Cara Convert DWG ke SHP di AutoCAD Map (Convert DWG to SHP)

Ikuti tahapan cara convert DWG ke SHP di AutoCAD Map atau cara convert DWG to SHP berikut ini jika anda ingin merubah gambar AutoCAD menjadi gambar Shapefile. Dalam tutorial dibawah ini, anda juga bisa mempelajari cara memilih data tekstual apa saja yang akan dihubungkan dengan gambar AutoCAD yang akan diexport.

Sebagaimana kita tahu, SHP (Shapefile) adalah jenis file yang biasa digunakan oleh ArcGIS. File SHP ini memuat data spasial dan data tekstual yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan analisa dalam Sistem Informasi Geografis (SIG).

Perbedaan File DWG dengan SHP

AutoCAD Map 3D menyediakan fitur bagi pengguna untuk export drawing (DWG) ke SHP. Namun sebelum melakukan export sebaiknya perhatikan dulu hal-hal berikut.

1. File DWG bisa memuat berbagai tipe geometry (point, line, text, dan polygon), sementara setiap file SHP hanya memuat satu tipe geometry.

2. File SHP tidak mendukung warna. Ketika anda export layer DWG berwarna merah, maka data warna ini tidak akan tersimpan dalam file SHP.

3. File SHP tidak mendukung arcs, splines, dan ellipses. Ketika anda export gambar dwg yang berbentuk arcs, splines, atau ellipses ke SHP, maka akan dikonversi menjadi polylines.

Pada tutorial AutoCAD Map sebelumnya kita pernah membahas cara Convert SHP to DWG, nah dibawah ini adalah sebaliknya, kita akan mempelajari tahapan convert DWG to SHP.

Tahapan Cara Convert DWG ke SHP di AutoCAD Map

Jika baru pertama kali, mungkin hasil export yang Anda lakukan belum sesuai keinginan. Jadi, silakan ikuti cara convert DWG ke SHP di bawah ini dengan teliti dan hati-hati.

  1. Buka Program AutoCAD Map dan buka file dwg yang akan diconvert ke SHP.
  2. Jika yang akan diconvert adalah objek yang memiliki area seperti bidang tanah, wilayah kecamatan, atau wilayah kabupaten, maka pastikan setiap area dibentuk oleh polygon atau polyline tertutup. Fungsinya agar hasil convert menjadi objek geometry tipe polygon dan memiliki data tekstual area untuk setiap bidang.
  3. Kalau bidangnya banyak akan sangat tidak efektif merubah setiap bidang menjadi polygon atau polyline tertutup, maka untuk memudahkan lakukan topology dengan tipe polygon pada bidang tersebut. Dibawah ini adalah contoh gambar wilayah kecamatan yang sudah ditopology dengan tipe polygon dan akan kita convert menjadi file shp. Convert Dwg to Shp
  4. Klik menu Map > Tools > Export atau melalui command prompt ketikkan mapexport
  5. Pada kotak dialog Export Location, Files of type pilih ESRI Shapefile (*.shp). Pilih lokasi folder untuk menyimpan file shp, ketikkan nama file, kemudian klik OK.
  6. Pada kotak dialog Export yang sudah muncul, klik tab Selection. Pada bagian Object type, pilih Polygon. Pada bagian Select objects to export, pilih Select all. Pada bagian Filter selection, pilih layer yang akan diexport (sebagai contoh saya memilih layer kecamatan). Pada bagian Select polygon topology to export, pilih nama topology yang sudah kita buat (sebagai contoh saya memilih topology Untitled1). Supaya lebih jelas lihat gambar dibawah ini. Cara Convert DWG ke SHP
  7. Klik tab Data. Pada bagian ini kita menentukan data tekstual apa saja yang akan dilink-kan dengan data spasialnya. Semua data tekstual yang melekat dengan gambar AutoCAD akan ditampilkan pada kotak dialog select attributes. Dalam proses convert to shp ini, saya hanya akan mengambil data tekstual ID, Area, dan Perimeter saja. Caranya, klik Select Attributes, pada kotak dialog Select Attributes klik tanda + Topologies > + Polygon > + Polygon Centroid, kemudian centang ID, Area, Perimeter. Klik OK. Supaya lebih jelas lihat gambar dibawah ini. Kotak Dialog Select Attributes
  8. Klik tab Options. Pada bagian Other, centang kotak Tread closed polylines as polygons.
  9. Kalau semua bagian pada tab sudah tersetting, klik OK.
  10. Proses convert ke SHP sudah selesai, silahkan anda coba buka hasilnya menggunakan ArcGIS atau AutoCAD Map itu sendiri.

Untuk membuka file SHP dengan AutoCAD Map, silakan baca tutorialnya di Cara Membuka File SHP di AutoCAD Map.

Setelah berhasil export satu layer dwg ke shp, kita bisa mengulangi langkah diatas untuk export layer dwg yang lainnya. Anda juga bisa mencoba mengikutkan data tekstual lain yang ada dalam select attributes dalam proses export.

Data SHP hasil export dari AutoCAD Map bisa kita gunakan sebagaimana data SHP yang lainnya. Kita bisa menggabungkan (join) dengan data lain, bisa digunakan untuk analisa spasial, analisa tekstual, dan berbagai keperluan lainnya.

Demikian tutorial cara convert DWG ke SHP dengan AutoCAD Map yang bisa saya bagikan kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.