ASIFAH

Cara Menggambar Bidang Menggunakan Data Koordinat

Cara menggambar bidang menggunakan data koordinat di AutoCAD bisa dilakukan dengan banyak cara. Dalam tutorial ini saya akan menunjukan dua cara yang bisa kita gunakan. Cara yang pertama adalah dengan langsung plotting titik koordinat di AutoCAD. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel terlebih dahulu.

Kedua cara yang akan dijelaskan dalam tutorial ini fungsinya sama, yaitu untuk menggambar bidang dengan titik koordinat. Akan tetapi cara yang pertama lebih efektif digunakan apabila data titik koordinatnya sedikit. Sedangkan cara yang kedua lebih efektif digunakan apabila data titik koordinatnya banyak (puluhan titik, ratusan, atau mungkin ribuan).

Data koordinat bisa kita dapatkan dari berbagai sumber. Misalnya hasil dari pengukuran GPS atau hasil dari hitungan poligon. Untuk menggambarkannya silahkan ikuti tutorial dibawah ini. (Silahkan pelajari juga: Cara Transfer Koordinat Dari GPS ke AutoCAD)

Cara Menggambar Bidang Menggunakan Data Koordinat Sedikit

Pada tabel dibawah ini terdapat 5 titik koordinat yang akan kita jadikan sebagai contoh dalam mempraktekkan tutorial AutoCAD ini.

Tabel Koordinat

Langkah-langkah untuk menggambar bidang dari 5 titik koordinat diatas:

1. Pada command prompt ketikkan line kemudian tekan enter. ( line > enter )

2. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify first point: ketikkan koordinat titik ke 1, 255467,1500971, kemudian tekan enter. (255467,1500971 > enter)

3. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify next point or [Undo]: ketikkan koordinat titik ke 2, 255654,1500905, kemduian tekan enter. (255654,1500905 > enter )

4. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify next point or [Undo]: ketikkan koordinat titik ke 3, 255687,1500811, kemudian tekan enter. (255687,1500811 > enter )

5. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify next point or [Close/Undo]: ketikkan koordinat titik ke 4, 255287,1500811, kemudian tekan enter. (255287,1500811 > enter)

6. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify next point or [Close/Undo]: ketikkan koordinat titik ke 5, 255319,1500930, kemudian tekan enter. (255319,1500930 > enter )

7. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify next point or [Close/Undo]: Jika titik koordinat lebih dari 5 titik silahkan dimasukkan, tetapi kalau sudah tidak ada lagi titik koordinat yang akan dimasukkan, silahkan ketikkan close. Kemudian tekan enter. ( close > enter )

8. Apabila hasil penggambaran tidak terlihat ditengah layar AutoCAD, maka pada command prompt ketikkan z, kemudian enter, ketikkan e, kemudian enter. ( z > enter > e > enter )

Tips Cara Menggambar Bidang Menggunakan Data Koordinat Banyak

Apabila kita memiliki data koordinat yang jumlahnya banyak, maka menggunakan cara diatas akan sangat melelahkan dan tidak efektif. Bayangkan kalau kita harus memasukkan puluhan atau ratusan titik koordinat, benar-benar akan tidak hemat waktu dan tenaga.

Agar lebih cepat dalam menggambar bidang yang jumlah titik koordinatnya banyak, kita akan menggunakan bantuan Microsoft Excel. Data titik koordinat yang ada, akan kita olah dulu sedikit menggunakan fungsi yang ada dalam MS. Excel.

Langkah-langkah Plotting Data Koordinat Dari MS. Excel Ke AutoCAD

1. Masukkan data titik koordinat yang kita miliki kedalam MS. Excel. Kalau kita mempunyai data titik koordinat dalam tabel Microsoft Word (seperti contoh diatas), maka tinggal copy saja tabelnya, kemudian paste didalam MS. Excel. Dibawah ini adalah gambar hasil copy-paste tabel data koordinat dari MS. Word.

5 Titik Koordinat

2. Pada cell E3 ketikkan line

3. Pada cell E4 gunakan fungsi =C4&”,”&D4

4. Blok cell E4 kemudian drag sampai dengan E8

5. Pada cell E9 ketikkan close

6. Hasil langkah-langkah diatas bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Hasil Hitung Koordinat

7. Blok cell E3 sampai dengan E9, kemudian klik kanan, pilih copy

Hasil Blok Excel

8. Pada program AutoCAD pastikan kursor aktif di command prompt. Kalau belum, silahkan arahkan kursor kedalam baris command prompt, kemudian klik kiri

9. Tekan Ctrl+V atau klik kanan pada command prompt kemudian pilih paste

10. Apabila hasil penggambaran tidak terlihat ditengah layar AutoCAD, maka pada command prompt ketikkan z, kemudian enter, ketikkan e, kemudian enter. ( z > enter > e > enter )

Apabila langkah-langkah yang anda ikuti sudah benar, maka kedua cara diatas akan sama-sama menghasilkan gambar seperti dibawah ini:

Hasil Plotting Koordinat

AutoCAD adalah software yang powerfull untuk menggambar bidang, area, atau lahan. Oleh karena itu banyak cara yang bisa digunakan selain kedua cara diatas. Akan tetapi dengan dua cara diatas saja anda sudah bisa menggambar menggunakan titik koordinat.

Untuk menambah referensi tentang cara plotting titik koordinat dari Excel ke AutoCAD, silahkan baca juga Cara Menggambar Poligon Dari Excel Ke AutoCAD.

Demikian tutorial cara menggambar bidang menggunakan data koordinat di AutoCAD. Silahkan anda coba praktekkan dan semoga bermanfaat.