ASIFAH

Cara Membuka File SHP (Shapefile) di AutoCAD Map

Kali ini kita akan belajar cara membuka file SHP (Shapefile) di AutoCAD Map. Data Shapefile (SHP) tidak hanya bisa dibuka dengan ArcView atau ArcGIS, karena AutoCAD Map pun menyediakan fitur bagi pengguna untuk melakukannya.

Dengan AutoCAD Map kita tidak hanya bisa menampilkan data spasial file shp, tetapi data tekstualnya pun bisa ditampilkan dalam bentuk tabel. Bahkan pengguna bisa meng-edit, menghapus, atau menambahkan data baru.

Pada tutorial AutoCAD sebelumnya, untuk membuka file shp di AutoCAD kita menggunakan cara convert shp to dwg dulu. Sedangkan pada tutorial ini kita tidak akan meng-convert file shp, kita akan langsung menggunakan data shp tersebut di AutoCAD Map.

Cara Membuka File SHP

1. Pastikan Task Pane sudah tampil. Kalau belum muncul dilayar, silahkan tampilkan dengan cara klik menu View > Task Pane atau melalui command prompt ketikkan mapwspace > on > enter.

2. Klik tab Dispaly Manager pada Task Pane, kemudian klik Data > Connect to Data. Supaya lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Connect to Data

3. Akan muncul kotak dialog Data Connect. Pada Data Connections by Provider klik Add SHP Connection. Pada bagian Source file or folder, klik simbol kertas untuk mencari nama file shp yang akan dibuka. Kemudian setelah file shp-nya dipilih, klik open.

Cara Buka File Shp

Apabila sudah ada data shp yang terpilih seperti gambar diatas, klik Connect.

4. Akan muncul halaman Add Data to Map. Centang kotak kecil disamping nama file shp, kemudian klik Add to Map. Untuk contoh lihat gambar di bawah ini.

Menambahkan Data Shp

5. Data shp sudah tampil dilayar AutoCAD Map, silahkan tutup kotak dialog Data Connect.

6. Untuk menampilkan tabel data tekstual (Data Table) dari file shp yang terbuka, silahkan klik nama layer pada tab display manager (pada contoh gambar dibawah ini, nama layernya adalah Kecamatan3), kemudian klik Table.

Shp Peta Kecamatan

Pada tab display manager akan tampil semua layer yang sudah dibuka dengan data connect. Layer ini bisa anda ceklis atau unceklis seperti pada ArcView untuk menampilkan atau tidak menampilkan data spasial di layar.

Semua data tekstual dari layer yang diklik akan ditampilkan pada Data Tabel. Pada gambar diatas, layer Kecamatan3 hanya memiliki data tekstual FeatId dan Area. Data tabel ini bisa kita hapus atau ditambahkan data baru. Bahkan kita bisa menggabungkan dengan database lain dengan menggunakan join.

Jika anda ingin mencoba tutorial ini tetapi tidak memiliki data shp, silahkan buat file shp terlebih dahulu menggunakan tutorial sebelumnya tentang cara Convert Dwg to Shp. Selamat mencoba dan semoga tutorial cara membuka file shp di AutoCAD Map ini bermanfaat untuk anda.