ASIFAH

Sebelum Menggunakan Jurus Copy-Paste, Baca Dulu Artikel Ini

Artikel ini “Sebelum Menggunakan Jurus Copy-Paste, Baca Dulu Artikel Ini” saya tulis berangkat dari sebuah fakta yang menunjukkan bahwa beberapa artikel di blog ini di “copy-paste” dari mulai awal judul hingga Karakter akhir yaitu titik, persis sama dengan artikel aslinya. Artikel hasil duplikasi ini kemudian di publikasikan ulang di blog-blog yang melakukan “copy-paste” tersebut. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan mereka tidak mencantumkan sumber asli atau penulisnya. Dan yang lebih buruk dari itu mereka mengklaim sebagai penulisnya.

Kalau anda ingin mencoba menilai manakah diantara dua artikel berikut yang asli dan yang hanya “copy-paste”, klik link yang ada di dua nomor dibawah ini:
  1. Bandingkan antara Seorang Ahli contoh satu dengan Kisah Motivasi Agar Tidak menyerah contoh dua.
  2. Bandingkan antara Cara Transfer Data GPSMap Garmin Ke AutoCad, ArcView GIS, MapInfo Professional, ArcGIS contoh satu dengan Cara Transfer Data GPSMap Garmin Ke AutoCad, ArcView GIS, MapInfo Professional, ArcGIS contoh dua.
Kalau anda mencoba mengikuti link yang ada di dua nomor diatas, anda akan melihat dua artikel yang sama persis. Silahkan nilai sendiri, manakah diantara contoh satu dan contoh dua yang asli.
 
Sebenarnya hal seperti ini sudah terjadi sejak dulu. Tidak saja terjadi pada blog saya saja tentunya, melainkan juga terjadi pada blog kawan-kawan yang lain.
 
Bagi saya pribadi tidak menjadi masalah kalau artikel-artikel yang saya tulis di “copy-paste” oleh orang lain. Makanya sejak dulu, ketika tahu bahwa artikel saya ada yang “copy-paste” dan tidak mencantumkan sumber aslinya, saya membiarkan saja.
 
Akan tetapi sebenarnya saya merasa kasihan kepada mereka yang hobinya “copy-paste”, karena beberapa hal:
  1. Ngeblog merupakan sarana yang sangat bagus untuk belajar menulis. Saya sudah membuktikannya sendiri. Baca pengalaman saya ketika pertama belajar menulis di blog dalam artikel ini Blog Sebagai salah satu media belajar menulis. Untuk itu kalau anda punya blog tetapi isinya hanya “copy-paste” sungguh sayang sekali, anda menyia-nyiakan kesempatan emas untuk meningkatkan skill menulis anda.
  2. Apabila pemilik artikel asli tidak suka, anda siap-siap dimarahi bahkan mungkin tidak direkomendasikan sebagai orang yang tidak punya reputasi baik di dunia maya karena bisanya Cuma “copy-paste” atau mungkin efek negatif lain yang tidak terbayangkan sebelumnya.
  3. Apabila tulisan yang di “copy-paste” tersebut mempunyai hak cipta, anda bisa dituntut secara hukum.
  4. Menanamkan kebiasaan yang tidak baik pada diri anda. Bahkan kalau memang sudah tertanam, berarti anda semakin mengokohkan akar kebiasaan tidak baik itu pada diri anda. Adapun yang saya maksud dengan kebiasaan tidak baik itu adalah ingin instant dalam mendapatkan sesuatu atau dengan kata lain tidak mau susah dan tidak mau berusaha.
Nah, berdasarkan apa yang diuraikan diatas saya berharap anda mempunyai cara pandang baru terhadap kebiasaan “copy-paste”.
 
O iya, Kalau tahu ilmunya sebenarnya jurus copy-paste ini akan menjadi positif, bermanfaat buat anda, dan tidak merugikan orang lain. Untuk itu saya akan membahas “macam-macam jurus copy-paste, yang boleh dan tidak boleh digunakan” di artikel selanjutnya.