ASIFAH

Cara Menampilkan Teks NOP PBB Di Peta Secara Otomatis

Video dan artikel ini menjelaskan Cara Menampilkan Teks NOP PBB Di Peta Secara Otomatis. Petanya dalam format AutoCAD Drawing atau DWG dan memiliki Object Data NOP untuk setiap persil.

Materi ini bermula dari pertanyaan salah satu pembaca Asifah.com yang mengirimkan Peta NOP kepada saya dan menanyakan cara memunculkan teks nop tersebut.

Pada tutorial ini saya akan menunjukkan cara yang tercepat dan termudah untuk memunculkan teks secara otomatis. Jika anda ingin mempelajari cara menampilkan teks menggunakan Query, silakan buka tutorial saya yang ini Cara Menghitung Luas.

Sebelum ke inti tutorialnya, pastikan Peta yang akan ditampilkan teksnya sudah anda buka dengan Software AutoCAD Map.

Kemudian buat layer baru dengan nama Teks NOP. Caranya klik menu Format > Layer. Silakan atur warna layer sesuai keinginan. Sebagai gambaran silakan lihat gambar di bawah ini.

Cara Menampilkan Teks NOP PBB

Apabila layer untuk teks sudah dibuat seperti gambar di atas, silakan lanjutkan ke tahapan-tahapan di bawah ini.

Cara Menampilkan Teks NOP PBB (Nomor Objek Pajak Pajak Bumi Dan Bangunan)

  1. Pada Task Pane, pastikan yang aktif adalah tab Display Manager.
  1. Klik Data > Add Drawing Data > Drawing Layer.
  1. Pada kotak dialog Select Layers, ceklis layer bidang atau persil (nama layer persil yang diceklis silakan disesuaikan dengan data yang anda miliki). Kemudian klik OK.
  1. Pada Display Manager akan muncul nama layer persil yang tadi dipilih. Langkah selanjutnya klik kanan layer persil tersebut > Add Style > Text.
  1. Di bawah nama layer persil akan muncul sub layer dengan nama Text Style. Klik kanan sub layer Text Style ini, kemudian pilih Properties.
  1. Pada Properties, klik Value. Kemudian klik tombol titik-titik.
  1. Pada kotak dialog Expression Chooser, klik Objec Data. Kemudian klik nama Object Datanya sesuai dengan data yang anda miliki. Sebagai gambaran silakan lihat gambar di bawah ini.

Teks NOP PBB

Klik data NOP seperti gambar diatas (d_nop). Kemudian klik OK.

Jika berhasil, teks NOP akan muncul disetiap bidang. Kalau teksnya terlalu kecil, rubah ukurannya pada Properties. Untuk caranya silakan lanjutakan ke langkah berikutnya.

  1. Klik Height pada Properties, rubah angkanya sesuai dengan keperluan. Misalnya 0.5 atau 1 atau berapa saja.
  1. Agar tampilan teks nop yang sudah muncul mudah dikontrol, masukkan ke layer Teks NOP yang tadi sudah kita buat. Caranya klik Layer pada Properties. Kemudian pilih Teks NOP.

Untuk Properties yang lain, silakan diatur sesuai keperluan. Seperti rotasi teks, jenis teks, posisi teks, dan warna teks. Semuanya bisa diatur melalui Properties.

Demikian tutorial ini, semoga bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh salah satu pembaca Asifah.com dan juga semoga bermanfaat untuk anda dan seluruh pembaca. Terima kasih dan sampai bertemu di tutorial-tutorial saya yang lain.

  • Noeno Stranger

    hatur nuhun …..Kang Asep…..barokallah….

    • Asep Assafah

      Iya sama-sama mas. Terima Kasih.