ASIFAH

Cara Export Data Peta Dari AutoCAD Map Ke Excel Untuk Laporan (NIB, Luas, Koordinat Titik Tengah/ Centroid Persil)

Di video ini saya menunjukkan Cara Export Data Peta Dari AutoCAD Map Ke Excel untuk keperluan laporan atau yang lainnya.

Sebagai contoh, misalnya kita memerlukan laporan dalam format excel seperti dibawah ini.

NO PERSIL

LUAS

X

Y

Laporan tersebut harus berdasarkan data peta yang dibuat menggunakan AutoCAD atau AutoCAD Map. Baik nomor persil, luas, maupun koordinat titik tengahnya.

Petanya boleh saja dibuat menggunakan AutoCAD, tetapi pembuatan laporan yang dibahas dalam tutorial ini harus menggunakan AutoCAD Map.

Anda bisa membuat laporan seperti ini secara manual. Jadi luasnya bisa dihitung satu-satu, kemudian dimasukkan ke excel juga satu-satu. Nanti titik tengahnya juga dicari satu-satu, kemudian dimasukkan ke excel juga satu-satu.

Jika bidangnya sedikit, tidak menjadi masalah menggunakan cara manual. Tetapi bayangkan jika bidangnya ratusan atau ribuan? Akan sangat tidak efektif dan membuat jari pegal-pegal.

Lalu seperti apa cara yang efektifnya?

Agar lebih jelas, silakan pelajari video diatas. Sementara bagi anda yang koneksi internetnya kurang mendukung untuk memutar video, saya akan coba uraikan garis besarnya.

Tahapan Di AutoCAD Map

  1. Buat Topology type polygon.

Jika topology tidak berhasil dilakukan, berarti peta masih memiliki kesalahan-kesalahan geometry yang harus dibetulkan terlebih dahulu. Jika terjadi seperti ini, silakan lakukan pembetulan menggunakan tool drawing cleanup yang memang sudah disediakan AutoCAD Map.

Cara menggunakan tool drawing cleanup, sudah saya bahas panjang lebar di ebook yang saya tulis. Silakan download gratis ebook saya di Cara Membuat Peta (Dalam tutorial ini saya tidak membahas cara melakukan drawing cleanup).

Untuk menambah referensi penggunaan drawing cleanup dan topology, silahkan baca juga tutorial Cara Menghitung Luas Banyak Bidang.

  1. Buat tabel yang memiliki satu field atau kolom untuk menampung data nomor persil.

Untuk membuat tabel, anda bisa klik menu Map > Object Data > Define Object Data > Klik New Table

  1. Isi baris data kolom nomor persil dari tabel yang sudah dibuat menggunakan tool Generate Links.

Pengisian baris data dilakukan secara otomatis dengan mengambil teks yang ada di dalam masing-masing persil. Teks yang ada didalam persil bisa nomor persil, NIB, nama pemilik, atau bisa apa saja.

  1. Lakukan Topology Query

Untuk melakukan Topology Query anda bisa klik tab Map Explorer pada Task Pane > klik Topologies > klik kanan nama topology-nya > Analysis > Topology Query > Define Query.

Pada Query Type, klik Location > pilih All > OK

Pada Query Mode, pilih Report > klik Options > klik Expression > pilih data-data yang diperlukan.

Tahapan Di Excel

Pilih tab Data > From Text > Cari file txt yang tadi dibuat menggunakan topology query > Import

Setelah datanya masuk ke Excel tinggal dirapihkan dan disesuaikan format laporannya sesuai kebutuhan.

Proses pembuatan laporan ini cukup panjang dan banyak tahapannya. Tetapi sebenarnya cukup mudah.

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat banyak untuk anda. Jika anda ingin download video tutorial diatas + file yang saya gunakan di video, silakan lihat caranya di halaman ini.