ASIFAH

Cara Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth Di Laptop Atau Komputer

Inilah kombinasi artikel dan video Cara Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth di Laptop Atau Komputer (PC). Data yang diexport bisa titik koordinat (waypoints) atau garis (tracks).

Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial Cara Memanfaatkan Aplikasi GPS Android Untuk Mencari & Menentukan Titik Koordinat. Jadi untuk cara pengambilan datanya, silahkan anda merujuk ke artikel tersebut.

Setelah anda punya data di smartphone yang ingin diexport ke Google Earth, maka silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth

  1. Pada layar awal GPS Essentials, pilih Waypoints. Karena pada tutorial ini data yang akan saya export adalah titik koordinat. Jika data yang akan diexport adalah data track maka pilih Tracks.
  1. Pilih menu paling kanan atas.
  1. Pilih Export. Kemudian pilih tipe file yang akan digunakan. Pilihan tipe file banyak, tetapi pada tutorial ini saya akan pilih KML (Google Earth) agar hasilnya bisa dibuka dengan Google Earth.
  1. Pilih cara yang akan digunakan untuk transfer file ke laptop atau komputer. Pada tutorial ini saya memilih menyimpan ke memori internal smartphone. Caranya pilih atau sentuh gambar kartu dibagian paling atas.
  1. Ketikkan nama file dan kalau mau anda Anda juga bisa menentukan folder tempat penyimpanan file atau bisa juga dibiarkan disimpan di luar folder. Kemudian pilih tombol kirim dan pilih lagi tombol kirim.
  1. Hubungkan smartphone dengan laptop menggunakan kabel data.
  1. Buka software Google Earth. Kemudian klik menu File > Buka.
  1. Cari file pada drive smartphone anda. Caranya klik drive sesuai nama smartphone anda, kemudian klik Penyimpanan Internal. Setelah ketemu, tinggal diklik nama file-nya kemudian klik Open. Agar lebih jelas, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth

  1. Kalau berhasil, data akan ditampilkan oleh Google Earth.

Untuk menambah referensi penggunaan Google Earth, silahkan anda baca juga tutorial Cara Export Google Earth Ke AutoCAD (Tanpa plugin dan software tambahan) dan Cara Export Google Earth Ke AutoCAD Dengan Bantuan QGIS.

Demikian tutorial mengenai Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth yang bisa saya bagikan kali ini. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, langsung saja melalui bagian komentar di bawah. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.