ASIFAH

Cara Menggabungkan 2 Shapefile (Data File SHP) Dengan AutoCAD Map

Artikel tutorial yang dilengkapi Video Cara Menggabungkan 2 Shapefile (Data File SHP) Dengan AutoCAD Map. Penggabungan termasuk data spasial dan data tekstualnya.

Contoh kasusnya seperti ini. Ada beberapa file SHP yang masing-masing menggambarkan suatu desa atau kabupaten. Kita ingin file SHP itu hanya menjadi satu file yang menggambarkan gabungan dari desa-desa tersebut atau kabupaten-kabupaten tersebut.

Tujuannya misalnya kita akan membuat satu file SHP kecamatan dari banyak file SHP desa. Atau akan membuat satu file SHP provinsi dari beberapa file SHP kabupaten. Atau untuk keperluan apapun yang memerlukan penggabungan.

Kalau format petanya AutoCAD Drawing (DWG), penggabungan seperti ini mungkin sudah biasa anda lakukan dengan menggunakan AutoCAD atau AutoCAD Map. Atau bagi anda pengguna ArcGIS, tentunya penggabungan file SHP ini juga sudah biasa anda lakukan.

Nah sekarang bisa tidak penggabungan data shp ini menggunakan AutoCAD Map?

Mari kita tambah referensi dengan mengikuti panduan di bawah ini.

Cara Menggabungkan 2 Shapefile

  1. Buka Program AutoCAD Map nya. Kemudian buka file-file SHP yang akan digabungkan. Kalau anda belum bisa, silahkan lihat video di atas atau bisa juga pelajari tutorial saya yang Cara Membuka File SHP.
  1. Klik tab Map Explorer pada Task Pane. Kemudian klik Tools > Bulk Copy.
  1. Pada kotak dialog Bulk Copy, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Pada bagian Source pilih sumber data yang akan dicopy atau digabungkan ke file SHP yang satunya (Pilih yang dibagian bawah Feature Sources). Misalnya saya pilih SHP_1

Kemudian pada bagian Target, pilih file yang akan menjadi hasil penggabungannya. Misalnya saya pilih SHP_2

Pada bagian Select item to copy, ceklis semua field karena kita akan menggabungkan semua data.

Pada bagian Click on an item to select, pastikan yang terpilih adalah nama file yang akan menjadi hasil penggabungannya. Sebagai gambaran hasil pengaturan yang saya lakukan akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Cara Menggabungkan 2 Shapefile

  1. Kalau sudah diatur seperti gambar di atas, langkah selanjutnya adalah klik Copy Now. Kalau muncul kotak dialog untuk memastikan apakah proses akan dilanjutkan atau tidak, maka klik Continue Bulk Copy.
  1. Tunggu sampai prosesnya selesai dan muncul kotak dialog yang akan menginformasikan Data copy complete. Kemudian klik OK. Dan Close kotak dialog Bulk Copy.
  1. Untuk melihat hasilnya, silahkan coba buka layar penggambaran baru di AutoCAD Map. Kemudian buka file SHP hasil penggabungan tadi.

Untuk menambah referensi, silahkan pelajari juga tutorial Cara Menggabungkan Bidang Atau Wilayah (Peta Berformat SHP Dan DWG) dan Cara Menggabungkan Peta Yang Posisinya Bersebelahan (Matching Map Edges).

Demikian panduan untuk menggabungkan shapfile dengan AutoCAD Map. Silahkan dicoba tutorialnya. Kalau artikelnya kurang jelas, silahkan pelajari videonya. Kalau masih kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, langsung isi saja bagian komentar di bawah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.