ASIFAH

Cara Menggabungkan Garis Di AutoCAD Untuk Berbagai Kondisi

Inilah video dan artikel tutorial lengkap cara menggabungkan garis di AutoCAD untuk berbagai jenis garis dan kondisi. Bisa untuk line, polyline, arc, dan spline. Bisa juga garis yang membentuk area terbuka atau tertutup.

Dalam pembuatan tutorial ini, saya sudah cek menggunakan AutoCAD dari versi 2007 ke atas. Hasilnya tool-tool yang saya gunakan dalam tutorial ini sama saja kemampuannya di semua versi tersebut. Tetapi terkecuali untuk tool JOIN tidak sama. Baca penjelasannya di bagian bawah.

Untuk penjelasan detail tool yang saya gunakan dan bagaimana cara menggunakannya, silahkan langsung pelajari tutorial-tutorial berikut.

Cara Menggabungkan Garis Di AutoCAD Dengan PEDIT Untuk Line Dengan Line

  1. Buka gambar atau siapkan gambar di layar penggambaran AutoCAD yang akan digabungkan garisnya. Untuk contoh saya akan menggabungkan garis-garis di bawah ini.

Cara Menggabungkan Garis Di AutoCAD

  1. Pada command ketikkan perintah PE atau PEDIT kemudian enter. Jika anda menggunakan Workspace Classic, bisa juga klik Menu Modify > Object > Polyline.
  1. Select atau pilih salah satu garis (Line) dengan cara klik sekali.
  1. Kalau di Command muncul permintaan Do you want to turn it into one? Ketik saja Y kemudian enter.
  1. Di Command akan muncul banyak option atau pilihan. Ketik saja JOIN atau J kemudian enter.
  1. Kursor dilayar penggambaran akan berubah menjadi kotak kecil yang siap digunakan untuk memilih objek. Selanjutnya tinggal pilih garis-garis yang akan digabungkan. Bisa dengan cara klik satu-satu atau langsung diblok semuanya. Kalau sudah dipilih semua, tekan enter.
  1. Untuk mengakhiri perintah bisa tekan lagi enter atau tekan tombol escape pada keyboard. Hasil penggabungan garis yang saya lakukan tampak seperti gambar di bawah ini.

Hasil Menggabungkan Garis Di AutoCAD

Cara Menggabungkan Garis Di AutoCAD Dengan PEDIT Untuk Polyline Dengan Polyline, Line Atau Arc

  1. Tentukan objek gambar yang akan digabungkan garisnya. Untuk contoh saya akan menggabungkan garis polyline, arc, dan line seperti gambar di bawah ini.

Cara Menggabungkan Garis Di AutoCAD Dengan PEDIT

  1. Pada command ketikkan perintah PE atau PEDIT kemudian enter. Jika anda menggunakan Workspace Classic, bisa juga klik Menu Modify > Object > Polyline.
  1. Select atau pilih garis polyline dengan cara klik sekali.

Catatan : Jika anda memilih garis Line, maka di command akan muncul permintaan seperti langkah ke-4 Cara Menggabungkan Garis Di AutoCAD Dengan PEDIT Untuk Line Dengan Line di atas. Ini tidak masalah, ketik saja Y kemudian enter.

  1. Di Command bisa mengetikkan JOIN atau J kemudian enter atau bisa juga klik kanan di layar penggambaran, kemudian pilih Join.
  1. Kursor dilayar penggambaran akan berubah menjadi kotak kecil yang siap digunakan untuk memilih objek. Selanjutnya tinggal pilih garis-garis yang akan digabungkan. Bisa dengan cara klik satu-satu atau langsung diblok semuanya. Kalau sudah dipilih semua, tekan enter.
  1. Untuk mengakhiri perintah bisa tekan lagi enter atau tekan tombol escape pada keyboard. Hasil penggabungan garis yang saya lakukan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Hasil Menggabungkan Garis Di AutoCAD Dengan PEDIT

Cara Lain Menggunakan PEDIT Untuk Menggabungkan Berbagai Jenis Garis Di AutoCAD

  1. Tentukan objek gambar yang akan digabungkan garisnya. Untuk contoh saya akan menggabungkan garis spline, polyline, arc, dan line seperti gambar di bawah ini.

Menggabungkan Berbagai Jenis Garis Di AutoCAD

  1. Pada command ketikkan perintah PE atau PEDIT kemudian enter.
  1. Pada command ketikkan M kemudian enter.
  1. Select atau pilih semua objek garis yang akan digabungkan. Kemudian enter.
  1. Pada command akan muncul permintaan Convert Lines, Arcs and Splines to polylines [Yes/No]?. Ketik Y kemudian enter.
  1. Pada command akan muncul permintaan Specify a precision for spline conversion <10>:. Langsung saja enter untuk memilih nilai default 10.

Catatan : Jika objek garis yang akan digabungkan tidak terdapat SPLINE, tidak akan muncul permintaan ini.

  1. Di Command bisa mengetikkan JOIN atau J kemudian enter atau bisa juga klik kanan di layar penggambaran, kemudian pilih Join.
  1. Di command akan muncul permintaa Enter fuzz distance or [Jointype] <0.0000>. Langsung saja enter untuk memilih nilai default 0.
  1. Untuk mengakhiri perintah bisa tekan lagi enter atau tekan tombol escape pada keyboard. Hasil penggabungan garis yang saya lakukan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Hasil Menggabungkan Berbagai Jenis Garis Di AutoCAD

Catatan : Warna garis hasil penggabungan akan mengikuti warna jenis garis polyline sebelum penggabungan.

Cara Menyatukan Garis Di AutoCAD Dengan JOIN

Kemampuan tool JOIN di semua versi AutoCAD tidak sama. Saya sudah cek dan tes menggunakan AutoCAD 2016, 2014, 2010, dan 2007. Jika anda menggunakan AutoCAD 2014 atau pastinya versi yang lebih tinggi, cara menyatukan garis di AutoCAD dengan JOIN adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan objek gambar yang akan disatukan garisnya. Untuk contoh saya akan menyatukan garis polyline, arc, dan line seperti gambar di bawah ini.

Cara Menyatukan Garis Di AutoCAD

  1. Pada command ketikkan perintah JOIN kemudian enter.
  1. Select atau pilih semua objek yang akan disatukan garisnya. Bisa diklik satu-satu atau langsung diblok semuanya. Kemudian tekan enter. Hasil yang saya lakukan tampak seperti gambar di bawah ini.

Hasil Menyatukan Garis Di AutoCAD

Bisa anda lihat penggunaan JOIN untuk menggabungkan garis lebih mudah dan sederhana. Hanya dengan dua langkah inti.

Jika anda menggunakan AutoCAD 2010 atau pastinya versi yang lebih bawah, JOIN hanya bisa digunakan untuk menyambungkan garis yang betul-betul sejajar. Dan jenis garisnya harus line. Jadi polyline, arc, dan spline tidak bisa.

Untuk caranya adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan garis jenis line yang akan disatukan. Bisa dua line atau lebih, yang penting semua garisnya sejajar.
  1. Pada command ketikkan JOIN kemudian enter.
  1. Select atau pilih semua objek line sejajar yang akan digabungkan. Kalau sudah bisa tekan enter.

Cara Menggabungkan Garis Di AutoCAD Dengan REGION Atau Boundary

Cara menggabungkan garis di AutoCAD menggunakan region atau boundary hanya bisa digunakan untuk garis yang membentuk area tertutup. Atau garis yang ujung awalnya bertemu dengan ujung akhir garisnya.

Untuk contoh cara penggunaan REGION adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan objek garis tertutup yang akan digabungkan garisnya. Untuk contoh saya akan menggabungkan objek garis seperti gambar di bawah ini.

menggabungkan garis tertutup di autocad

  1. Pada command ketikkan REGION atau REG kemudian enter.
  1. Select atau pilih semua objek garis tertutup yang akan digabungkan. Kemudian enter. Hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini.

hasil menggabungkan garis tertutup di autocad

Untuk cara penggunaan BOUNDARY adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan objek garis tertutup yang akan digabungkan garisnya.
  1. Pada command ketikkan BOUNDARY atau BO kemudian enter.
  1. Pada kotak dialog Boundary Creation, klik tombol Pick Points.
  1. Klik di tengah garis tertutup yang akan digabungkan garisnya. Kemudian enter.

Catatan : Dengan menggunakan boundary, garis-garis asal tidak dihilangkan. Jadi kalau kita geser garis-garis yang sudah terhubungnya, maka garis-garis asal yang belum terhubung akan terlihat masih ada. Ini salah satu perbedaan boundary dengan region.

Untuk menambah referensi, silahkan pelajari juga tutorial saya yang lain mengenai Cara Membuat Garis Putus Putus Di AutoCAD dan Cara Membuat  Garis Di AutoCAD. Atau jika anda ingin belajar AutoCAD secara bertahap mulai dari dasar sampai mahir menggambar, silahkan baca dan klik infonya di Belajar AutoCAD Dari Nol.

Itulah berbagai tool dan cara menggabungkan garis di AutoCAD yang bisa dilakukan. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan dan versi AutoCAD yang anda gunakan. Demikian yang bisa saya sharingkan kali ini, semoga bermanfaat.