ASIFAH

Mencoba Tantangan Mental 10 Hari Dari Anthony Robbins

Ingin merubah mental? Coba dulu tantangan mental 10 Hari dari Anthony Robbins. Dalam buku “Awaken the Giant Within” atau dalam versi Indonesianya “Bangunkan Kuasa Raksasa di Dalam Diri” Anthony Robbins benar-benar telah menyentuh mental dan logika saya. Salah satu bagian dari buku tersebut yang sudah saya coba praktekkan adalah tantangan mental selama 10 hari. Adapun hasilnya bagi saya pribadi adalah “itu bekerja, tantangan itu memberi saya hasil dan perubahan yang sangat berarti”.

Tantangan mental ini tidak perlu melibatkan orang lain. Satu-satunya orang yang perlu dilibatkan adalah diri kita sendiri. Hanya kitalah yang akan membuat tantangan ini berhasil atau tidak. Kita akan bisa melihat, sejauh mana diri kita berkomitmen terhadap perbaikan diri sendiri. Kalau dalam 10 hari ini, kita tidak mampu berkomitmen untuk memperbaiki diri, maka apalagi menjalani tahun demi tahun dalam kehidupan. Tetapi sebaliknya, kalau dalam 10 hari itu, kita mampu berkomitmen, maka sebenarnya kita mampu memperbaiki dan meningkatkan diri dalam kehidupan.

Aturan Main Tantangan Mental 10 Hari

1.  Dalam 10 hari mendatang harus selalu berpikir positif.

2. Ketika anda sadar bahwa anda mulai fokus pada yang negatif dan itu pasti terjadi anda harus segera mengarahkan kembali fokus anda pada kondisi emosional yang lebih baik.

3. Selama 10 hari mendatang, pastikanlah keseluruhan fokus anda dalam kehidupan pada solusi dan bukan pada masalahnya.

4. Sasaran tantangan ini adalah 10 hari berturut-turut. Jadi kalau anda mengalami kegagalan ditengah-tengah menjalankan tantangan ini, anda harus mengulanginya dari hari pertama.

Saya secara pribadi menambahkan beberapa hal dalam tantangan mental 10 hari ini. Beberapa hal tersebut adalah kebisaan-kebiasaan positif yang ingin saya tanamkan kedalam diri saya, diantaranya adalah:

1. Bangun lebih pagi.

2. Konsisten mengembangkan bisnis internet minimal 2 jam sehari.

3. Menulis satu artikel perhari.

4. Belajar skill baru kurang lebih 30 menit perhari (misalnya melatih percakapan dalam bahasa Inggris).

Keempat tambahan yang diatas tidak ada dalam buku “Bangunkan Kuasa Raksasa di Dalam Diri”, hanya saja Anthony Robbins membolehkan menambah kebiasaan-kebiasaan positif yang ingin diikutkan kedalam tantangan mental 10 hari. Dengan demikian bagi anda yang tertarik untuk mencoba tantangan ini, anda bisa menambahkan tantangannya sesuai kebutuhan diri anda sendiri.

Pengalaman Menjalankan Tantangan Mental 10 Hari

Ketika saya menjalankan tantangan ini ternyata tidak mudah. Berkali-kali saya gagal menjalaninya. Padahal sudah berhasil sampai di hari ketiga, tetapi kemudian gagal dihari keempatnya. Akhirnya kembali kehari pertama lagi. Bahkan sudah berhasil sampai hari ketujuh, tetapi karena gagal di hari kedelapan, berarti harus kembali kehari pertama.

Sampai akhirnya saya membulatkan tekad “kalau saya tidak pernah berhasil dalam tantangan mental ini berarti dalam hidup ini saya tidak akan pernah berhasil, saya akan menjadi pecundang. Kenapa bisa begitu? Karena berarti saya tidak bisa berkomitmen terhadap diri sendiri, karena berarti saya tidak menyayangi diri sendiri, karena berarti mental saya lemah, karena berarti saya mencintai kebiasaan-kebiasaan negatif dalam diri saya. Ayolah masa 10 hari saja tidak bisa, setelah 10 hari terserah deh mau dilanjut apa mau ditinggal”. (Untuk menambah semangat, silahkan baca juga: Kisah Inspiratif “Tidak Ada Yang Tidak Mungkin”)

Setelah membulatkan tekad, akhirnya saya berhasil menyelesaikan tantangan mental dalam 10 hari. Ternyata sangat membahagiakan, berhasil menyelesaikan tantangan menimbulkan rasa enak dan percaya diri di dalam hati. Dan anehnya saya pribadi ingin kebiasaan-kebiasaan positif itu terus bersemayam di dalam diri menjadi bagian dari kehidupan saya. Saya tidak menyangka efeknya bisa seperti itu.

Ini adalah pengalaman berharga bagi diri saya, oleh karena itu saya sharing pengalaman ini kepada pembaca blog saya dengan harapan memberikan manfaat yang besar. Pesan Anthony Robbin berkaitan dengan tantangan ini, anda jangan mencoba tantangan mental 10 hari ini jika tidak punya komitmen untuk menyelesaikannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  • Ass… ka sedikit mw share, tantangan di atas udah di coba. alhamdulilah 1 pekan berjalan dengan baik. yang mengagetkan test yg di kasih guru bisa di bereskan dn mnjadi awal semngat untuk sukses. cuma pas test kedua yg di kasih guru nilai tidak sesuai dengan target hingga membuat semangt sukses menurun kmbali. gymn pendapatnya kmudian kslahan nya dmn??? tolong solusinya.