ASIFAH

Cara Memasukkan Dan Menggunakan Symbol Di AutoCAD Map (Scale Bar, Arah Utara, Titik Penting, Dll)

Tutorial ini menjelaskan Cara Memasukkan Dan Menggunakan Symbol Di AutoCAD Map (Scale Bar, Arah Utara, Titik Penting, Dll) yang disajikan dalam bentuk artikel dan video.

AutoCAD Map menyediakan beberapa sample symbol yang bisa langsung kita gunakan. Bahkan kalau memang dibutuhkan symbol tersebut bisa dimodifikasi menjadi bentuk symbol yang kita inginkan.

Tetapi kalaupun memang ingin membuat symbol sendiri dari nol, itu bisa juga dilakukan. Kita tinggal menggambar bentuk symbol yang diinginkan, kemudian jadikan gambar tersebut sebagai block. Lebih detail mengenai hal ini, mungkin akan kita bahas di artikel yang lain.

Di artikel ini saya akan fokus menunjukkan cara menggunakan symbol yang sudah jadi. Adapun untuk lebih detail mengenai tahapannya, silahkan ikuti panduan di bawah ini.

Cara Memasukkan Dan Menggunakan Symbol Pada AutoCAD Drawing (File DWG)

  1. Klik menu Tools > Palettes > DesignCenter.
  1. Pada kotak dialog DesignCenter, klik tab Folders dan cari folder C:\Program Files\AutoCAD Map 3D 2010\Sample\Symbols. Untuk direktori AutoCAD Map 3D 2010 bisa disesuaikan dengan nama versi AutoCAD Map yang anda gunakan.
  1. Jika ingin memasukkan symbol scale bar, bisa di klik tanda + Symbols > + Map – Metric Scale Bars.dwg > Blocks > klik salah satu symbol scale bar yang mau digunakan > klik kanan > Insert Block > klik OK > klik di layar penggambaran.
  1. Jika ingin memasukkan symbol arah utara, bisa di klik tanda + Symbols > + Map – North Arrows.dwg > Blocks > klik salah satu symbol arah utara yang mau digunakan > klik kanan > Insert Block > klik OK > klik di layar penggambaran.
  1. Jika ingin memasukkan symbol titik penting (point of interest), bisa di klik tanda + Symbols > + Map – Points of Interest.dwg > Blocks > klik salah satu symbol point of interest yang mau digunakan > klik kanan > Insert Block > klik OK > klik di layar penggambaran. Supaya lebih jelas, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara Memasukkan Symbol Di AutoCAD Map

  1. Untuk symbol-symbol yang lain kalau mau digunakan caranya sama dengan yang di atas dan kalau symbol-symbolnya mau dirubah ukurannya bisa menggunakan perintah SCALE. Untuk menambah referensi penggunaan scale, silahkan lihat video tutorial saya yang Cara Memperbesar Peta.

Cara Memasukkan Symbol Pada Data GIS (SHP/SDF)

  1. Buka data SHP atau SDF nya. Kalau belum tahu caranya, silahkan lihat video tutorial saya yang Cara Membuka Data SHP Di AutoCAD Map.
  1. Klik kanan nama layer pada Display Manager Task Pane. Kemudian pilih Edit Style.
  1. Pada Style Editor yang terbuka, klik tombol titik-titik pada kolom Style.
  1. Pada kotak dialog Style Point, klik tombol titik-titik pada label Symbol.
  1. Pada kotak dialog Select a Symbol, klik tombol titik-titik pada label Symbol Library.
  1. Pilih file DWG yang mengandung symbol yang akan kita gunakan. Misalnya saya pilih Map – Point of Interest.dwg. Kemudian klik Open. Supaya lebih jelas, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan Symbol Di AutoCAD Map

Jika tidak langsung terbuka direktori file-file dwg yang mengandung symbol, maka biasanya file-file tersebut ada di alamat direktori seperti ini C:\Program Files\AutoCAD Map 3D 2010\Sample\Symbols. Untuk direktori AutoCAD Map 3D 2010 bisa disesuaikan dengan nama versi AutoCAD Map yang anda gunakan.

  1. Pilih salah satu symbol dengan cara klik. Kemudian klik OK.
  1. Pada kotak dialog Style Point, silahkan pilih ukuran dan warna dari symbol yang akan digunakan. Kalau sudah tinggal klik OK.
  1. Tutup Style Editor.

Demikian tutorial mengenai penggunaan symbol yang bisa saya bagikan kali ini. Silahkan dicoba dan kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan melalui bagian komentar di bawah. Terima kasih dan semoga panduannya bermanfaat untuk anda.