ASIFAH

Cara Export Dari Google Earth Ke AutoCAD Map Tanpa Plugin Dan Software Tambahan

Di video ini saya menjelaskan Cara Export Dari Google Earth Ke AutoCAD Map Tanpa Plugin Dan Software Tambahan. Jadi hanya menggunakan Google Earth dan AutoCAD Map saja.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk export dari Google Earth ini. Diantaranya anda bisa menggunakan Software DNR GPS, Expert GPS, atau ArcGIS. Bahkan anda bisa menggunakan web converter secara online.

Namun pada kesempatan kali ini, saya akan menunjukkan cara yang berbeda dan mungkin masih jarang yang bahas. Lalu seperti apa caranya? Silakan simak dibawah.

Export Atau Convert Google Earth Ke AutoCAD

1. Siapkan objek di Google Earth yang akan di export ke AutoCAD. Bisa poligon (bidang atau area), point (tanda letak), atau garis jalan (jalur). Kalau belum ada, anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

2. Klik kanan nama layer objek yang ada di bagian Tempat. Kemudian klik Salin.

3. Klik kanan lagi layer objek yang ada di bagian Tempat. Kemudian pilih Properti.

4. Pada kotak dialog yang muncul, pastikan kurosr aktif di tab Deskripsi. Kemudian klik kanan di area kosong deskripsi > pilih Tempel

5. Cari kumpulan koordinat yang diapit dengan tanda <coordinates> </coordinates>. Kemudian tambahkan tulisan LINE di awal koordinat tersebut. Agar lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

Export Google Earth Ke AutoCAD

6. Blok tulisan LINE dan semua koordinat seperti contoh gambar diatas. Kemudian klik kanan > Salin.

7. Buka Program AutoCAD. Kemudian pastikan kursor aktif di command prompt. Selanjutnya klik kanan > Paste.

8. Untuk memunculkan gambar di tengah layar, ketikkan Z > enter > E > enter.

Hasil Konversi Di AutoCAD

Proses pemindahan objek dari Google Earth ke AutoCAD teleh selesai. Namun perlu diketahui kalau sistem koordinatnya masih menggunakan bawaan Google Earth, yaitu LL84.

Agar di AutoCAD bisa digunakan untuk berbagai keperluan, maka objek hasil export ini perlu di transformasi sistem koordinatnya ke UTM84 (sebagai contoh). Sehingga nanti ukuran dan posisinya sesuai dengan di Google Earth.

Tahapan transformasi koordinat sudah pernah saya bahas secara khusus di Cara Transformasi Koordinat. Silakan merujuk ke tutorial tersebut atau silakan tonton video tutorial diatas.

Sekilas Google Earth

Kalau ada pertanyaan, apakah panjangan di Google Earth atau hasil konversi di AutoCAD persis sama dengan panjang sebenarnya di lapangan?

Jawabannya belum tentu. Berdasarkan Wikipedia yang membahas Google Earth, dijelaskan bahwa:

Fungsi “Measure” memperlihatkan panjang ekuator sekitar 40,030.24 km, suatu kesalahan sebesar −0.112% bila dibandingkan dengan panjang aslinya yaitu 40,075.02 km Bumi;

untuk lingkaran meridian, diperlihatkan panjang sekitar 39,963.13 km, juga suatu kesalahan sebesar −0.112% bila dibandingkan dengan panjang aslinya, yaitu 40,007.86 km.

Kesalahan sebesar -0.112% belum tentu sama juga antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain. Tetapi intinya, akurasinya tidak 100%. Jadi silakan digunakan dengan bijak dan disesuaikan dengan keperluan dalam hal penggunaan dan pemanfaatannya.

Jika anda ingin melakukan sebaliknya, silakan pelajari tutorial yang sudah saya buat sebelumnya yaitu mengenai Cara Export Dari AutoCAD Map Ke Google Earth Pro.

Demikian tutorial ini, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih dan sampai bertemu di tutorial-tutorial selanjutnya.