ASIFAH

Cara Export Atau Konversi Banyak File SHP Menjadi Satu File AutoCAD DWG Dengan Cepat

Penjelasan dan video Cara Export Atau Konversi Banyak File SHP Menjadi Satu File AutoCAD DWG Dengan Cepat.

Beberapa waktu yang lalu, saya juga sudah pernah sharing cara konversi SHP ke DWG. Tutorialnya bisa anda lihat di Convert SHP to DWG. Di dalam tutorial itu saya menunjukan cara konversinya satu file-satu file. Jadi kalau file-nya banyak cukup memakan waktu.

Beda dengan tutorial yang akan saya tunjukkan kali ini. Disini saya akan menunjukkan cara lain yang lebih cepat dan efektif. Namun hasilnya sama saja. Dan silahkan langsung ikuti panduannya di bawah ini.

Export File SHP Ke AutoCAD DWG

  1. Pastikan semua file SHP yang akan di export disimpan dalam satu folder. Kemudian dengan AutoCAD Map buka file SHP tersebut. Caranya pada tab Display Manager Task Pane, klik Data > Connect to Data.
  1. Pada kotak dialog Data Connect, klik Add SHP Connection. Kemudian klik logo folder dan cari folder tempat menyimpan file SHP yang akan dikonversi. Kalau sudah dapat, diklik foldernya kemudian klik OK.
  1. Masih pada kotak dialog Data Connect, klik tombol Connect. Kemudian klik kanan > Select All pada bagain area tabel. Setelah semua data terceklis, langkah selanjutnya klik Add to Map.
  1. Kalau berhasil, semua data SHP akan ditampilkan di layar penggambaran AutoCAD Map. Dan untuk kotak dialog Data Connect bisa ditutup.
  1. Pada command prompt ketikkan perintah MAPEXPORTCURRENTMAPTODWG kemudian enter.
  1. Pada kotak dialog Save Current Map to DWG, tentukan nama dan tempat menyimpan file DWG yang akan dihasilkan. Kalau sudah tinggal klik Save.
  1. Untuk mencoba anda bisa membuka file dwg yang sudah dihasilkan. Caranya seperti biasa klik menu File > Open. Dan sebagai gambaran, di bawah ini adalah file dwg yang saya hasilkan dari tahapan di atas.

Export File SHP Ke AutoCAD DWG

Untuk menambah referensi penggunaan AutoCAD Map 3D, silahkan baca juga Convert DWG to SHP dan Cara Memisahkan Peta Suatu Wilayah Dari Data SHP. Kedua tutorial tersebut disajikan dalam bentuk artikel plus video.

Demikian tutorial yang bisa saya sharingkan kali ini. Silahkan dicoba dan semoga panduan cara export file shp ke dwg ini bermanfaat banyak untuk anda. Terima Kasih dan sampai bertemu di tutorial-tutorial saya yang lain.