ASIFAH

Aplikasi Konversi Koordinat Online Gratis

Aplikasi Konversi Koordinat Online ini bisa digunakan untuk mengkonversi atau transformasi koordinat UTM, TM3, dan Geografis (Latitude Longitude / World / WGS 84). Koordinat UTM yang bisa ditransformasi meliputi seluruh zone yang ada di dunia termasuk Indonesia.

Begitupun untuk koordinat Geografis di belahan bumi manapun bisa dikonversi dengan aplikasi ini. Tetapi untuk Koordinat TM-3 yang bisa ditransformasi hanya meliputi zona yang ada di Indonesia, karena memang sistem koordinat ini hanya digunakan di Indonesia.

Software transformasi koordinat ini sudah di tes dan juga dibandingkan hasilnya dengan hasil transformasi menggunakan Program AutoCAD Map dan ArcGIS. Hasilnya sama persis.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda tinggal pilih sistem koordinat asal, masukkan koordinatnya. Kemudian pilih sistem koordinat tujuan dan tekan tombol Proses Transformasi. Maka hasilnya akan langsung ditampilkan.

Jadi silahkan gunakan Aplikasi Konversi Koordinat Online di bawah ini untuk menyelesaikan kebutuhan transformasi anda.

Aplikasi Konversi Koordinat Online










Konversi Derajat Ke Desimal

Koordinat geografis yang ditulis seperti ini 5°34’14”,95°20’15” tidak bisa langsung dimasukkan ke aplikasi di atas ketika mau dikonversi. Karena aplikasi di atas hanya bisa memproses angka dalam format desimal. Untuk angka derajat menit detik (DMD atau DMS) belum bisa di proses.

Jika anda mau merubah angka derajat menit detik ke desimal, bisa menggunakan rumus seperti ini:

(Derajat) + (Menit/60) + (Detik/3600)

Contoh:

5°34’14” = (Derajat) + (Menit/60) + (Detik/3600)
5°34’14” = (5) + (34/60) + (14/3600)
5°34’14” = (5) + (0.566666666) + (0.003888888)
5°34’14” = 5.570555554

Jadi nilai desimal untuk 5°34’14” adalah 5.570555554

Kalau angka yang mau dikonversi hanya satu atau dua, anda bisa melakukan perhitungan seperti di atas menggunakan kalkulator. Tetapi jika banyak, seperti puluhan atau ratusan maka cara yang paling mudah dan cepat adalah mengaplikasikan rumus di atas ke Excel.

Contoh penggunaan rumus di Excel.

konversi derajat ke desimal

Contoh Konversi Koordinat Geografis Ke UTM

Untuk melakukan konversi koordinat geografis ke UTM menggunakan aplikasi di atas, input sistem koordinatnya pilih WGS 84. Untuk output sistem koordinat pastikan anda memilih zone yang tepat, karena kalau salah memilih zone hasil transformasinya juga akan salah. Berikut ini adalah contoh hasil transformasi koordinat geografis ke UTM zone 48S.

konversi koordinat geografis ke utm

Untuk melakukan sebaliknya, yaitu konversi koordinat UTM ke geografis atau latitude longitude tinggal dibalik. Input sistem koordinat pilih UTM sesuai zone-nya dan ouput sistem koordinat pilih WGS 84.

Contoh Konversi Koordinat TM3 Ke UTM

Untuk melakukan konversi koordinat TM3 ke UTM menggunakan aplikasi di atas, input sistem koordinatnya pilih DGN95 / Indonesia TM-3 dan zonenya sesuaikan dengan posisi koordinat itu berada. Untuk output sistem koordinat pilih UTM dan zonenya juga disesuaikan. Berikut ini adalah contoh hasil transformasi koordinat TM-3 zone 50.1 ke UTM zone 50S.

konversi koordinat tm3 ke utm

Untuk melakukan sebaliknya, yaitu konversi koordinat UTM ke TM3 tinggal dibalik. Input sistem koordinat pilih UTM sesuai zone-nya dan ouput sistem koordinat pilih TM-3 sesuai zone-nya.