ASIFAH

Convert DWG to JPG Atau PNG / BMP / TIF

Cara Convert DWG to JPG atau PNG / BMP / TIF menggunakan AutoCAD mudah untuk dilakukan. Kita tidak memerlukan software tambahan. Dengan menggunakan AutoCAD bawaan default-nya saja kita sudah bisa melakukan konversi gambar AutoCAD ke JPG ataupun PNG / BMP / TIF.

Dalam tutorial AutoCAD kali ini, kita akan belajar tahapan convert gambar AutoCAD atau DWG. Langkahnya sama dengan tutorial yang sudah saya tulis sebelumnya, yaitu mengenai tutorial Convert DWG to PDF. Perbedaannya nanti hanya pada saat pemilihan nama printer.

Dibagian akhir saya juga menunjukan cara lain yang bisa dilakukan untuk convert gambar AutoCAD ke jenis file gambar yang lain seperti BMP dan TIF. Kedua cara yang saya tunjukkan dibawah bisa anda praktekkan menggunakan AutoCAD versi biasa.

Tahapan Convert DWG to JPG atau PNG

1. Buka Program AutoCAD.

2. Buka gambar yang akan di convert ke JPG atau PNG.

3. Klik menu File > Plot… atau tekan Ctrl+P pada keyboard, atau bisa juga melalui command prompt dengan mengetik plot kemudian enter.

4. Pada kotak dialog plot yang muncul, pilih nama printer PublishToWeb JPG.pc3 (Jika akan convert dwg to jpg) atau PublishToWeb PNG.pc3 (Jika akan convert dwg to png). Kalau sudah memilih muncul kotak dialog, pilih saja Use the default paper size. Agar lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

Convert DWG to JPG PNG

5. Pada bagian yang lainnya, silahkan atur sebagaimana kita akan mencetak gambar ke printer (ukuran kertas, plot area, skala, dll).

6. Klik OK.

7. Akan muncul kotak dialog Browse for Plot File. Silahkan pilih folder yang akan menjadi tempat menyimpan hasil JPG atu PNG-nya. Kemudian ketikkan nama file yang akan menjadi hasil-nya.

8. Klik Save.

Cara Convert DWG to BMP Atau TIF

Untuk convert gambar AutoCAD ke BMP atau TIF tidak bisa dilakukan dengan cara diatas. Karena dengan AutoCAD bawaan defaultnya, saya tidak menemukan nama printer yang berhubungan dengan bmp dan tif. Tetapi kita bisa melakukan convert ke bmp dan tif dengan cara dibawah ini.

1. Pada command prompt ketikkan perintah bmpout (Jika akan convert dwg to bmp) atau ketikkan tifout (Jika akan convert dwg to tif).

2. Akan muncul kotak dialog Create Raster File. Silahkan pilih folder dan ketikkan nama file yang akan digunakan untuk menyimpan hasil convert-nya. Kemudian klik Save.

3. Pada command prompt akan muncul permintaan Select objects or <all objects and viewports>: dan kursor berubah menjadi kotak kecil. Silahkan pilih atau blok objek yang akan diconvert, kemudian enter. Kita bisa juga menekan Ctrl+A pada keyboard apabila semua objek yang ada dilayar penggambaran akan diconvert.

Cara convert gambar dwg ke berbagai jenis format adalah kemampuan dasar yang harus dikuasai pengguna AutoCAD. Karena bisa saja ketika akan menyajikan ataupun mendistribusikan hasil penggambaran AutoCAD, kita diminta untuk menyajikannya dalam bentuk file gambar sederhana seperti jpg atau png yang mudah digunakan oleh semua orang.

Tutorial ini adalah bagian dari kumpulan Tutorial AutoCAD Dasar yang sedang saya tulis secara bertahap. Anda bisa mencoba tutorial dasar ini di AutoCAD versi biasa. Saya sudah testing semua tutorial dasar yang saya tulis menggunakan AutoCAD 2007.

Demikian tutorial Convert DWG to JPG atau PNG / BMP/ TIF yang bisa anda coba praktekkan. Sampai bertemu di tutorial berikutnya dan semoga bermanfaat.