ASIFAH

4 Cara Menghitung Luas Bidang Dalam 4 Kondisi Yang Berbeda Di AutoCAD

Inilah 4 cara menghitung luas bidang dalam 4 kondisi yang berbeda di AutoCAD, yaitu menghitung luas persil yang di enclave; menghitung luas yang wilayahnya terpisah sungai, lautan, atau danau; menghitung luas yang ujungnya hanya ditandai titik (bidang tanpa garis); dan menghitung luas bidang tertutup yang dibuat menggunakan polygon atau polyline ataupun circle.

Selain itu saya juga akan menunjukan tips sederhana untuk mengetahui luas bidang dengan cepat.

Untuk mengukur, menghitung atau cara mengetahui luas bidang di AutoCAD bisa dilakukan dengan menggunakan tools “area” atau menggunakan informasi dari “properties”. Tools area ini sudah tersedia di semua versi AutoCAD, baik menggunakan AutoCAD biasa ataupun AutoCAD Map anda tetap bisa menggunakan tools area.

Untuk mengakses tools area, anda bisa menggunakan Command prompt dengan mengetikkan perintah area, atau bisa juga melalui menu tools, kemudian pilih Inquiry, kemudian pilih Area. Sedangkan untuk menampilkan properties, anda bisa menggunakan Command prompt dengan mengetikkan perintah ch, atau bisa juga melalui menu Modify, kemudian pilih Properties.

Sekarang mari kita praktekkan penggunaan area untuk menghitung luas dalam 4 kondisi yang berbeda…

Cara Menghitung Luas Bidang Yang Ujung-Ujungnya Hanya Ditandai Titik

1. Pada Command prompt ketikkan area kemudian tekan enter.

2. Agar kita bisa secara akurat mengklik titik yang diinginkan, maka pastikan mode snap aktif. Ikuti langkah berikut untuk mengaktifkannya: arahkan kursor ke bagian layar penggambaran, kemudian klik kanan, pilih Snap Overrides, pilih Node

3. Klik titik P1, kemudian P2, P3, dan P4, kemudian enter.

4. Hasilnya bisa anda lihat di atas Command prompt seperti gambar dibawah ini. (Area = 469)

Hitung Luas Titik

Cara Menghitung Luas Bidang Atau Polygon Atau Polyline Tertutup

1. Pada Command prompt ketikkan area kemudian tekan enter.

2. Pada Command prompt akan muncul permintaan Specify first corner point or [Object/Add/Subtract]: ketikkan o, kemudian tekan enter.

3. Pada Command prompt akan muncul permintaan Select objects: kursor dilayar akan berubah menjadi kotak kecil, silahkan klik garis satu kali saja dari objek yang ingin diketahui luasnya.

4. Hasilnya bisa anda lihat di atas Command prompt seperti gambar dibawah ini. (Area = 1498)

Hitung Luas Bidang

Cara Cepat Mengetahui Luas Polyline Melalui Properties

1. Tampilkan menu Properties. Kalau belum muncul di layar, silahkan ketikkan ch pada Command prompt, kemudian enter. (ch > enter)

2. Klik objek yang ingin diketahui luasnya, kemudian lihat informasi Area pada Properties. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

Luas Properties

3. Bisa kita lihat dari informasi Properties kalau Area = 1498. Luasnya sama dengan hasil hitungan luas menggunakan cara diatas.

Cara Menghitung Luas Yang Di Enclave

1. Pada command prompt ketikkan perintah Area > enter

2. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify first corner point or [Object/Add area/Subtract area], ketikkan A > enter

3. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify first corner point or [Object/Subtract area]:, ketikkan O > enter

4. Pada command prompt akan muncul permintaan (ADD mode) Select objects:, klik bidang yang akan dihitung luasnya, kemudian tekan enter

5. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify first corner point or [Object/Subtract area]:, ketikkan S > enter

6. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify first corner point or [Object/Add area]:, ketikkan O > enter

7. Pada command prompt akan muncul permintaan (SUBTRACT mode) Select objects:, klik 2 bidang kecil yang ada ditengah bidang yang besar, kemudian tekan enter. Total luas hasil pengurangan dari bidang yang di enclave akan muncul di command prompt. Supaya lebih jelas lihat gambar dibawah.

Menghitung Luas Yang Di Enclave

8. Untuk mengakhiri perhitungan tekan enter. Dibagian command prompt akan muncul kembali Total area = 14935

Rangkuman perintah yang dimasukkan untuk menghitung luas yang di enclave

AREA
A
O
Klik bidang yang akan dihitung luasnya
S
O
Klik 2 bidang kecil yang ada ditengah bidang yang dihitung luasnya

Cara Menghitung Luas Yang Wilayahnya Terpisah Lautan, Sungai, Danau, dll

1. Pada command prompt ketikkan perintah Area > enter

2. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify first corner point or [Object/Add area/Subtract area], ketikkan A > enter

3. Pada command prompt akan muncul permintaan Specify first corner point or [Object/Subtract area]:, ketikkan O > enter

4. Pada command prompt akan muncul permintaan (ADD mode) Select objects:, klik 2 bidang yang akan dihitung luasnya, kemudian tekan enter. Total luas dari 2 bidang yang diklik akan muncul di command prompt. Supaya lebih jelas lihat gambar dibawah.

Menghitung Luas Yang Terpisah

5. Untuk mengakhiri perhitungan tekan enter. Dibagian command prompt akan muncul kembali Total area = 62394

Rangkuman perintah yang dimasukkan untuk menghitung luas yang terpisah

AREA
A
O
Klik 2 bidang yang akan dihitung luasnya

Semua cara diatas silahkan digunakan sesuai kebutuhan. Sebenarnya ada satu lagi cara yang penting diketahui mengenai penghitungan luas, yaitu cara menghitung luas bidang secara massal dan menampilkannya ditengah bidang juga secara massal.

Jadi akan menghemat waktu jika anda harus menghitung luas ratusan atau ribuan bidang. Tutorial mengenai hal ini Insya Allah akan saya bahas di artikel yang lain. (Update : Saya sudah menulis panduan mengenai hal ini di Cara Menghitung Luas Banyak Bidang)

Untuk sementara demikian tutorial untuk mengukur, mengetahui, ataupun cara menghitung luas bidang di AutoCAD dalam 4 kondisi yang berbeda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  • ahmad

    kalau menghitung luasan bidang berbentuk persegi panjang atau tak beraturan dengan theodolite gmana lh?

    • Asep Assafah

      Hasil pengukuran Theodolite-nya digambar dulu di AutoCAD mas. Atau diolah dulu di Excel sampai menjadi titik koordinat, kemudian hasil dari Excel digambar di AutoCAD.

      Setelah menjadi gambar di AutoCAD tinggal menggunakan cara-cara yang saya bahas di artikel ini.

      Semoga jawaban saya sesuai dengan yang anda maksudkan. Kalau tidak sesuai, silakan Balas lagi jawaban saya ini.

      Terima kasih.

  • HENDI

    SALAM,BOLEH BANTU HITUNG LUAS TANAH SAYA BANG ? UKURANNYA SEBELAH UTARA 150M,SELATAN 187,5M,SEBELAH TIMUR 75,5M,SEBELAH BARAT 72,5M.MAKASIH

    • Asep Assafah

      Agar saya bisa menghitungkan luas tanahnya dengan lebih akurat, tolong ukur panjang salah satu diagonal dari bidang tanah tersebut.

      Kalau sudah ada diagonalnya, nanti saya gambarkan di AutoCAD bidang tanahnya kemudian saya hitungkan luasnya. Insya Allah.

      Saya tunggu pak…

      Terima Kasih.