnya adalah navigasi, waypoints (titik koordinat), track, route, kompas, dan aplikasi peta (Google Maps, MapQuest, OpenStreetMap, dll).

Selain itu yang lebih menarik adalah kita bisa export hasilnya ke laptop atau komputer, kemudian membukanya di program-program GIS dan pemetaan. Dalam tutorial ini, saya akan menggunakan QGIS untuk membuka file hasil export tersebut. Silakan download gratis QGIS di sini.

Setelah install kedua aplikasi di atas, anda bisa mencoba tutorial berikut ini.

Pengaturan atau Setting GPS Essentials

  1. Pada layar awal GPSEssentials, geser ke bawah dan pilih Settings.

Setting GPS Essentials

  1. Pilih Units. Kemudian pilih units sesuai keperluan. Sebagai contoh, di bawah ini dipilih Kilometers, Meters.

Pengaturan Unit GPS

  1. Pilih Position Datum. Kemudian pilih datum sesuai keperluan. Sebagai contoh, di bawah ini dipilih World Geodetic System 1984.

Pengaturan WGS84 GPS

  1. Pilih Position Format. Kemudian pilih position sesuai keperluan. Sebagai contoh, di bawah ini dipilih UTM.

Pengaturan UTM GPS

Penggunaan Aplikasi GPS Android dengan Koordinat (GPS Essentials) untuk Mencari Titik Koordinat

  1. Pada layar awal GPSEssentials, pilih Waypoints.

Aplikasi GPS Android

  1. Pastikan anda dengan GPSEssentials di Smartphone Android sudah berdiri di titik yang akan diambil koordinatnya. Kemudian pilih tombol + seperti gambar di bawah ini.

Menentukan Titik Koordinat

  1. Amati jumlah satelite yang digunakan dan akurasi. Semakin kecil akurasi, semakin baik hasilnya. Kalau sudah merasa cukup dengan akurasi yang ada, langsung pilih tombol Create.

Titik Koordinat GPS

Cara Export Titik Koordinat GPS Essentials ke Komputer/ Laptop

  1. Pada layar awal GPSEssentials, pilih Waypoints.
  1. Pilih menu paling kanan atas, sehingga muncul pilihan seperti gambar di bawah ini.

Export Titik Koordinat

  1. Pilih Export. Kemudian pilih tipe file yang akan digunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Sebagai contoh, saya memilih GPX 1.0 agar hasilnya bisa dibuka di QGIS.

Export GPX

  1. Pilih cara yang akan digunakan untuk transfer file ke laptop atau komputer. Sebagai contoh saya memilih email Gmail.

Pilihan Export GPS

  1. Buka kiriman email yang berisi file gpx. Kemudian Unduh atau download. Sebagai gambaran, lihat gambar di bawah ini.

Download File Gmail

Jika ingin export hasil pengambilan data ke Google Earth, silakan pelajari tutorialnya di Cara Export Data Aplikasi GPS Android ke Google Earth di Laptop.

Cara Membuka File GPX di QGIS (Quantum GIS)

  1. Buka Program QGIS Desktop.
  1. Klik Menu Vektor > GPS > GPS Tools.
  1. Pada kotak dialog Peralatan GPS, klik tab Memuat arsip GPX. Kemudian klik Navigasi dan cari file GPX hasil dari tahapan sebelumnya dan Open file tersebut. Sebagai gambaran, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Import GPX Di QGIS

  1. Karena yang diimport hanya titik koordinat, maka Rute-rute dan Trek-trek bisa diunceklis seperti gambar di atas. Setelah itu bisa langsung klik OK.
  1. Jika berhasil, titik koordinat akan tergambar di QGIS. Sebagai contoh, di bawah ini adalah gambar hasil import 2 titik koordinat.

Hasil Import Ttitik Koordinat GPS

Untuk menambah referensi, silahkan baca juga artikel Cara Memindahkan Data GPS Garmin ke Laptop.

Meskipun banyak aplikasi di Android yang menggunakan fitur GPS, tetapi setiap aplikasi punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Misalnya ada yang kelebihannya untuk penunjuk jalan dan penunjuk arah seperti Google Maps, ada yang khusus untuk mengukur luas tanah, ada yang bisa GPS offline dan maps offline, ada yang khusus untuk survey lapangan, dan lain-lain.

Untuk itu, silakan disesuaikan pemilihan Aplikasi Android yang menggunakan GPS sesuai kebutuhan Anda. Agar hasil yang didapatkan maksimal sesuai dengan yang diinginkan.

Demikian cara mencari dan mentukan titik koordinat menggunakan salah satu Aplikasi GPS Android dengan koordinat. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :
Artikel Lainnya :