ASIFAH

Cara Menghilangkan Gambar Hasil Scan Setelah Selesai Melakukan Digitasi

Inilah cara sederhana untuk menghilangkan gambar hasil scan setelah selesai melakukan digitasi di Autocad Map. Sebelumnya saya monon maap kepada Bapak yang telah mengirimkan pertanyannya pada tanggal 11 Mei 2010, sementara saya baru meresponnya pada hari ini tanggal 17 mei 2010.

Yang saya tahu ada dua cara untuk menghilangkan gambar hasil scan setelah kita selesai melakukan digitasi di AutoCad Map.

Yang pertama, kita bisa langsung menghapus gambar tersebut. Caranya, klik gambar hasil scan pada bagian paling pinggir. Jika diklik tidak pas pada garis bagian pinggirnya gambar hasil scan tidak akan ter select (terpilih).

Setelah itu tekan saja tombol delete pada keyboard. Cara ini sebaiknya dilakukan apabila pekerjaan digitasi telah selesai semua dan gambar hasil scan tidak diperlukan lagi.

Yang kedua, pisahkan gambar hasil scan pada layer yang berbeda. Misalnya buat sebuah layer dengan nama Image.

Caranya:

Untuk membuat layer baru klik Format > Layer > New > Ketikkan nama layer > pilih warna dan jenis garis > Klik command OK

Select gambar hasil scan > Aktifkan layer Image dengan cara mengkliknya, ilustrasi lihat gambar dibawah.

Jika ingin menghilangkan gambarnya kita tinggal mematikan layer Image (dengan cara mengklik gambar lampu) dan jika suatu saat ingin melanjutkan proses digitasi kita tinggal menghidupkan layer image tersebut. Untuk ilustrasi lihat gambar dibawah ini, layer image dalam keadaan mati ditandai dengan gambar lampu yang mati:

Sebagai bahan referensi silahkan baca juga tutorial saya yang lain dengan judul Tahapan Digitasi On Screen. Di artikel tersebut saya menguraikan lebih detil cara melakukan digitasi yang disertai proses Rubber Sheet. Cara ini sangat bermanfaat apabila kita mendigit Peta dengan ukuran yang sangat besar dan jumlah objek yang sangat banyak.

Demikian, semoga tutorial ini bermanfaat.