ASIFAH

Cara Mencari & Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map Android, Komputer & iPhone

Hasil Pencarian Koordinat Dengan Google MapSiapa yang tidak kenal Google Map. Aplikasi kepunyaan Google ini sudah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dan manfaatnya tidak diragukan lagi. Salah satu fitur yang bermanfaat bagi banyak orang adalah informasi titik koordinat.

Bagi anda yang belum tahu cara mendapatkan informasi titik koordinat dari Google Map, sengaja saya buatkan tutorial ini yang isinya akan menjelaskan tahapan Cara Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map Komputer, Cara Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map Android  iPhone iPad, Cara Merubah Titik Koordinat Dari Google Map, dan Cara Mencari Tempat Dengan Memasukkan Tititk Koordinat Di Google Map.

Silahkan langsung ikuti masing-masing tutorialnya di bawah ini.

Cara Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map Komputer Desktop

  1. Buka browser komputer desktop anda. Ketikkan alamat web Google Map www.google.co.id/maps kemudian enter. Atau klik link berikut https://www.google.co.id/maps/.
  1. Cari lokasi atau objek yang ingin anda ketahui titik koordinatnya. Kalau anda sudah tahu letak lokasi tersebut, bisa langsung menuju lokasi dengan cara men-zoom lokasinya. Kalau belum tahu, anda bisa mengetikkan pada bagian pencarian nama objek atau lokasinya. Untuk contoh saya mengetikkan Lapangan Murjani Banjarbaru kemudian menekan enter.

cara mencari titik koordinat di google map

  1. Kalau lokasinya tersedia, Google Map akan memperbesar bagian peta dan menunjukkan lokasi yang dicari dengan tanda pin atau symbol balon kecil berwarna merah.
  1. Klik kanan ujung tanda merah tersebut, kemudian klik What’s here? Atau Ada Apa di Sini? Jika bahasa di Google Map anda sudah Bahasa Indonesia.

Cara Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map

Catatan: selain yang ditandai merah, anda juga bisa melakukan klik kanan dibagian manapun pada peta. Jadi anda juga bisa mengetahui titik koordinat dibagian manapun pada peta Google Map.

  1. Di bagian bawah akan muncul kartu yang memuat informasi titik koordinat dalam sistem koordinat lintang bujur atau latitude longitude. Untuk lebih jelas lihat yang saya beri kotak tanda merah pada gambar di bawah ini.

Hasil Titik Koordinat Di Google Maps

Titik koordinat yang muncul bisa anda blok menggunakan mouse, klik kanan pilih copy. Kemudian bisa di paste di Notepada atau Microsoft Word atau aplikasi lain yang anda punya selama aplikasinya masih bisa melakukan paste.

  1. Jika mau, anda juga bisa mengklik titik koordinat tersebut untuk merubah format penulisan koordinatnya menjadi derajat menit detik. Jika diklik, koordinatnya akan muncul disebelah kiri.

Titik Koordinat Google Map Dalam Derajat Menit Detik

Titik koordinat ini juga bisa diblok menggunakan mouse, lakukan klik kanan pilih copy. Kemudian paste dulu di Notepad untuk menghilangkan format teks yang melekat.

Cara Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map Android

  1. Buka aplikasi Google Map pada ponsel Android anda.
  1. Cari lokasi atau titik yang ingin anda ketahui koordinatnya. Bisa mengetikkan nama lokasi pada kotak pencarian atau bisa juga posisi lokasi anda yang ditandai dengan warna biru jika anda mengaktifkan GPS atau pengaksesan lokasi. Jadi intinya semua bagian pada peta bisa diketahui koordinatnya.
  1. Tekan atau tap lama titik pada peta yang ingin diketahui koordinatnya. Tanda atau pin merah dengan titik hitam akan muncul dan titik koordinat akan muncul di kotak pencarian. Agar lebih jelas lihat yang saya beri kotak merah pada gambar di bawah ini.

Titik Koordinat Di Google Map Android

Catatan: Saya menggunakan Google Map versi terbaru. Untuk versi lama koordinat tidak akan muncul di kotak pencarian. Pilihannya anda bisa simpan tempat dulu baru bisa lihat koordinatnya atau update versi Google Map anda.

  1. Titik koordinat yang muncul di kotak pencarian bisa anda copy dengan cara tekan atau tap lama titik koordinatnya sampai muncul menu untuk copy. Kemudian bisa anda paste di catatan atau aplikasi lain dengan cara tekan atau tap lama sampai muncul menu Tempel atau Paste.

Cara Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map iPhone Dan iPad

  1. Buka aplikasi Google Map pada ponsel iPhone atau iPad anda.
  1. Cari lokasi yang ingin diketahui koordinatnya. Sama dengan langkah nomor 2 Cara Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map Versi Android.
  1. Tekan atau tap lama titik pada peta yang ingin diketahui koordinatnya. Tanda atau pin merah dengan titik hitam akan muncul dan dibagian bawah akan muncul tulisan Pin Dipasang atau nama lokasinya.

Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map iPhone

  1. Tekan atau tap tulisan Pin Dipasang. Titik koordinat akan muncul di bagian bawah. Agar lebih jelas lihat yang saya beri kotak merah pada gambar di bawah ini.

titik koordinat di google map iphone

Catatan: Saya menggunakan aplikasi Google Map versi terbaru pada iPhone. Jika setelah mengikuti tutorial ini titik koordinat tidak muncul, berarti anda harus mengupdate aplikasi Google Map pada iPhone atau iPad.

Cara Merubah Titik Koordinat Dari Google Map

Koordinat yang didapatkan dari Google Map, sistem koordinatnya adalah lintang bujur atau latitude longitude (LL84). Padahal dalam kondisi tertentu, terkadang kita perlunya adalah koordinat dengan sistem yang lain. Misalnya Sistem Koordinat UTM84.

Untuk itu agar titik koordinat dari Google Map bisa sesuai dengan sistem koordinat yang kita butuhkan, maka harus dilakukan transformasi koordinat terlebih dahulu.

Untuk mentransformasi sistem koordinat bisa menggunakan software-sofware seperti AutoCAD Map, ArcGIS, QGIS, atau software pemetaan yang lain. Tetapi jika anda tidak punya, saya akan menunjukkan cara sederhana melakukan transformasi menggunakan situs gratis.

Lalu apa situsnya dan bagaimana caranya? Silahkan ikuti panduan sebagai berikut.

  1. Buka atau klik situs https://mygeodata.cloud/cs2cs/
  1. Pada bagian Input coordinate system, bawaannya sudah dalam longitude latitude. Jadi tidak perlu dirubah.
  1. Pada bagian Input coordinate pairs, masukkan titik koordinat yang didapat dari Google Map. Untuk contoh saya memasukkan titik koordinat yang saya dapat dari tutorial paling atas, yaitu -3.439744,114.830897
  1. Pada bagian Output coordinate system, klik Choose output coordinate system.
  1. Pada kotak search, ketikkan nama sistem koordinat yang akan kita gunakan. Untuk contoh saya mengetikkan UTM Zone 50S. Kemudian klik sistem koordinatnya dan klik juga tombol Set selected.

transformasi sistem koordinat online

  1. Centang ceklis Switch X <–> Y. Kemudian klik tombol Transform. Hasilnya akan muncul pada bagian Output coordinate pairs.

hasil transformasi koordinat online

Cara Mencari Tempat Dengan Memasukkan Tititk Koordinat Di Google Map

  1. Buka Google Map. Pada bagian ini saya menggunakan komputer desktop.
  1. Masukkan titik koordinat pada kotak pencarian Google Map. Sistem koordinat yang terbaca hanya lintang bujur atau latitude longitude, baik dalam format penulisan desimal atau derajat menit detik.

Untuk contoh saya punya koordinat titik tengah bidang tanah dari AutoCAD dengan format seperti ini  X = 115.9294559  Y = -3.6091756 maka yang dimasukkan Y dulu baru X. Supaya lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Mencari Tempat Dengan Koordinat Di Google Map

Catatan: jika sistem koordinat yang akan dicari posisinya di Google Map belum dalam lintang bujur (LL84), maka harus dirubah atau ditransformasi dulu menggunakan software transformasi atau menggunakan situs gratis yang saya contohkan di atas.

  1. Setelah di enter kalau penulisan koordinatnya sudah betul, Google Map akan memperbesar bagian peta dan menunjukkan lokasi yang dicari dengan tanda pin atau symbol balon kecil berwarna merah seperti gambar berikut.

Hasil Pencarian Koordinat Dengan Google Map

Demikian tutorial mengenai Cara Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map yang bisa saya sajikan. Untuk menambah referensi, silahkan pelajari juga tutorial saya mengenai Google Earth di Cara Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth dan Cara Export Google Earth Ke AutoCAD. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di tutorial-tutorial saya yang lain.