ASIFAH

Cara Merubah Layer AutoCAD Menjadi Standar Secara Otomatis

Di video ini saya menunjukkan Cara Merubah Layer AutoCAD Menjadi Standar Secara Otomatis. Tutorial ini bisa dipraktekkan baik di AutoCAD maupun AutoCAD Map.

Yang pertama tentu saja kita harus terlebih dahulu membuat dan mendefinisikan layer-layer standar yang akan digunakan. Namun perlu diketahui standar layer belum tentu sama antara di tempat saya bekerja dengan di tempat anda bekerja.

Walaupun beda tidak menjadi masalah, karena disini saya akan menunjukkan mulai dari cara membuat dan mendefinisikan layer standar sesuai dengan keinginan anda. Jadi silahkan simak tutorialnya dibawah ini.

Cara Membuat Dan Mendefinisikan Layer Standar

1. Buat drawing baru, tetapi tidak perlu menggambar objek apapun. Caranya klik menu File > New

2. Buka Layer Properties Manager. Bisa dengan cara ketikkan perintah layer pada command prompt.

3. Buat layer baru dan sesuaikan dengan standar yang anda gunakan, baik nama layer, warna, jenis garis, dan yang lainnya.

4. Buat layer standard sebanyak dan selengkap yang anda butuhkan.

5. Simpan file gambar tanpa objek ini.

Membuat dan mendefinsikan layer standar ini cukup satu kali saja. Nantinya file ini bisa digunakan berulang kali untuk merubah gambar-gambar lain yang belum standar.

Kalau mau merubah atau menambah layer standarnya, tinggal buka lagi saja file ini, kemudian tinggal edit layernya di Layer Properties Manager. Setelah itu jangan lupa disimpan.

Sebagai contoh, akan kita gunakan file yang sudah dibuat ditahap ini untuk merubah sebuah gambar yang layernya belum standar. Untuk caranya, silahkan simak dibawah ini.

Cara Merubah Layer AutoCAD Menjadi Standar

1. Buka gambar AutoCAD yang layer-layernya belum standar. Atau buka gambar yang akan distandar kan layernya.

2. Pada command prompt ketikkan perintah LAYTRANS atau bisa juga klik menu Tools > CAD Standards > Layer Translator

3. Pada kotak dialog Layer Translator yang sudah muncul, lakukan pengaturan sebagai berikut:

Pada bagian Translate To, klik Load

Cari dan buka gambar AutoCAD yang mengandung layer-layer standard yang sudah kita buat pada tahap sebelumnya.

Pada bagian Translate From, klik nama layer (Misalnya Jalan). Kemudian pada bagian Translate To, klik nama layer standar yang seharusnya untuk Jalan (Misalnya 040100). Kemudian klik tombol Map

Lakukan hal yang sama pada semua layer yang akan distandarkan, sampai tidak ada lagi nama layer di bagian Translate From. Agar lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

Cara Merubah Layer AutoCAD Menjadi Standar

Setelah semua layer dipasangkan dengan layer standardnya, kemudian klik Translate

4. Apabila muncul kotak dialog, pilih saja Translate Only

5. Apabila langkahnya betul, maka layer pada gambar akan otomatis berubah semuanya. Baik nama layer, warna, jenis garis, dan yang lainnya sesuai dengan layer standar yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Demikian video dan artikel ini semoga bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin download video dan sample data yang saya gunakan, silahkan klik disini untuk mengetahui caranya.