ASIFAH

Cara Export Data Tekstual Dari Excel Ke Tengah Bidang Pada Peta AutoCAD Map

Artikel dan video ini menunjukkan Cara Export Data Tekstual Dari Excel Ke Tengah Bidang Pada Peta AutoCAD Map secara otomatis.

Sebelum ke caranya, silahkan lihat dulu gambar di bawah ini. Sebelah kiri adalah gambar bidang di AutoCAD Map dan yang sebelah kanan adalah data tekstual di Excel.

Cara Export Excel Ke AutoCAD Map

Yang akan saya lakukan adalah setiap baris data di Excel akan dimasukkan ke masing-masing persil di Peta AutoCAD Map. Dan caranya bukan dengan diketik satu-satu. Kita akan melakukannya dengan otomatis. Nanti hasilnya akan terlihat seperti di gambar paling bawah artikel ini.

Pada tutorial sebelumnya di Cara Export Data Peta AutoCAD Map Ke Excel, saya menunjukkan cari export data nomor hak, nama pemilik, NIB, luas, dan SU dari peta AutoCAD Map ke Excel. Nah untuk yang ini sebaliknya. Dari Excel ke AutoCAD Map. Jadi nanti darimanapun keperluannya bisa dilakukan.

Untuk caranya, silahkan langsung ikuti tahapan-tahapan sebagai berikut.

Cara Export Dari Excel Ke Tengah Bidang Peta AutoCAD Map

  1. Buka data tekstual yang akan diexport menggunakan MS.Excel. Kemudian blok semua data yang akan diexport > klik kanan, pilih Name a Range.
  1. Pada kotak dialog New Name, Name isi dengan nama (bebas). Kemudian klik OK.
  1. Save As file excel ke type Excel 97-2003 Workbook (*.xls)
  1. Buka AutoCAD Map. Kemudian buka peta yang masing-masing tengah bidangnya akan diisi data dari Excel.
  1. Lakukan topology type poligon. Caranya klik menu Map > Topology > Create.
  1. Pada kotak dialog Create Topology. Topology type pilih Polygon. Topology name bisa diisi bebas. Kemudian klik Next. Pada bagian layers pilih layer bidang atau persil yang akan ditopology. Kemudian klik Finish.
  1. Klik menu Map > Database > Data Sources > Attach.
  1. Pada kotak dialog Attach Data Source, cari file excel yang sudah disimpan pada langkah sebelumnya. Kalau sudah ketemu, diklik file-nya kemudian klik tombol Attach.
  1. Kalau muncul kotak dialog Select Database Version, pilih atau klik Excel 97. Kemudian klik OK.
  1. Klik tab Map Explorer pada Task Pane. Kemudian klik kanan Link Templates > Define Link Template.
  1. Pada kotak dialog Define Link Template, pastikan Data Source yang terpilih adalah file excel yang sudah di Attach pada langkah sebelumnya dan Table Name adalah Name a Range yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya. Pada bagian Link Template bisa diisi dengan nama apa saja. Untuk bagian Key Selection diceklis nomor bidang atau data yang akan menjadi penghubung antara data tekstual dengan data spasial-nya. Kalau sudah klik OK.
  1. Kalau berhasil, di bawah Link Template akan ada nama Link nya. Langkah selanjutnya klik kanan nama link ini kemudian pilih Generate Links.
  1. Pada kotak dialog Generate Data Links, Linkage Type pilih opsi Text. Data Links pilih opsi Create Database Links. Link Template pilih nama link yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya. Untuk bagian Database Validation pilih opsi Create if New. Kemudian klik OK.
  1. Pada command kalau muncul permintaan, pilih atau ketikkan All kemudian enter.
  1. Masih pada tab Map Explorer Task Pane. Cari nama topology di bawah Topologies. Kemudian klik kanan nama topology > Analysis > Topology Query.
  1. Pada kotak dialog Toplogy Query, klik Define Query > klik Location > pilih All kemudian OK > Query Mode pilih Opsi Draw > klik tombol Alter Properties > klik tombol Text.
  1. Pada kotak dialog Define Text, klik Expression > Link Templates > Nama link yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya > klik nama kolom yang akan ditampilkan di tengah bidang. Kemudian klik OK. Untuk tinggi text dan yang lainnya silahkan diatur sesuai keperluan. Kalau sudah klik OK.
  1. Ulangi langkah ke-17 untuk menampilkan kolom-kolom yang lainnya yang ingin ditampilkan di tengah bidang.
  1. Kalau pada kotak dialog Set Property Alterations sudah dimasukkan semua teks yang akan ditampilkan, maka bisa diklik OK. Kemudian pada kotak dialog Define Query klik Execute Query. Sebagai gambaran hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Export Data Tekstual Excel Ke AutoCAD

Untuk menambah referensi yang masih berkaitan dengan tutorial ini, silahkan pelajari Cara Menghitung Luas Banyak Bidang dan Cara Menampilkan Teks NOP PBB Di Peta Secara Otomatis (Video + Artikel).

Demikian tutorial mengenai Cara Export Dari Excel ke AutoCAD Map yang bisa saya bagikan kali ini. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, langsung saja melalui bagian komentar di bawah. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

  • Kornelius

    Maaf bang, mau tanya nih kenapa saya kok tdk bisa meng attach, pdhl sudah di save dgn extend “.xls?

    • Asep Assafah

      Saya belum pernah mengalami.

      Ada pesen error gak? atau muncul kotak dialog pesan? boleh tahu pesannya apa?

      Mas Kornelius menggunakan AutoCAD Map dan Excel versi berapa?

  • Uways Muhammad Mashudi

    Gan kalau data atributnya ada di shp. kalau mau munculin itu gimana?