ASIFAH

Cara Export Gambar Dari AutoCAD Map Ke Google Earth Pro Tanpa Plugin

Di video ini saya menunjukkan Cara Export Gambar Dari AutoCAD Map Ke Google Earth Pro Tanpa Plugin. Ini bisa disebut juga cara mempetakan atau plotting gambar AutoCAD Ke Google Earth.

Ada beberapa cara untuk melakukan export ke Google Earth. Diantaranya ada yang menggunakan plugin atau software tambahan. Sementara diantara plugin dan software itu ada yang gratis dan ada juga yang bayar.

Jika anda belum punya Google Earth Pro, silakan download langsung melalui situs resminya secara gratis di Google Earth Pro

Cara yang akan saya bahas pada tutorial kali ini tanpa menggunakan plugin maupun software tambahan. Jadi yang digunakan hanya AutoCAD Map dan Google Earth Pro nya saja.

Export AutoCAD Map to Google Earth Pro

1. Buka gambar AutoCAD (DWG) yang akan di export.

2. Pastikan gambar sudah memiliki sistem koordinat. Cara mengeceknya, klik tab Map Explorer pada Task Pane > klik kanan Current Drawing > Coordinate System. Pada bagian Current Drawing pastikan sudah terisi dengan nama sistem koordinat, jika masih kosong maka klik Select Coordinate System > pilih salah satu sistem koordinat (bisa TM3, UTM, atau yang lainnya).

3. Klik menu Map > Tools > Export

4. Pada kotak dialog Export Location, Files of type pilih SHP atau TAB. Kemudian klik OK.

5. Pada kotak dialog Export, klik tab Selection dan Object type, pilih option Line jika gambar yang akan di export berupa garis atau line. Jika object berupa titik pilih option Point.

6. Masih pada kotak dialog Export, klik tab Options. Ceklis kotak Convert coordinates to > klik tombol berlogo bumi > pilih koordinat LL84 (bisa ketikkan di bagian search LL84) > klik OK

7. Jika pada kotak dialog Export sudah diatur seperti yang diatas, langkah selanjutnya tinggal klik OK

8. Kalau export berhasil, maka pada command prompt akan ada informasi jumlah objek yang sudah berhasil diexport.

Untuk menambah referensi cara merubah file DWG menjadi SHP, silakan baca tutorial Convert DWG to SHP

9. Sekarang saatnya membuka Google Earth Pro. Jika anda menggunakan yang bukan Pro maka tidak akan ada pilihan untuk membuka file jenis SHP maupun TAB.

10. Klik menu File > Buka

11. Pada kotak dialog Open, default-nya jenis file yang terpilih adalah Google Earth (*.kml *.kmz *.eta *.ini). Ganti jenis file ke ESRI Shape (*.shp) jika waktu di AutoCAD Map gambar yang anda export ke jenis shp atau MapInfo (*.tab) jika gambar yang anda export ke jenis tab.

12. Klik pilih SHP atau TAB nya > kemudian klik Open

13. Google Earth Pro akan menuju lokasi gambar yang kita buka secara otomatis.

14. Jika sudah mendekati lokasi tetapi gambar bidang belum muncul, maka pastikan kotak kecil bernama file yang anda buka pada bagian kiri (Tempat) diceklis.

Demikian cara plotting bidang ke Google Earth Pro tanpa menggunakan plugin. Jadi intinya waktu di AutoCAD Map rubah dulu gambarnya menjadi file SHP atau TAB. Dan pastikan Google Earth yang anda gunakan adalah versi Pro.

Jika anda ingin download video dan file yang saya gunakan, lihat caranya disini. Terakhir terima kasih sudah membaca dan semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda.

  • amjal

    gak ada gambarnya
    :'(
    bagi pemula agak membingunkan 🙂