Cara Menemukan Jarak Terpendek Diantara Dua Titik Dari Jaringan Jalan Yang Banyak Dan Komplek

Video ini menunjukkan tahapan cara menemukan jarak terpendek diantara dua titik dari jaringan jalan yang banyak dan komplek. Adapun Sotware yang digunakan adalah AutoCAD Map 3D 2010.

Penentuan jarak terpendek diantara sekian banyak jalan yang bisa ditempuh, bisa bermanfaat misalnya untuk menentukan jalur darurat, jalur mengemudi, atau keperluan lainnya.

Jika petanya tidak memiliki banyak jalan, tentunya tanpa analisispun kita bisa dengan mudah menentukan rute terpendek. Akan tetapi jika jika petanya memiliki banyak jalan, tentunya tidak akan bisa semudah yang kita bayangkan.

AutoCAD Map memiliki tool untuk melakukan 3 jenis network analysis, yaitu Shortest path, Best route, dan Flood trace. Adapun untuk keperluan penentuan jalur terpendek, kita bisa menggunakan Shortest path.

Lalu seperti apa caranya?

Silakan langsung ikuti tahapan-tahapan dalam video tutorial dibawah ini.

YouTube video
Langkah-langkah dalam video tutorial di atas, intinya ada 2. Yaitu, melakukan topology type network dan network analysis. Untuk urutan pengerjaan dalam versi artikelnya, silakan ikuti tahapan di bawah ini.

Lakukan Tahapan Topology Type Network

  1. Klik menu Map > Topology > Create
  1. Pada kotak dialog Create Network Topology, Topology type pilih Network. Topology name bisa diisi bebas (misalnya Jaringan_Jalan). Kemudian klik Next.
  1. Pilih option Select all. Pada bagian Layers, pilih hanya layer yang akan ditopology (Sebagai contoh misalnya layer Jalan). Kemudian klik Next.
  1. Pada bagian yang lainnya tidak perlu ada yang disetting, Jadi langsung saja klik Finish.
  1. Apabila berhasil, pada bagian command prompt akan ada pesan “Topology successfully created”. Misalnya seperti contoh di bawah ini.

Topology successfully created with 16685 links and 13645 nodes.

Apabila topology tidak berhasil dilakukan, berarti peta masih mengandung kesalahan-kesalahan geometry yang harus dibetulkan terlebih dahulu. Untuk menghilangkan kesalahan geometry dengan AutoCAD Map, bisa menggunakan Tool Drawing Cleanup.

Untuk memperdalam AutoCAD Map, silakan pelajari juga artikel Cara Melakukan GIS Overlay Analysis (Intersect, Erase, Identity, Clip).

Lakukan Tahapan Network Analysis

  1. Pada Task Pane, klik tab Map Explorer.
  1. Klik tanda + pada Topologies. Klik nama Topology yang baru dibuat. Kemudian klik kanan > Analysis > Network Analysis.
  1. Pada kotak dialog Network Topology Analysis, pilih option Shortest path. Kemudian klik Next.
  1. Klik tombol Select start point. Kemudian klik sebuah titik pada peta untuk menentukan titik awal. Kemudian tekan enter pada keyboard.
  1. Klik tombol Select end point. Kemudian klik sebuah titik pada peta untuk menentukan titik akhir. Kemudian tekan enter pada keyboard. Kemudian klik Next.
  1. Pada bagian Resistance and Direction tidak perlu ada yang diisi. Jadi bisa langsung klik Next.
  1. Pada bagian Output Methods, diceklis kotak Highlight dan warna bisa dipilih sesuai keinginan. Kemudian diceklis juga kotak Create topology dan silakan diisi nama topology-nya sesuai keinginan. Terakhir klik Finish.
  1. Hasilnya akan terlihat di peta dengan warna sesuai yang dipilih pada langkah sebelumnya.

Untuk menambah referensi, silakan pelajari juga Cara Menggabungkan Peta Yang Posisinya Bersebelahan (Matching Map Edges) dengan AutoCAD Map.

Demikian cara menentukan jarak terpendek menggunakan AutoCAD Map. Jika anda mengalami kesulitan mempraktekkan tutorial ini, silakan diulang-ulang videonya sampai paham.

Terakhir, terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga tutorialnya bermanfaat untuk anda.