ASIFAH

Cara Menggabungkan Bidang Atau Wilayah (Peta Berformat SHP Dan DWG)

Video ini menjelaskan Cara Menggabungkan Bidang Atau Wilayah Sebuah Peta menggunakan AutoCAD Map. Format file peta yang dijadikan contoh terdiri dari dua jenis, yaitu peta format SHP dan DWG.

Meskipun sama-sama menggunakan AutoCAD Map, tetapi cara menggabungkan untuk kedua jenis file tersebut berbeda. Tetapi tenang saja, keduanya sama-sama mudah. Apalagi untuk peta berformat DWG caranya lebih mudah lagi.

Lalu seperti apa caranya? Silakan langsung ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Menggabungkan Bidang Untuk Peta Berformat DWG (AutoCAD Drawing)

  1. Buka peta yang akan digabungkan bidang atau wilayahnya. Klik menu File > Open. Sebagai contoh, di bawah ini adalah peta yang saya gunakan dalam pembuatan tutorial ini.

Cara Menggabungkan Bidang Atau Wilayah

  1. Misalnya saya akan menggabungkan bidang nomor 467 dan 561. Maka tinggal kita hapus garis diantara kedua persil tersebut. Caranya klik garisnya, kemudian tekan tombol delete pada keyboard.

Kalau garis diantara kedua persil tersebut menjadi satu kesatuan dengan garis yang lainnya, maka untuk menghapusnya gunakan perintah TRIM. Caranya ketik TRIM pada command prompt. Kemudian enter dua kali, klik garis yang akan dipotong. Terakhir tekan lagi enter.

Cara Menggabungkan Bidang Untuk Peta Berformat SHP (Shapefile)

  1. Buka data SHP yang akan digabungkan wilayahnya. Caranya lihat di video atau lihat di artikel tutorial yang ini Cara Membuka Data SHP.
  1. Pada layar penggambaran, klik bidang-bidang berhimpitan yang akan digabungkan. Bisa 2 bidang atau lebih.
  1. Pada command prompt ketikkan perintah MAPFEATUREMERGE kemudian enter.
  1. Pada command prompt muncul pilihan, ketikkan saja SELECT kemudian enter.
  1. Sekarang kursor di layar penggambaran berubah menjadi kotak kecil yang siap digunakan untuk memilih objek. Selanjutnya tinggal klik salah satu persil yang akan digabungkan.

Tahap ini gunanya untuk memilih data tekstual yang mana yang akan digunakan diantara persil-persil yang digabungkan tersebut. Jadi yang tidak dipilih, baris data tekstualnya pada Data Table akan dihapus.

  1. Jika berhasil, bidang yang digabungkan akan menjadi satu dan pada tabel data tekstualnya akan ada baris data yang dihapus. Untuk baris data yang digunakan (Yang terpilih), silakan edit data-datanya sesuai keperluan. Kalau sudah, klik kanan layer pada Tab Display Manager Task Pane > Check In Features.

Tutoril diatas adalah untuk menggabungkan bidang, sementara kalau anda ingin melakukan sebaliknya, yaitu memisahkan bidang atau wilayah, silakan pelajari tutorial saya yang Cara Memisahkan Peta.

Demikian materi mengenai penggabungan bidang ini. Silakan dicoba untuk dipraktekkan dan kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan bertanya melalui bagian komentar di bawah. Terima kasih dan semoga artikel beserta videonya bermanfaat.