Cara Memotong Citra Satelit atau Data Raster (DEM, Gambar JPG PNG) di ArcGIS

YouTube video

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Halo semuanya Jumpa lagi dengan saya Asep Asafah, di video ini saya akan sharing tutorial cara memotong citra satelit atau data raster seperti digital elevation model atau gambar berformat JPG atau PNG dan Format gambar yang lainnya.

Dalam video ini saya akan mendemokan 7 contoh sekaligus nanti sambil menjelaskannya, jadi simak terus tutorial ini sampai selesai.

Transkrip Video Tutorial Cara Memotong Citra Satelit

Untuk contoh pertama, saya akan memotong citra satelit, jadi kita buka dulu Citra satelitnya. Nah di sini saya sudah ada citra satelit yang akan saya potong, ini kita add.

Ini satu provinsi ya, kemudian kita buka data pemotongnya misalnya ini batas administrasi Kecamatan. Nah jadi citra satelit satu provinsi ini akan saya potong menggunakan batas administrasi Kecamatan.

Nah ini bisa dirubah ya, ini opsional biar kelihatan seperti ini. Kemudian untuk memotongnya kita buka dulu Arctoolbox, kemudian kita ke data management tool, kemudian kita ke raster, kemudian kita ke raster Processing, kemudian di sini ada namanya clip, nah ini kita double klik.

Kemudian ini yang citranya kita masukkan ke sini atau bisa juga milih dari sini ya sama saja. Kemudian ini sebagai pemotongnya kita masukkan ke sini, nah kemudian ini di ceklis.

Untuk output, bisa seperti ini tidak dirubah nanti ini disimpan di default di database ya atau bisa juga kita simpan di folder yang lain.

Misalnya Saya mau simpan di sini, buat folder baru misalnya di sini, ini jangan lupa pakai titik tif untuk ekstensinya. Kemudian kita save.

Ini kalau tidak pakai tif nanti dia error ya. Nah kemudian Setelah disetting seperti ini kita tinggal klik Oke, kemudian tunggu prosesnya sampai selesai.

Nah sudah selesai ya, sudah berhasil. Nah jadi ini hasil potongannya, ini untuk Citra asalnya tetap utuh ya tidak terpotong tapi dia ada data baru hasil potongannya saja seperti ini.

Ini untuk contoh yang pertama bagaimana kita memotong citra satelit.

Sekarang kita akan coba memotong data digital elevation model. Nah di sini Saya sudah punya datanya, ini kita buka kemudian ini kita Zoom to layer, kemudian kita buka Polygon untuk pemotongnya.

Misalnya ini ya batas administrasi Kabupaten Kulon Progo, ini kita add, ini langkah opsional juga ya tidak harus di setting seperti ini, ini biar kelihatan saja.

Nah sekarang kita coba potong juga menggunakan clip. Ini kita coba klik input raster, kita pilih pemotongnya kita pilih batas administrasi kemudian Kulon Progo, ini kita ceklis kemudian ini kita simpan di sini.

Ini save kemudian kita oke, kita tunggu lagi prosesnya. Nah ini kalau tidak berhasil seperti ini kita coba lagi kita klik, kita pilih lagi outputnya, kita pilih lagi, ini kita ceklis lagi.

Ini coba kita namanya yang lain, kita tambahkan satu ini tadi yang tidak berhasil ya yang klik demnas ini save.

Kemudian kita ke environment, kemudian kita ke sini ke paralel Processing. Ini kita coba isi 0 kemudian Oke, kemudian kita coba lagi oke.

Nah sekarang berhasil ya. Coba kita lihat, ini hasil potongannya ya, nah jadi seperti itu nanti kalau teman-teman menemukan masalah tidak berhasil. Coba di environmentnya paralel processingnya diisi angka 0.

Kemudian Sekarang kita coba memotong gambar png, nah ini gambar PNG yang sudah di Geo referensi ya.

Jadi peta ini peta PNG ini sudah saya georeferensi, jadi akan saya potong juga menggunakan batas administrasi Kabupaten Kulon Progo.

Nah seperti ini ya, coba kita ganti merah biar kelihatan. Coba kita potong menggunakan clip juga. Kita klik input rasternya, ini kemudian pemotongnya Kabupaten Kulon Progo ini saya ceklis.

Outputnya misalnya kita beri nama, PNG titik, kemudian save. Kemudian oke, kita tunggu prosesnya.

Nah langsung berhasil ya, ini hasil pemotongannya. Nah seperti itu untuk cara memotong data raster menggunakan Clip.

Sekarang kita akan mencoba tool yang lain, jadi di sini di arctoolbox ini kita ke spasial analisis tool, kemudian di sini ada Extraction, kemudian di sini ada ekstrak by Mask ,ini kita double klik.

Kemudian pertama, kita coba potong Citra yang tadi yang ini, kemudian menggunakan kacamatan, ini kita Hidupin dulu.

Nah ini yang tadi ya, kita coba pakai tool ini memotongnya, ini kita simpan, ini misalnya ini namanya bebas ya ekstrak titik tif. Save kemudian kita oke.

Nah berhasil ya, nah ini hasil pemotongannya menggunakan tool ini, ini kalau kita bandingkan dengan yang clip tadi hasilnya sama ya.

Kalau kita lihat propertiesnya pakai ekstrak itu ukuran filenya 76,76 Coba kita bandingkan dengan menggunakan clip nah beda sedikit saja ya yang tadi 76,76. Sistem koordinat sama.

Nah sekarang Coba kita potong yang digital elevation model ini, kita Zoom to layar coba ini kita potong menggunakan ekstrak by mask.

Ini input kita pilih demnas, pemotongnya kita Kabupaten Kulon Progo, filenya kita simpan di sini. Nah kalau teman-teman lihat pakai tool extract ini settingannya lebih simpel ya, daripada tadi yang menggunakan clip.

Tadi yang clip itu agak lebih banyak settingannya, jadi kemudian setelah di setting seperti ini kita klik oke. Nah ini hasil potongannya menggunakan ekstrak ini.

Kemudian kita coba juga yang peta PNG tadi, yang ini ya coba ini kita potong menggunakan ekstrak juga.

Ini Kabupaten Kulon Progo, hasilnya kita simpan di sini ekstrak PNG, misalnya ya ini tif, save kemudian oke.

Berhasil ya, nah ini pemotongan yang PNG menggunakan ekstrak. Nah jadi hasilnya sama saja ya.

Kemudian yang sering saya gunakan, untuk rekomendasi sebetulnya sama saja, tapi kalau dilihat dari cara menyetingnya yang ini lebih lebih simpel.

Nah jadi saya lebih senang menggunakan yang ini ekstrak dan kadang dalam kondisi tertentu ketika data rasternya itu tidak ada koordinatnya sementara dia ada data extend titik-titik posisinya, biasanya kalau menggunakan ini dia nanti koordinatnya akan otomatis di setting dari pengalaman seperti itu.

Kalau yang clip biasanya dia hanya mengklip saja, nah ini kalau yang clip dia kan pengaturannya lebih banyak ya tapi kalau untuk hasil ya kurang lebih sama saja, baik dari ukuran file maupun kualitasnya.

Kemudian yang terakhir ada satu cara lagi yang ingin saya contohkan sebagai tambahan, jadi misalnya di sini kita tambahkan data frame baru, ini bisa Tambah data frame baru atau bisa juga bukan New ya.

New dokumen ini, kita data misalnya di sini mau memotong gambar JPG biasa, seperti ini ya stiker, kita add oke.

Nah Ini gambar JPG biasa ya ini tidak bersistem koordinat hanya gambar JPG biasa, nah ini akan kita potong, jadi untuk memotong gambar seperti ini kita bisa menggunakan tool ini ya ini toolbar draw.

Kalau di ArcMap teman-teman belum muncul ini, teman-teman bisa ke sini ke customize kemudian toolbar nah ini di ceklis draw.

Coba kita potong, Saya ingin menggunakan circle, nah ini kita pas kan ya kita coba nah misalnya seperti ini ya, ini akan saya potong lingkaran bagian dalamnya saja.

Nah jadi setelah di select seperti ini, di sini kita Klik Kanan kemudian kita ke data frame properties, nah kemudian di sini diklik option, ini kita pilih clip to shape.

Kemudian ini diklik, kemudian kita pilih ini outline of selected grafik. Nah makanya tadi grafiknya kita pilih dulu kita select dulu, ini kemudian oke, nah coba kita apply.

Jadi hasilnya seperti ini ya, ini oke. Nah ini bisa hanya tampilan saja seperti ini atau bisa juga ini disimpan ya, kalau mau disimpan jadi file baru hasil potongannya kita Klik Kanan di sini kemudian ke data kemudian export data.

Kemudian di sini dipilih mau disimpan di mana, misalnya di sini, kemudian formatnya tif, ini namanya bebas ya, stiker, kemudian ini tinggal kita save, yes.

Nah seperti ini, ini sebetulnya kita ini memodifikasi data Frame ya, makanya di sini saya tambahkan ini data frame agar tidak mengganggu data yang lainnya.

Jadi ini di luar yang lingkaran ini semua data itu sebetulnya ikut diklip ya, ikut dihilangkan seperti itu.

Ini untuk mengembalikannya, jadi kita bisa ke sini data frame properties kemudian ininya kita pilih lagi No Clip, ini tinggal kita klik oke.

Nah dia balik lagi ya, kemudian apakah bisa Citra yang ini kita potong dengan cara seperti ini, sekarang kita coba ya, Citra yang ini Coba kita potong menggunakan lingkaran ini.

Misalnya di sini ya, nah ini sama ya tinggal klik kanan di sini bisa, di sini bisa yang penting kita masuk ke data frame properties, ini klik kemudian outline of selected grafik, Oke.

Ini tinggal kita klik oke, nah dia sama ya, nah ini kalau mau disimpan tinggal seperti tadi, Klik Kanan kemudian data, export data.

Nah jadi seperti itu cara memotong citra satelit atau data raster seperti digital elevation model di ArcGIS atau di ArcMap, silahkan dicoba dan semoga tutorial ini bermanfaat untuk teman-teman.

Artikel Lainnya :