ASIFAH

Cara Print Gambar Atau Peta Di AutoCAD Dengan Skala Tertentu

Artikel dan video ini menjelaskan Cara Print Gambar Atau Peta Di AutoCAD Dengan Skala Tertentu. Misalnya skala 1:500, 1:1000, 1:5000 atau skala berapapun yang anda inginkan akan saya jelaskan cara mengaturnya.

Namun sebelum melakukan penggambaran di AutoCAD, sebaiknya anda harus mengatur units penggambaran terlebih dahulu. Karena akan berpengaruh terhadap skala pencetakan.

Cara melakukan setting units, klik menu Format > Units.

Pada kotak dialog Drawing Units, bagian penting yang harus diatur adalah Insertion scale. Sebagai contoh saya akan memilih Meters. Karena saya akan menggambar dalam satuan meter. Untuk bagian yang lainnya, silahkan diatur sesuai keperluan. Kalau sudah tinggal klik OK.

Selanjutnya di layar penggambaran AutoCAD, sebagai contoh saya menggambar panjang suatu sisi bidang tanah hasil pengukuran di lapangan sepanjang 100 meter.

Pertanyaannya, bagaimana cara mencetak garis tersebut dengan skala 1:1000?

Langkah penyelesaiannya adalah klik menu File > Plot.

Pada kotak dialog Plot, lihat bagian Plot scale. Disinilah kita akan mengatur skala pencetakan. Satuannya dari inches ganti ke mm, agar perhitungan skalanya mudah. Kemudian units nya diisi dengan 1 jika memang akan mencetak dengan skala 1:1000.

Kenapa harus diisi dengan 1 untuk menghasilkan skala 1:1000?

Seperti ini penjelasannya.

Jadi 1mm di gambar atau peta hasil pencetakan itu sama dengan 1m di gambar sebenarnya. 1m karena unit penggambaran kita di awal menggunakan meter.

1mm = 1m, kemudian meter ini kita konversi ke mm.

1mm = 1000mm, jadi skalanya 1:1000

Jadi kalau mau mencetak dengan skala 1:2000, units nya tinggal diisi 2. Kalau skala 1:5000, units nya tinggal diisi 5. Kalau skala 1:500, units nya tinggal diisi 0.5.

Tetapi perlu diperhatikan, kalau setting units di awal tidak menggunakan meter. Maka pengaturan skalanya tidak akan sama dengan yang di atas. Sebagai contoh, misalnya saya memilih Centimeters. Maka penjelasan skalanya akan seperti ini.

Jadi 1mm di gambar atau peta hasil pencetakan itu sama dengan 1cm di gambar sebenarnya. 1cm karena unit penggambaran kita menggunakan centimeter.

1mm = 1cm, kemudian cm ini kita konversi ke mm.

1mm = 10mm, jadi skalanya 1:10

Jadi kalau mau mencetak dengan skala 1:1000, unitsnya harus diisi 100. Sekali lagi ini kalau kita menggunakan satuan penggambaran centimeter.

Sekarang contoh kasusnya, saya mendapatkan peta yang sudah jadi dan ingin dicetak dengan skala 1:5000. Maka berikut inilah tahapan lengkapnya cara mencetak peta tersebut.

Cara Print Peta Dengan Skala Tertentu

  1. Bukan Program AutoCAD atau AutoCAD Map. Kemudian buka peta yang akan dicetak.
  1. Cek setting units yang digunakan oleh gambar yang akan kita cetak. Caranya klik menu Format > Units. Lihat bagian Insertion scale. Pada contoh peta yang saya gunakan dalam pembuatan tutorial ini menggunakan meters. Kalau sudah tahu, bisa klik Cancel.
  1. Klik menu File > Plot atau tekan Ctrl+P pada keyboard.
  1. Pada kotak dialog Plot, bagian Printer/plotter pilih nama printer yang akan digunakan untuk mencetak. Sebagai contoh saya memilih Canon iP2700.
  1. Pada bagian Paper size, pilih ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak. Sebagai contoh saya memilih Legal.
  1. Pada bagian Number of copies, isi dengan jumlah lembar kertas yang ingin dihasilkan. Sebagai contoh saya isi dengan 1 saja.
  1. Pada bagian Plot area, pilih Window. Kemudian blok peta di layar penggambaran yang akan dicetak.
  1. Pada bagian Plot offset, cek Center the plot agar gambar hasil pencetakan berada di tengah-tengah kertas.
  1. Pada bagian Plot scale, unceklis Fit to paper. Satuan pilih mm dan units isi dengan 5 karena kita ingin skala di hasil pencetakannya 1:5000.
  1. Pada bagian Drawing orientation, pilih orientasi kertas yang mau digunakan. Sebagai contoh saya memilih opsi Portrait. Hasil pengaturan semua langkah diatas akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Cara Print Gambar Peta di AutoCAD

  1. Untuk bagian yang lainnya bisa dibiarkan apa adanya atau silahkan diatur sesuai keperluan. Disini saya langsung klik Preview untuk melihat gambaran hasil peta yang akan didapatkan. Kalau belum sesuai bisa klik kanan kemudian pilih Exit dan tinggal diatur ulang kotak dialog Plot. Tetapi kalau sudah sesuai dengan yang diharapkan, tinggal klik kanan kemudian pilih Plot.

Untuk menambah referensi mengenai pencetakan di AutoCAD, silahkan tonton video tutorial saya yang Cara Mudah Convert DWG to JPG dan Convert DWG to PDF Online & Offline.

Demikian tutorial mengenai pencetakan peta ini. Silakan dicoba dan kalau ada yang ingin ditanyakan, dikoreksi, atau mungkin ditambahkan, silahkan melalui bagian komentar di bawah. Terima kasih dan semoga artikel beserta videonya bermanfaat untuk anda.