ASIFAH

Cara Memindahkan Data GPS Ke Excel, Word, PowerPoint

Inilah tutorial sederhana tentang cara memindahkan data GPS ke Excel, Word, PowerPoint, atau program apa saja. Artikel ini adalah lanjutan dari tutorial yang sudah saya tulis sebelumnya tentang Cara Transfer Data GPS Ke AutoCAD, ArcView GIS, MapInfo Professional, dan ArcGIS.

Dalam tutorial ini, transfer data GPS ke Komputer akan tetap menggunakan MapSource. Karena Map Source adalah software bawaan dari GPS yang saya gunakan. Jika anda membeli GPS Garmin tipe apa saja, maka seharusnya ada CD Software MapSource didalam box-nya.

Pemindahan data ke Excel kadang diperlukan untuk pembuatan laporan, presentasi, atau untuk pengolahan data lebih lanjut. Tetapi untuk apapun keperluannya, silahkan pelajari panduannya dibawah ini.

Memindahkan Data GPS Ke Komputer Dengan MapSource

1. Nyalakan GPS. Kemudian hubungkan GPS dengan komputer atau laptop menggunakan kabel data.

2. Buka Program MapSource

3. Pilih Menu Transfer > Receive From Device > Klik Find Device > Pilih objek yang akan di transfer (Dalam contoh ini saya hanya akan transfer Waypoints dan Tracks) > Klik Receive.

Transfer Data GPS Garmin

4. Apabila muncul kotak dialog yang berisi pesan “The data was succesfuly received” berarti pemindahan data ke komputer sudah berhasil. Jika anda ingin mematikan GPS, biarkan tercentang kotak Turn off GPS, selanjutnya tinggal klik OK.

Transfer Data Sukses

5. Semua data Waypoints dan Tracks dari GPS akan masuk ke MapSource.

Memindahkan Data GPS Ke Excel

Cara Merubah Sistem Koordinat Dan Cara Membuat Sistem Koordinat TM3 Di MapSource (Langkah Opsional)

1. Jika anda ingin merubah sistem koordinat sebelum melakukan pemindahan data ke excel, maka lakukan langkah berikut. Klik menu Edit > Preferences

2. Pada kotak dialog Preferences, klik tab Position. Pada bagian Grid silahkan pilih koordinat sesuai dengan yang anda inginkan.

Merubah Koordinat MapSource

3. Jika anda ingin memilih sistem koordinat yang tidak ada pilihannya seperti Koordinat TM3, maka silahkan pilih User Defined Grid. Kemudian klik Properties.

4. Pada kotak dialog User Defined Grid, Longitude silahkan isi sesuai batas zone lokasi anda. Sebagai contoh, posisi saya dikalimantan selatan dan nilainya 115º30’ (dikonversi ke derajat menjadi 115.50). Untuk Scale Factor, False Easting, dan False Northing silahkan isi persis seperti gambar dibawah ini.

Pengaturan Koordinat TM3 Di MapSource

5. Setelah semua parameter diisi, silahkan klik OK.

Penjelasan tambahan mengenai Sistem Koordinat TM3, bisa dibaca di artikel Referensi Koordinat TM3.

Memindahkan Data GPS Ke Excel, Word, PowerPoint, Dll

Cara Pertama

1. Klik baris data yang akan dipindah, kemudian klik kanan, lalu pilih Copy. Gunakan tombol Ctrl atau Shift pada keybord untuk mimilih/ memblok banyak data agar proses copy lebih efektif.

Copy Koordinat MapSource

2. Buka Program Excel, Word, PowerPoint atau program apa saja, kemudian paste ditempat yang anda inginkan.

Tips : Hasil paste untuk koordinat (X dan Y) di Excel akan menjadi satu cell. Untuk memisahkannya menjadi 2 kolom gunakan rumus =LEFT(cellkoordinat;6) untuk X dan =RIGHT(cellkoordinat;7) untuk Y

Cara Kedua

1. Klik baris data track yang akan dipindah, kemudian klik kanan, lalu pilih Track Properties.

Copy Track MapSource

2. Pada kotak dialog Track Properties, klik kanan > Select All > klik kanan > Copy

Koordinat Track MapSource

3. Buka Program Excel, Word, Power Point atau program apa saja, kemudian paste ditempat yang anda inginkan.

Cara Ketiga

1. Hapus waypoints dan tracks yang tidak diperlukan dengan cara mengklik baris data tersebut, kemudian klik kanan, lalu pilih Delete Waypoints atau Delete Track. Gunakan tombol Shift pada keybord untuk mimilih/ memblok banyak data agar proses menghapus lebih efektif.

Tidak perlu khawatir, data yang dihapus di MapSource tidak akan menghilangkan data yang ada di GPS. Seluruh data yang pernah anda ambil dengan GPS masih ada di dalam GPS anda.

Jika anda ingin mempunyai backup data utuh hasil transfer, silahkan lakukan Save As terlebih dahulu dan Save as type-nya pilih gdb.

2. Klik menu File > Save As

3. Pada kotak dialog Save As, Save as type pilih Text (txt) > ketik nama file > Save

4. Buka Program Excel > klik menu Data > klik From Text

Data Excel From Text

5. Cari lokasi file text yang tadi disimpan > klik Import

6. Pada kotak dialog Text Import Wizard, Original data type, pilih option Delimited. Kemudian klik Next

7. Pada bagian Delimiters, ceklis Tab dan Space agar kolom koordinat terbagi menjadi 2, kolom X dan Y. Kemudian klik Next > klik Finish > klik OK.

Jika ingin plot data koordinat Excel ke AutoCAD, silahkan baca panduannya di Cara Menggambar Bidang Dengan Koordinat.

Semua cara diatas, silahkan anda coba gunakan sesuai dengan kebutuhan. Dan semoga tutorial yang sudah saya tulis bisa menambah referensi dan alternatif dalam pemindahan dan penggunaan data GPS.

Demikian cara transfer data GPS ke Excel, Word, dan PowerPoint. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda.