ASIFAH

Cara Setting Dimensi AutoCAD Disertai Contoh Memberi & Menampilkan Dimensi Ukuran Bidang Tanah, Sudut Poligon & Titik Koordinat

Video ini menunjukkan Cara Setting Dimensi AutoCAD yang dilanjutkan dengan contoh menampilkan dimensi ukuran bidang tanah, sudut poligon dan titik koordinat.

Dalam membuat tutorial ini, saya tidak menggunakan script, plugin, ataupun program tambahan. Saya hanya menggunakan tool bawaan AutoCAD.

Meskipun saya menggunakan AutoCAD Map, tetapi tool yang digunakan juga ada di AutoCAD yang selain Map. Jadi anda bisa mencoba tutorial ini di AutoCAD versi apapun.

Untuk memberi dimensi pada sebuah gambar, kita bisa menggunakan dimensi style Standard bawaan AutoCAD. Tetapi untuk keperluan tertentu, biasanya style Standard ini tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Misalnya untuk keperluan penggambaran dan pemetaan bidang tanah, kita harus merubah style Standard ini agar sesuai dengan yang diinginkan.

Tenang saja, caranya tidak susah. Silakan coba simak cara merubah atau setting style di bawah ini.

Setting Dimensi AutoCAD Untuk Menampilkan Ukuran Bidang Tanah

  1. Klik menu Dimension > Dimension Style atau klik menu Format > Dimension Style atau pada command prompt ketikkan perintah D kemudian enter.
  1. Pada kotak dialog Dimension Style Manager, klik New.
  1. Pada kotak dialog Create New Dimension Style, New Style Name isi dengan nama sesuai keinginan (Misalnya Jarak). Kemudian klik Continue.
  1. Pada kotak dialog New Dimension Style, klik tab Lines. Kemudian ceklis Dim line 1, Dim line 2, Ext line 1, dan Ext line 2.
  1. Klik tab Text. Kemudian Text height ganti dengan tinggi teks yang diinginkan (Misalnya diisi 70), Text alignment pilih option Aligned with dimension line.
  1. Klik tab Primary Units. Kemudian Precision, pilih 2 angka dibelakang koma (0.00). Suffix isi dengan M (Untuk menampilkan tulisan M atau meter diakhir angka jarak).
  1. Untuk tab yang lain tidak perlu ada yang dirubah. Jadi langsung klik OK.

Mengatur Dimensi AutoCAD Untuk Menampilkan Sudut Poligon

  1. Masih pada kotak dialog Dimension Style Manager, klik lagi New.
  1. Pada kotak dialog Create New Dimension Style, New Style Name isi dengan nama sesuai keinginan (Misalnya Sudut). Start With ganti dengan Standard. Kemudian klik Continue.
  1. Pada kotak dialog New Dimension Style, klik tab Text. Kemudian Text height ganti dengan tinggi teks yang diinginkan (Misalnya diisi 100), Text alignment pilih option Aligned with dimension line.
  1. Klik tab Primary Units. Kemudian Precision, pilih tidak ada angka dibelakang koma (0). Pada bagian Units format pilih Degrees Minutes Seconds, Precision pilih 0d00’00”.
  1. Untuk tab yang lain tidak perlu ada yang dirubah. Jadi langsung klik OK.
  1. Klik Close.

Jika anda ingin mempelajari cara menggambar hasil hitungan poligon dari Excel ke AutoCAD, silakan ke Cara Menggambar Poligon.

Setelah setting dimensi, saatnya kita menggunakannya untuk keperluan yang diinginkan. Di bawah ini saya menunjukkan cara menampilkan dimensi yang sering digunakan dalam penggambaran dan pemetaan bidang tanah.

Memberi Dan Menampilkan Dimensi Ukuran Bidang Tanah

  1. Pada Dim Style Control, pilih style yang sudah dibuat (Misalnya style Jarak).
  1. Klik menu Dimension > Aligned.
  1. Klik dari satu titik ke titik lainnya yang ingin ditampilkan dimensi jaraknya. Atau tekan enter, kemudian klik garis yang ingin ditampilkan jaraknya.

Untuk menambah referensi mengenai bidang tanah, silakan pelajari Cara Menggambar Bidang Tanah.

Menampilkan Dimensi Sudut Poligon

  1. Pada Dim Style Control, pilih style yang sudah dibuat untuk menampilkan sudut  (Misalnya style Sudut).
  1. Klik menu Dimension > Angular.
  1. Klik 2 garis yang membentuk sudut yang ingin ditampilkan dimensi sudutnya.

Menampilkan Dimensi Titik Koordinat (X,Y)

  1. Pada Dim Style Control, pilih style yang sudah dibuat (Misalnya style Jarak).
  1. Klik menu Dimension > Ordinate.
  1. Klik titik yang ingin ditampilkan dimensi nilai X nya, kemudian arahkan kursor ke bawah atau ke atas. Setelah muncul nilai X nya, kemudian tinggal klik.
  1. Klik titik yang ingin ditampilkan dimensi nilai Y nya, kemudian arahkan kursor ke kanan atau kiri. Setelah muncul nilai Y nya, kemudian tinggal klik.

Pengaturan dimensi yang dijelaskan diatas tidak harus baku seperti itu. Tentu saja anda bisa memodifikasinya sesuai keinginan dan kebutuhan. Dan anda juga bisa coba-coba sendiri menggunkan dimensi yang tidak dicontohkan disini seperti Linear, Radius, Jogged, Diameter, dll.

Demikian tutorial mengenai dimensi ini. Semoga bermanfaat untuk anda.