ASIFAH

Cara Transformasi Koordinat Peta (Konversi Koordinat)

Tutorial AutoCAD ini menjelaskan Cara Transformasi Koordinat Peta (Konversi Koordinat) menggunakan AutoCAD Map. Tutorial dilengkapi dengan banyak gambar supaya anda mudah memahami dan mengikuti setiap langkah dengan baik.

Transformasi sistem koordinat peta sangat diperlukan ketika kita akan menggabungkan dua peta atau lebih yang berbeda sistem koordinatnya. Selain itu transformasi juga bisa untuk keperluan lain seperti dalam rangka berbagi data digital dengan pengguna-pengguna tertentu, atau bisa juga untuk penyajian laporan yang mengharuskan menggunakan koordinat tertentu.

Dalam membuat peta digital kita bisa memperoleh data dari berbagai sumber. Sehingga perbedaan sistem koordinat peta dari sumber yang satu dengan sumber yang lain sangat dimungkinkan untuk berbeda.

Saat ini ada banyak software yang bisa digunakan untuk mentransformasi koordinat suatu peta. Anda bisa menggunakan yang mana saja, karena kalau pembuatan software tersebut mengikuti kaidah-kaidah pemetaan, maka hasilnya tidak akan jauh berbeda. AutoCAD Map hanyalah salah satu software transformasi koordinat yang bisa digunakan.

Adapun kelebihan transformasi dengan AutoCAD Map adalah kita bisa mentransformasi sistem koordinat apapun. Kalaupun sistem koordinat yang akan kita gunakan untuk transformasi belum ada didaftar, maka kita tinggal mendefinisikan atau membuat terlebih dahulu sistem koordinat tersebut dengan fitur yang sudah disediakan AutoCAD Map.

Kelebihan lain transformasi dengan AutoCAD Map adalah kita langsung mentransformasi seluruh peta dengan koordinatnya. Beberapa software transformasi biasanya hanya mampu mentransformasi satu koordinat atau beberapa koordinat. Jadi yang ditransformasi bukan petanya, tetapi hanya koordinatnya.

Dibawah ini adalah gambar peta dalam AutoCAD Map dengan sistem Koordinat TM3 Zone 50.1. Bisa anda lihat pada command window salah satu titik koordinatnya yaitu X = 256613,5790 ; Y = 1122192,8812. Peta dibawah ini akan kita jadikan contoh untuk transformasi Koordinat TM3 ke UTM menggunakan AutoCAD Map. Namun sebelum anda bisa melakukan transformasi TM3 ke UTM, silahkan buat atau definisikan terlebih dahulu koordinat TM3 dengan Tutorial Cara Membuat Sistem Koordinat Baru di AutoCAD Map.

Transformasi TM3 Ke UTM

Tahapan Cara Transformasi Koordinat Peta (Konversi Koordinat)

1. Buka Program AutoCAD Map. Pastikan tidak ada objek apapun di layar penggambaran.

2. Klik tab Map Explorer pada Task Pane. Kemudian Drag file yang akan ditransformasi dari Window Explorer ke tab Map Explorer (Ukuran Window Explorer jangan Maximise, atur ukurannya jadi kecil agar memudahkan drag file). Kalau drag file sudah berhasil, maka dibawah Drawings akan muncul alamat file. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah.

Cara Drag File

3. Klik menu Map > Tools > Assign Global Coordinate System atau bisa juga melalui command prompt dengan mengetik ADESETCRDSYS kemudian enter.

4. Akan muncul kotak dialog Assign Global Coordinate System.

a) Pada bagian Current Drawing, klik Select Coordinate System… Pada kotak dialog Select Global Coordinate System, Category pilih UTM, WGS84 Datum. Pada Coordinate System in Category pilih UTM84-50S. Kemudian klik OK.

b) Pada bagian Source Drawings, klik Select Drawings… Akan muncul kotak dialog Select Drawings to Assign Coordinate System. Cari folder tempat anda menyimpan file dwg yang akan ditransformasi koordinatnya. Apabila pada bagian Look in: belum muncul drive yang anda cari, silahkan klik tombol Create/Edit Aliases. Akan muncul kotak dialog Drive Alias Administration.

c) Pada Drive Alias: ketikkan lokasi drive misalnya D >> Pada Actual Path: ketikkan D: >> Kemudian klik Add >> Setelah itu klik Close.

d) File yang anda pilih harus sama dengan file dwg yang anda drag pada langkah ke-1. Setelah terpilih, silahkan klik Add. Kemudian klik OK. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah.

Create Drive Alias

e) Masih pada bagian Source Drawings, klik Select Coordinate System… pada Category: pilih Koordinat TM3. Pada Coordinate System in Category: pilih TM3-50.1. Selanjutnya klik OK. Sekarang pada kotak dialog Assign Global Coordinate System tampak seperti gambar dibawah ini.

Cara Transformasi Koordinat

f) Gambar diatas menunjukkan kalau peta akan ditransformasi dari sistem koordinat TM3-50.1 ke UTM84-50S. Kalau kita mau transformasi peta dari sistem koordinat UTM ke TM3 (Konversi Koordinat UTM), maka posisinya tinggal dibalik, yaitu pada Current Drawing diisi TM3-50.1 dan pada Source Drawing diisi UTM84-50S.

g) Apabila kotak dialog Assign Global Coordinate System sudah seperti gambar diatas, silahkan klik OK.

Sampai dengan tahap ini, proses transformasi koordinat sudah dilakukan AutoCAD Map. Akan tetapi hasilnya belum akan muncul dilayar penggambaran. Adapun untuk memunculkannya silahkan ikuti langkah berikutnya.

5. Masih pada tab Map Explorer. Klik kanan Current Query > Define. Akan muncul kotak dialog Define Query of Attached Drawing.

a) Pada bagian Options Klik Zoom Ext

b) Pada bagian Query Mode pilih Draw

c) Pada bagian Query Type klik Location… pada kotak dialog Location Condition Boundary Type pilih All. Kemudian klik OK.

d) Pada bagian Current Query klik Location: ALL kemudian klik Execute Query (Pastikan pada Current Query sudah terbentuk syntak Location: ALL dan pastikan diklik). Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

Cara Define Query

e) Kalau langkahnya sudah betul, di layar penggambaran akan muncul gambar hasil transformasi. Dibawah ini adalah gambar hasil transformasi koordinat peta menggunakan langkah-langkah diatas. Perhatikan titik yang ditunjuk oleh kursor, koordinatnya sudah berubah menjadi UTM, yaitu X = 388972,8610 ; Y = 9622262,9859

Hasil Transformasi Koordinat

6. Kalau mau menyimpan peta hasil transformasi, jangan lupa untuk klik menu File > Save As…

Tahapan transformasi koordinat peta diatas cukup panjang, melibatkan banyak kotak dialog, dan memerlukan pemahaman. Oleh karena itu kalau anda mau mencoba mempraktekkan, baca dan ikuti setiap tahapan dengan teliti.

Kalau anda sudah mencoba mempraktekkan dan belum berhasil, silahkan baca lagi dengan teliti setiap langkah diatas. Terutama pada bagian Define Query harus diperhatikan dengan baik. Karena kalau query-nya salah, gambar hasil transformasi tidak akan muncul di layar.

Melalui tahapan diatas, sebenarnya kita juga telah belajar 3 tehnik penting dalam menggunakan AutoCAD Map. Ketiga hal itu adalah cara attach drawing, cara men-setting sistem koordinat peta, dan cara mendefinisikan query. 3 hal tersebut akan banyak digunakan ketika kita menggunakan fitur-fitur AutoCAD Map yang lain. Apalagi nanti kalau sudah mempelajari aplikasi Sistem Informasi Geografi dengan AutoCAD Map, ketiga hal itu menjadi skill dasar yang harus dikuasai.

Demikian tutorial cara transformasi koordinat peta (konversi koordinat) menggunakan AutoCAD Map dengan langkah-langkah diatas, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  • Abdul

    asalamualaikum, kang asep saya mau bertanya, untuk transformasi koordinat di autocadmap 2015 bagaimana ? karena tampilan nya sangat berbeda dari tutorial yang ada

    • Asep Assafah

      Waalaikumsalam. Transformasi di AutoCAD Map 2015 sama saja. Agar tampilannya sama, samakan juga workspace-nya.

      Saya biasa dan seneng menggunakan Map Classic Workspace. Jadi pembuatan tutorial transformasi juga menggunakan Map Classic Workspace.

      Untuk merubah workspace, salah satu caranya bisa dilihat di menu bawah layar penggambaran ada tombol dengan simbol roda bergerigi yang kalau mouse didekatkan akan muncul tulisan Workspace Switching. Di klik simbolnya kemudian pilih Map Classic Workspace.

      Demikian, semoga bisa membantu.

      • Abdul

        erimakasih kang untuk workspace sudah classic, maksud saya ketika kita pilih “assign global coordinate system” sangat berbeda tampilannya dan tidak ada pilihan “source drawing” mohon pencerahannya kang,,

        • Asep Assafah

          Saya belum pernah install AutoCAD Map 2015. Tetapi masa iya berbeda tampilannya ya.

          Saya penasaran, bisa di screenshot gak tampilannya? saya pengen lihat.

  • guntur

    bismillah
    bagaimana cara merubah unit koordinat wgs 84 ke utm bagaimana ya, saya pakai autocad 2002/survcad 2002

    • Asep Assafah

      Yang saya tahu, kalau menggunakan AutoCAD yang bukan Map, tidak ada tool-nya untuk melakukan transformasi koordinat.