ASIFAH

Cara Menggabungkan AutoCAD Drawing Dengan Data GIS Tanpa Konversi

Video ini menunjukkan Cara Menggabungkan AutoCAD Drawing Dengan Data GIS Tanpa Konversi. Data GIS yang digunakan bisa dalam format SDF atau SHP.

AutoCAD Map memiliki kemampuan untuk membuka data DWG dan juga Data GIS, sehingga kita bisa membuat peta tematik atau melakukan analisa dari kedua jenis data ini tanpa perlu melakukan konversi.

Lalu seperti apa caranya?

Silakan langsung ikuti tahapannya di bawah ini.

Tahapan Menggabungkan CAD Drawing Dengan Data GIS

  1. Buka file AutoCAD. Klik menu File > Open > pilih file DWG > Open.
  1. Klik tab Display Manager pada Task Pane. Kemudian klik Data > Connect to Data.
  1. Pada bagian Data Connections by Provider, klik Add SDF Connection. Kemudian klik tombol berkas untuk mencari file.
  1. Cari dan pilih file SDF yang akan digabungkan. Kemudian klik Open.
  1. Klik Connect. Kemudian klik Add to Map.
  1. Masih pada tab Display Manager Task Pane. Klik lagi Data > Add Drawing Data > Drawing Layer.
  1. Pada kotak dialog Select Layers, ceklis layer yang akan dimasukkan ke Display Manager. Sebagai contoh saya menceklis layer Jalan. Kemudian klik OK.
  1. Layer CAD Drawing dan layer GIS sekarang sudah berada di Display Manager. Keduanya bisa digeser keatas atau kebawah untuk menentukan urutan tampilannya di layar penggambaran.

Gambar CAD juga bisa digabungkan dengan raster image dan Data DEM. Untuk raster image, tutorialnya bisa dilihat di Cara Membuka Raster Image dan untuk DEM bisa dilihat di Cara Membuka Data DEM.

Demikian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jika mengalami kesulitan mencoba tutorial ini, silakan tanyakan di bagian komentar. Untuk anda yang ingin lebih serius menguasai AutoCAD Map, langsung daftar disini.