ASIFAH

Convert SHP to DWG (Cara Merubah File SHP Menjadi AutoCAD DWG)

Untuk melakukan Convert SHP to DWG bisa menggunakan Program AutoCAD Map. Pada tutorial dibawah saya menampilkan tahapan Cara Merubah Peta ArcView ke AutoCAD menggunakan AutoCAD Map 3D. Fitur convert peta tidak akan kita temukan di AutoCAD versi biasa.

Pada tahun 2010 saya pernah menulis tutorial Cara Merubah Peta Format ArcView Menjadi Format AutoCAD menggunakan Universal Translator dari MapInfo Professional. Waktu itu saya belum menggunakan AutoCAD Map 3D dan berusaha meng convert peta menggunakan AutoDesk Map 2004 yang sudah terinstall di komputer, tetapi tidak berhasil.

Jika anda punya peta digital dalam format ArcView (*.shp) dan ingin menggunakannya di AutoCAD, maka merubahnya menjadi file AutoCAD (*.dwg) adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Untuk itu silahkan ikuti tahapan convert peta ArcView dibawah ini.

Tahapan Convert SHP to DWG

1. Buka Program AutoCAD Map. Pastikan di layar penggambaran yang sedang terbuka tidak ada objek gambar apapun.

2. Klik menu Map > Tools > Import… atau bisa juga melalui command prompt dengan mengetikkan mapimport kemudian enter.

3. Akan terbuka kotak dialog Import Location. Pada bagian Files of type: Pilih ESRI Shapefile (*.shp). Kemudian pilih file Shp yang akan di convert ke Dwg. Kalau file sudah terpilih. klik OK.

4. Akan terbuka kotak dialog Import. Pada bagian bawah ada kotak Import polygons as closed polylines, silahkan centang jika ingin hasil convert menjadi polyline tertutup. Kemudian klik OK.

Convert Shp to Dwg

5. Apabila hasil convert tidak terlihat ditengah layar AutoCAD, maka pada command prompt ketikkan z, kemudian enter, ketikkan e, kemudian enter. (z > enter > e > enter)

6. Jika ingin menyimpan file dwg hasil convert, jangan lupa untuk klik menu File > Save As….

Kalau anda perhatikan, langkah convert peta diatas tahapannya tidak banyak dan tidak sulit. Apalagi kalau sudah mencoba mempraktekkan, maka anda akan merasakan caranya sederhana. Selain itu kalau sudah praktek, anda bisa mengetahui jenis file apa saja yang bisa di convert dengan fitur Import AutoCAD Map.

Dalam membuat peta digital di AutoCAD, kita bisa menggunakan data dari berbagai sumber. Bisa menggunakan hasil olahan data ukur lapangan, maupun hasil olahan data digital dari berbagai format software pemetaan digital yang lain. Oleh karena itu sebagai pengguna AutoCAD, sebaiknya kita menguasai semua fitur penting di AutoCAD seperti fitur Import yang kita bahas diatas.

Jika anda tidak ingin mengubah file SHP menjadi DWG, tetapi masih ingin menggunakannya di AutoCAD Map maka anda tetap bisa melakukannya. Pelajari caranya di artikel ini Cara Membuka File SHP Menggunakan AutoCAD Map (Artikel tutorial + Video).

Untuk menambah referensi penggunaan AutoCAD Map yang lain, Silahkan klik Tutorial AutoCAD Map yang berisi kumpulan semua tutorial AutoCAD yang pernah saya tulis di Asifah.com. Selamat mempraktekkan cara convert shp to dwg dan semoga tutorialnya bermanfaat.

  • elin

    Waktu meng-import file *.shp ke dalam Autocad Map, nilai elevasi tidak mengikut ya?
    kalo dengan cara Data Connections by Provider klik Add SHP Connection… cuma ada di properties tapi garis berupa MAP FEATURE… gimana jadi polyline dan berelevasi.
    makasih

    • Asep Assafah

      Agar hasil import menjadi Polyline yang berelevasi, caranya waktu import file SHP, data elevasi nya dibawa. Lihat gambar kotak dialog Import di atas, ada kolom Data. Nah tulisan nya diklik.

      Setelah menjadi file AutoCAD biasa, data elevasi ini akan menjadi Object Data yang terikat ke masing-masing garis.

      Kemudian lakukan topology type Network. Setelah Topology jadi, lakukan Topology Query untuk menambahkan nilai elevasi yang ada di object data ke masing-masing garis.

      Kurang lebih garis besarnya seperti itu. Silakan dicoba dan semoga berhasil.