Cara Transfer Data GPS Garmin ke Komputer dengan MapSource

Dalam artikel ini saya akan menunjukkan cara transfer data GPS Garmin ke komputer dengan Program MapSource. Kemudian setelah hasilnya masuk ke MapSource, akan kita simpan datanya agar bisa dibuka di AutoCAD, ArcGIS, ArcView GIS, dan MapInfo Professional.

Saya sudah berusaha membuat tutorial ini sedemikian rupa agar mudah dipahami dan dipraktekkan.

Software yang Bisa Digunakan untuk Transfer Data GPS

  • MapSource
  • EasyGPS
  • ExpertGPS
  • DNRGPS

Jika Anda tidak punya MapSource, bisa menggunakan program alternatif yang saya sebutkan di atas. Dalam tutorial ini, saya akan mencontohkan transfer data GPS menggunakan MapSource saja.

Software yang Digunakan Dalam Pembuatan Tutorial

Dalam pembuatan totorial ini, perlengkapan yang saya gunakan adalah:

  • GPSMap Garmin 60Csx dengan kabel datanya
  • Software MapSource Version 6.13.7
  • AutoCAD Map 3D 2010
  • ArcView GIS 3.3
  • MapInfo Professional 9.0
  • ArcGIS 9.3

Jika anda ingin mencoba mempraktekkan semua materi yang ada di artikel ini, paling tidak anda harus mempersiapkan perlengkapan seperti di atas.

Cara Transfer Data GPS Garmin ke Komputer Menggunakan MapSource

1. Nyalakan GPS → Hubungkan GPS dengan Komputer menggunakan Kabel data.

2. Buka Program MapSource.

3. Klik Menu Transfer → Receive From Device.

Cara Transfer Data GPS Garmin ke Komputer

4. Klik Find Device → Pilih objek yang akan di transfer (Dalam contoh ini saya hanya akan menntransfer Waypoints dan Tracks) → Klik Receive. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Transfer Data GPS Garmin

5. Apabila proses transfer berhasil, akan muncul pesan “The data was succesfuly received” dan ada pilihan untuk mematikan GPS. Biarkan saja pilihannya tercentang kemudian klik OK.

Transfer Data Sukses

6. Sekarang Anda lihat gambar di bawah, dibagian sisi kiri terdapat banyak sekali Waypoints (ada 658) dan Tracks (ada 234). Itu disebabkan karena semua data yang pernah kita ambil menggunakan GPS dan belum sempat terhapus, maka data tersebut semuanya ikut berpindah ke MapSource.

Data GPS Track Koordinat

Jadi pemilihan data yang akan kita gunakan tidak bisa dilakukan pada saat proses transfer tetapi pada saat data tersebut telah masuk ke MapSource.

Untuk memudahkan pemilihan data, kita bisa mengurutkannya berdasarkan kolom dari masing-masing data dengan cara meng klik judul di bagian atas. Misalnya apabila kita ingin mengurutkannya berdasarkan waktu pengambilan data, maka klik saja tulisan Start Time.

7. Buang data yang tidak diperlukan dengan cara mengklik baris data tersebut, kemudian klik kanan, lalu pilih Delete Tracks atau Delete Waypoints.

Gunakan tombol Shift pada keybord untuk mimilih/ memblok banyak data agar proses menghapus lebih efektif.

8. Apabila semua data yang tidak akan kita gunakan telah dihapus, maka proses selanjutnya adalah menyimpan data tersebut.

9. Pilih File → Save As → ganti “Save as type” dengan DXF (*.dxf) agar file bisa dibaca oleh software-software SIG dan pemeetaan yang lain → ketik nama file → kemudian Save.

Save Data GPS

10. Akan muncul kotak dialog yang memberikan kita pilihan untuk memilih sistem koordinat dan faktor skala (Bebas memilih, sebagai contoh saya memilih UTM) → klik OK.

Simpan Data GPS Ke DXF

Cara membuka data berextensi DXF (*.dxf) di AutoCAD / AutoDesk Map

Pilih menu File → Open → Files of type: pilih DXF (*.dxf) → Cari lokasi File yang dimaksud → Klik Open.

Untuk melihat tutorial Autocad Map lain yang pernah saya muat di blog ini, silahkan klik Tutorial AutoCad Map

Cara membuka data berextensi DXF (*.dxf) di ArcView GIS

1. Aktifkan dulu Extensions yang berfungsi untuk membaca file-file CAD. Caranya, Pilih menu File → Extensions… → Centang Cad Reader → Klik Ok.

2. Panggil File yang berextensi DXF (*.dxf) dengan cara, pilih View → Add Theme → cari lokasi File → klik file yang dimaksud → klik Ok.

Cara membuka data berextensi DXF (*.dxf) di MapInfo Professional

1. Gunakan Universal Translator terlebih dahulu untuk merubah data berextensi DXF (*.dxf) menjadi berextensi MapInfo TAB.

Lebih detil tentang cara menggunakan Universal Translator baca artikel saya sebelumnya yang berjudul Cara Merubah Peta Dari Format Arcview Menjadi Format AutoCad

2. Buka File yang telah dirubah dengan Universal Translator dengan cara, Pilih menu File → Open → cari lokasi File → klik file yang dimaksud → klik Open.

Cara membuka data berextensi DXF (*.dxf) di ArcGIS

Pilih menu File → Add Data → cari lokasi File → klik file yang dimaksud → klik Add.

Penutup

Saya mencontohkan transfer data menggunakan MapSource karena dia merupakan software bawaan dari GPS Garmin. Jika Anda membeli GPS Garmin biasanya dalam paketannya mendapatkan CD Software MapSource.

Data GPS Garmin yang sudah ditransfer ke MapSource tidak akan mempengaruhi data yang ada di dalam GPS. Jadi ketika di MapSource datanya ada yang dihapus, itu tidak menghapus data yang ada di dalam GPS Garmin-nya.

Untuk menambah referensi, silakan baca juga tutorial Cara Memindahkan Data GPS Garmin ke Excel.

Demikian tutorial mengenai cara transfer data GPS Garmin ke komputer dengan bantuan Software MapSource. Silakan dicoba dan semoga tutorialnya bermanfaat untuk Anda.