ASIFAH

Cara Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS Untuk Berbagai Jenis Data

Transformasi Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGISInilah tutorial lengkap cara mengubah koordinat Geografis ke UTM di ArcGIS untuk data SHP, raster atau citra, data AutoCAD (dwg), dan bagaimana merubah koordinat tanpa menghasilkan data baru.

Jika anda berkecimpung di dunia pemetaan dan GIS, pasti tahu bahwa data yang didapatkan dari berbagai sumber terkadang memiliki sistem koordinat yang berbeda-beda. Tidak seragam.

Sementara untuk keperluan pemetaan atau analisis, kita harus menggunakan satu sistem koordinat saja. Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus mengubah sistem koordinat yang belum seragam ke satu sistem koordinat yang kita tentukan.

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan bagaimana mengubah sistem koordinat geografis ke UTM di ArcGIS. Pemilihan dua sistem koordinat ini hanya untuk contoh saja. Nanti setelah memahami cara ini anda bisa mengubah atau melakukan transformasi sistem koordinat apapun menggunakan ArcGIS.

Untuk cara dan tahapannya, silahkan langsung ikuti tutorialnya di bawah ini.

Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS Untuk Data SHP (Feature)

  1. Buka ArcMap.
  1. Buka data SHP yang akan dirubah koordinatnya. Salah satunya bisa dengan cara klik Menu File > Add Data > Add Data.
  1. Pada kotak dialog Add Data, cari data SHP yang akan ditransformasi koordinat geografisnya.
  1. Buka ArcToolbox. Salah satunya bisa dengan cara klik Menu Geoprocessing > ArcToolbox.
  1. Pada jendela ArcToolbox, klik tanda + Data Management Tools > + Projections and Transformations > + Feature. Kemudian double klik Project. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS

  1. Pada kotak dialog Project, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut:

Pada bagian Input Dataset or Feature Class, klik tanda segitiga kecil. Kemudian klik nama layer yang sudah kita buka sebelumnya. Jika tidak ada, berarti data SHP belum dibuka sebelumnya. Solusinya klik tombol Open, cari datanya. Kemudian klik Add.

Pada bagian Input Coordinate System, data sistem koordinat akan otomatis terbaca.

Pada bagian Output Dataset or Feature Class, klik tombol Open. Kemudian tentukan tempat untuk menyimpan data hasil transformasi nanti. Selanjutnya beri nama dan klik tombol Save. Alamat penyimpanan dan nama file bebas.

Pada bagian Output Coordinate System, klik tombol untuk memilih koordinat. Kemudian pada kotak dialog Spatial Reference Properties, klik tanda + Projected Coordinate Systems > + UTM > + WGS 1984 > + Southern Hemisphere > klik WGS 1984 UTM Zone 50S. Kemudian klik OK.

Catatan :  Zone UTM silahkan disesuaikan dengan letak data yang anda miliki. Saya memilih Zone 50S karena data yang akan saya transformasi terletak di Kalimantan Selatan dan zone UTM nya masuk dalam 50S.

Hasil pengaturan yang saya lakukan tampak seperti gambar di bawah ini.

Transformasi Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS

  1. Kalau sudah dilakukan pengaturan seperti gambar di atas, selanjutnya bisa klik OK. Biarkan proses transformasi berjalan sampai muncul tanda berhasil di kanan bawah seperti gambar berikut.

tanda transformasi koordinat di arcgis berhasil

  1. Data hasil transformasi secara pengaturan bawaannya akan terbuka di ArcMap. Anda bisa cek sistem koordinat yang melekat pada data tersebut dengan cara klik kanan nama layernya, pilih Properties. Kemudian klik tab Source.

Mengubah Koordinat Geografis ke UTM Di ArcGIS Untuk Data Raster (Citra)

  1. Buka ArcMap.
  1. Buka data raster atau citra yang akan dirubah koordinatnya. Caranya sama dengan langkah Nomor 2 di atas, yaitu bisa klik Menu File > Add Data > Add Data.
  1. Pada kotak dialog Add Data, cari data raster yang akan ditransformasi koordinat geografisnya. Kalau sudah ketemu, bisa klik tombol Add.
  1. Buka ArcToolbox. Caranya sama dengan langkah Nomor 4 di atas, yaitu bisa dengan cara klik Menu Geoprocessing > ArcToolbox.
  1. Pada jendela ArcToolbox, klik tanda + Data Management Tools > + Projections and Transformations > + Raster. Kemudian double klik Project Raster. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Mengubah Koordinat Geografis ke UTM Di ArcGIS Untuk Citra

  1. Pada kotak dialog Project Raster, lakukan beberapa pengaturan seperti langkah Nomor 6 Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS Untuk Data SHP di atas. Untuk gambaran, hasil pengaturan yang saya lakukan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Transformasi Koordinat Citra Di ArcGIS

Untuk bagian Geographic Transformation, Resampling Technique, Output Cell Size, dan Registration Point tidak perlu dirubah. Biarkan sesuai pengaturan bawaannya.

  1. Kalau sudah dilakukan pengaturan seperti gambar di atas, selanjutnya bisa klik OK. Biarkan proses transformasi berjalan sampai muncul tanda berhasil di kanan bawah seperti gambar berikut.

tanda transformasi koordinat citra berhasil

Catatan : Lamanya proses transformasi tergantung besar kecilnya data. Jika data rasternya besar, maka proses tranformasi yang berjalan akan memakan waktu yang lebih lama. Jadi jangan ditutup ArcMap sampai ada pesan berhasil atau gagal proses transformasinya.

  1. Data Raster hasil transformasi akan terbuka di ArcMap. Anda bisa cek sistem koordinat yang melekat pada data citra tersebut dengan cara yang sama pada langkah Nomor 8 Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS Untuk Data SHP di atas.

Merubah Koordinat Geografis ke UTM Di ArcGIS Untuk Data AutoCAD (DWG)

  1. Buka ArcMap. Kemudian buka ArcToolbox. Caranya bisa dengan cara klik Menu Geoprocessing > ArcToolbox.
  1. Pada jendela ArcToolbox, klik tanda + Data Management Tools > + Projections and Transformations. Kemudian double klik Define Projection. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Mengubah Koordinat Geografis ke UTM Di ArcGIS Untuk Autocad

  1. Pada kotak dialog Define Projection, lakukan pengaturan sebagai berikut.

Pada bagian Input Dataset or Feature Class, klik tombol Open. Kemudian cari file AutoCAD (dwg) yang akan ditentukan sistem koordinatnya. Kalau sudah ketemu, klik tombol Add.

Pada bagian Coordinate System, klik tombol untuk memilih sistem koordinat. Kemudian pada kotak dialog Spatial Reference Properties, klik tanda + Geographic Coordinate Systems > + World > klik WGS 1984. Kemudian klik OK.

Catatan : Pastikan posisi atau nilai koordinat gambar AutoCAD berada dalam sistem Koordinat Geografis (LL84). Proses pendefinisian proyeksi akan gagal jika nilai koordinat gambar AutoCAD adalah UTM atau tidak jelas, sementara pada proses ini didefinisikan WGS 1984.

  1. Kalau sudah dilakukan pengaturan, bisa klik tombol OK. Biarkan proses berjalan sampai muncul tanda berhasil di kanan bawah seperti proses-proses yang kita lakukan sebelumnya.
  1. Kemudian buka data AutoCAD (DWG) yang sudah kita definisikan proyeksinya dengan cara yang sama seperti langkah Nomor 2 dan 3 dari Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS Untuk Data SHP di atas.

Catatan : Kalau muncul kotak dialog Unknown Spatial Reference, berarti data AutoCAD yang kita buka tidak memiliki sistem koordinat. Jadi silahkan ulangi langkah ke-2 sampai ke-4. Jika proses pendefinisian proyeksi sudah berhasil, seharusnya tidak muncul kotak dialog ini.

  1. Pada jendela ArcToolbox, klik tanda + Data Management Tools > + Projections and Transformations > + Feature. Kemudian double klik Project. Tool Project yang akan kita gunakan sama seperti tutorial yang transformasi data shp di atas.
  1. Pada kotak dialog Project, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut:

Pada bagian Input Dataset or Feature Class, klik tanda segitiga kecil. Kemudian klik tanda + pada nama layer yang sudah kita buka sebelumnya. Untuk 1 data AutoCAD ada berbagai jenis data yang terdapat dalam 1 group. Pilih 1 jenis data sesuai isi data gambarnya. Sebagai contoh, isi gambar AutoCAD saya berupa data titik titik (Points). Maka yang saya pilih untuk ditransformasi adalah jenis data Point. Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Mengubah Koordinat Geografis Untuk Data AutoCAD

Pada bagian Output Dataset or Feature Class, klik tombol Open. Kemudian tentukan tempat untuk menyimpan data hasil transformasi nanti. Selanjutnya beri nama dan klik tombol Save. Alamat penyimpanan dan nama file bebas.

Pada bagian Output Coordinate System, klik tombol untuk memilih koordinat. Kemudian pada kotak dialog Spatial Reference Properties, klik tanda + Projected Coordinate Systems > + UTM > + WGS 1984 > + Southern Hemisphere > klik WGS 1984 UTM Zone 50S. Kemudian klik OK.

Catatan :  Zone UTM silahkan disesuaikan dengan letak data yang anda miliki.

Hasil pengaturan yang saya lakukan tampilannya seperti gambar di bawah ini.

transformasi koordinat Autocad di arcgis

  1. Kalau sudah dilakukan pengaturan seperti gambar di atas, selanjutnya bisa klik OK. Biarkan proses transformasi berjalan sampai muncul tanda berhasil di kanan bawah seperti proses transformasi-transformasi sebelumnya.
  1. Data hasil transformasi secara pengaturan bawaannya akan terbuka di ArcMap. Anda bisa cek sistem koordinat yang melekat pada data tersebut dengan cara yang sama pada tutorial bagian atas, yaitu klik kanan nama layernya, pilih Properties. Kemudian klik tab Source.

Catatan : Data hasil transformasi yang langsung terbuka di ArcMap, jika dilihat nilai koordinatnya di kanan bawah masih dalam koordinat geografis. Hal ini disebabkan karena sistem koordinat frame atau layar penggambaran ArcMap, jika tidak diatur dia mengikuti sistem koordinat data yang pertama dibuka. Untuk lebih memahami mengenai koordinat frame, silahkan ikuti bagian selanjutnya dari tutorial ini.

Cara Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS Tanpa Menghasilkan Data Baru

  1. Buka ArcMap. Kemudian pada bagian Table Of Contents klik kanan Layers, pilih Properties. Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

cara pengaturan frame arcgis

  1. Pada kotak dialog Data Frame Properties, klik tab Coordinate System. Kemudian klik tanda + Projected Coordinate Systems > + UTM > + WGS 1984 > + Southern Hemisphere > klik WGS 1984 UTM Zone 50S. Kemudian klik OK.

Catatan :  Data yang akan saya Add ke ArcMap terletak di UTM Zone 50S. Untuk itu Zone UTM silahkan disesuaikan dengan letak data yang anda miliki.

  1. Buka data yang akan dirubah tampilan koordinatnya. Bisa data shp, data raster, data AutoCAD (dwg), dll. Caranya sama dengan yang di atas, bisa dengan cara klik Menu File > Add Data > Add Data.
  1. Pada kotak dialog Add Data, cari data yang akan dibuka. Kalau sudah ketemu, bisa klik tombol Add.
  1. Semua data yang sudah di Add, meski memiliki sistem koordinat apapun maka akan dirubah tampilan sistem koordinatnya ke sistem koordinat frame yang sudah kita tentukan di langkah Nomor 2.

Untuk mengecek sistem koordinat sumber data, bisa klik kanan nama layernya, pilih Properties. Kemudian klik tab Source. Untuk gambaran data yang saya buka seperti gambar di bawah ini.

perbandingan koordinat sumber data dengan frame

Bisa dilihat pada gambar di atas, sistem koordinat sumber data masih GCS_WGS_1984 (Koordinat Geografis). Sedangkan menurut informasi koordinat di kanan bawah, data ini dari angka koordinatnya dan jumlah digit angkanya kita bisa tahu kalau data ini ditampilkan dalam sistem koordinat UTM WGS 1984.

Jadi sistem koordinat sumber data tidak dirubah. Perubahan atau transformasi koordinat hanya pada frame yang aktif ini. Oleh karena itu, jika nanti anda membuka data ini dalam frame yang berbeda dan tidak ditentukan sistem koordinat frame-nya, maka dia akan tampil tetap dalam sistem koordinat geografis-nya.

Kesimpulannya, mengubah sistem koordinat dengan cara ini tidak merubah sistem koordinat sumber data dan juga tidak menghasilkan data baru seperti tiga cara yang saya tunjukkan pada bagian atas.

Untuk menambah referensi mengenai transformasi, silahkan pelajari juga Cara Transformasi Koordinat Menggunakan AutoCAD Map dan Cara Transformasi Koordinat Geografis Ke UTM Dengan AutoCAD Map.

Demikian panduan cara mengubah koordinat geografis ke UTM di ArcGIS yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga tutorialnya bisa diikuti dan semoga bermanfaat. Sampai berjumpa lagi di tutorial-tutorial saya yang lain. Terima Kasih.