ASIFAH

Cara Plotting Peta Tidak Ber Koordinat Dengan Rubber Sheet

Inilah Cara Plotting Peta Tidak Ber Koordinat Dengan Rubber Sheet di AutoCAD Map. Tutorial ini akan menjelaskan setiap langkah yang harus dilakukan untuk memasukkan sebuah gambar DWG yang belum ada koordinat dan orientasi, ke gambar DWG lain yang sudah ada koordinatnya.

Sebuah gambar yang belum ada koordinat dan belum betul orientasinya, bisa didapatkan dari hasil digitasi atau dari hasil penggambaran data ukur yang kurang lengkap. Atau bisa juga dari peta hasil software-software pemetaan digital selain AutoCAD yang belum berkoordinat atau bisa jadi beda sistem koordinatnya.

Untuk melakukan plotting dengan Rubber Sheet diperlukan minimal 2 titik refernsi. Makin banyak titik referensi makin baik hasilnya. Apabila di peta tempat kita akan plotting tidak bisa mendapatkan minimal 2 titik referensi, maka kita bisa mencoba menggunakan bantuan citra yang sudah ada koordinatnya untuk mendapatkan titik referensi.

Apabila dengan bantuan citra pun kita tetap tidak dapat titik referensi, maka mau tidak mau kita harus ke lapangan untuk mendapatkan minimal 2 titik. Untuk hasil plotting dengan ketelitian tinggi, sebaiknya pengambilan titik koordinat yang akan dijadikan referensi, menggunakan GPS dengan ketelitian tinggi, seperti dengan GPS Geodetik atau CORS. (Silahkan baca juga: Cara Transfer Data GPS)

Fitur Rubber Sheet adalah tool dasar bawaan AutoCAD Map. Saya sudah cek di AutoCAD yang bukan khusus untuk pemetaan seperti AutoCAD 2007, fitur bawaannya tidak ada Rubber Sheet. Jadi kalau mau mencoba mempraktekkan tutorial AutoCAD ini, anda harus menggunakan AutoCAD Map.

Dibawah ini adalah contoh gambar Latihan Rubber Sheet.dwg (kanan) yang akan di plot ke gambar PetaLatihan.dwg (kiri). Gambar sebelah kanan (1234) ukurannya lebih besar dari gambar sebelah kiri (1A2A3A4A), belum betul titik koordinat dan juga orientasinya. Referensi untuk titik 1 adalah 1A, titik 2 adalah 2A, titik 3 adalah 3A, dan titik 4 adalah 4A.

Cara Rubber Sheet

Tahapan Cara Plotting Peta Dengan Rubber Sheet

1. Buka peta yang akan kita jadikan tempat untuk plotting (saya menggunakan file PetaLatihan.dwg)

2. Buka peta atau file dwg yang akan kita plotting (Dalam tutorial ini saya menggunakan file Latihan Rubber Sheet.dwg)

3. Blok atau pilih semua objek yang akan kita plot. Caranya bisa menggunakan kursor. Tips apabila kita ingin memilih semua objek yang ada di layar dengan cepat dan tanpa ada yang terlewat maka bisa menggunakan menu Edit > Select All atau tekan Ctrl+A pada keyboard.

4. Setelah semua objek terpilih, klik kanan di layar penggambaran kemudian pilih Copy atau bisa juga melalui menu Edit > Copy.

5. Buka window peta yang akan kita jadikan tempat untuk plotting. Caranya klik menu Window kemudian pilih nama file nya (Contoh dalam tutorial ini adalah PetaLatihan.dwg).

6. Arahkan kursor ke dekat area tempat bidang akan diplot, kemudian klik kanan > plih Paste atau klik menu Edit kemudian Paste. Arahkan lagi kursor ke dekat area tempat bidang akan diplot kemudian klik kiri. (Kita juga bisa memilih Paste as Block, tetapi saya sudah beberapa kali uji coba menggunakan Paste biasa hasilnya lebih akurat dari Paste as Block)

7. Pilih menu Map > Tools > Rubber Sheet atau bisa juga melalui Command prompt dengan mengetik perintah ADERSHEET.

8. Pada Command prompt akan muncul permintaan Base point 1:, klik ujung bidang titik ke-1.

9. Pada Command prompt akan muncul permintaan Reference point 1:, klik ujung bidang titik 1A.

10. Pada Command prompt akan muncul permintaan Base point 2:, klik ujung bidang titik ke-2.

11. Pada Command prompt akan muncul permintaan Reference point 2:, klik ujung bidang titik 2A

12. Pada Command prompt akan muncul permintaan Base point 3:, klik ujung bidang titik ke-3.

13. Pada Command prompt akan muncul permintaan Reference point 3:, klik ujung bidang titik 3A

14. Pada Command prompt akan muncul permintaan Base point 4:, klik ujung bidang titik ke-4.

15. Pada Command prompt akan muncul permintaan Reference point 4:, klik ujung bidang titik 4A.

16. Pada Command prompt akan muncul permintaan Base point 5:, karena kita hanya akan menggunakan 4 titik referensi maka langsung tekan enter saja.

17. Pada Command prompt akan muncul permintaan Select objects by [Area/Select]:, maka ketik saja pada Command prompt S atau Select kemudian enter.

18. Pada Command prompt akan muncul permintaan Select objects: dan kursor berubah menjadi kotak kecil yang siap digunakan untuk memilih objek. Pilih objek yang akan diplot dengan cara klik kiri semua objek (Contoh yang dipilih dalam tutorial ini adalah bidang 1234).

19. Pada Command prompt akan muncul permintaan Select objects: lagi. Karena objek sudah dipilih dan tidak ada lagi objek yang akan di Rubber Sheet pada proses ini, maka tekan saja enter.

20. Kalau langkah-langkahnya sudah benar maka gambar bidang 1234 akan masuk ke bidang 1A2A3A4A. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.

Hasil Rubber Sheet

Kalau sudah mempraktekkan tutorial diatas, anda bisa membedakan kalau menggunakan Rubber Sheet hasil plotting akan lebih baik jika dibandingkan dengan plotting yang hanya menggunakan fitur kombinasi dari Move, Rotate, dan Scale yang dilakukan satu persatu secara berurutan. Selain itu, dengan Rubber Sheet langkah plotting sebenarnya lebih mudah. (Silahkan pelajari juga: Tahapan Digitasi Dengan Rubber Sheet)

Akurasi hasil plotting dengan Rubber Sheet akan dipengaruhi oleh jumlah titik referensi yang digunakan, sebaran titik referensi (makin menyebar makin baik), dan akurasi ketika mengambil/ mengklik titik referensi (untuk meminimalkan hal ini pastikan mode snap untuk Endpoint aktif).

Demikian tutorial cara plotting peta tidak ber koordinat dengan Rubber Sheet di AutoCAD Map. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  • Idham

    Assalamualikum Gan, ane baru belajar AutoCad MAp nih

    lebih akurat mana cara ini dengan cara ADETRANSFORM??

    sepertinya caranya ga terlalu jauh beda ya?

    • Asep Assafah

      Waalaikumsalam. Saya sudah tes berkali-kali, hasilnya lebih akurat menggunakan Rubber Sheet.

      ADETRANSFORM hanya bisa menggunakan 2 titik referensi, sedangkan rubber sheet bisa lebih dari 2 (semakin banyak titik referensi semakin baik).

      Iya betul caranya hampir sama dan kalau diperhatikan di AutoCAD Map, 2 tool ini diletakkan berdekatan (atas dan bawah).

      Disini sama-sama belajar, saya juga masih terus belajar. Terima Kasih atas pertanyaannya…

  • ibnu

    ass. gan cara membuat peta seperti pada gambar petalatihan.dwg

    • Asep Assafah

      Waalaikumsalam. Cara membuat peta seperti petalatihan.dwg dasar-dasarnya sudah ada di ebook saya. Silakan di download dan dipelajari dulu ebooknya.