ASIFAH

Cara Memotong Peta Di ArcGIS Untuk Data Citra Atau Raster Dan SHP

hasil memotong citra di arcgisInilah tutorial lengkap cara memotong peta di ArcGIS yang bisa anda praktekkan. Tutorial dibagi menjadi 3 bagian, yaitu cara memotong citra di ArcGIS, cara memotong data shp, dan cara memotong gabungan berbagai data tidak secara permanen.

Memotong peta sering diperlukan untuk analisa atau penyajian data suatu wilayah yang lebih kecil dari data aslinya. Misalnya saya ingin membuat peta citra suatu desa tertentu. Sementara data citra yang saya punya adalah citra satu provinsi. Maka dalam kondisi seperti ini, saya harus memotong citra provinsi tersebut berdasarkan batas desa yang akan dibuat petanya.

Software ArcGIS menyediakan tool bagi pengguna untuk melakukan kebutuhan pemotongan seperti kondisi di atas. Adapun cara dan tahapan langkah demi langkahnya, silahkan ikuti dengan seksama 3 bagian tutorial di bawah ini.

Cara Memotong Peta Di ArcGIS Untuk Data Citra Dan SHP Tidak Secara Permanen

  1. Buka ArcMap. Kemudian buka data yang akan dipotong. Bisa data citra, shp, atau gabungan keduanya. Untuk contoh saya membuka peta berupa data citra dan shp seperti tampilan gambar di bawah ini.

Cara Memotong Peta Di ArcGIS

Jika anda belum tahu cara buka data di ArcMap, silahkan pelajari dulu tutorial saya yang Cara Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS.

  1. Tentukan pemotong yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan data shp sebagai pemotong seperti layer Batas_Desa di atas atau membuat gambar baru. Pada tutorial ini saya akan mencontohkan membuat gambar baru.

Jadi langkahnya tampilkan Toolbar Draw dengan cara klik menu Customize > Toolbars > Draw.

  1. Pada toolbar Draw, klik graphic yang akan digunakan. Untuk contoh saya memilih Circle. Agar lebih jelas lihat gambar berikut.

cara menggambar graphic circle

  1. Gambar graphic di atas data atau peta yang akan dipotong. Untuk contoh saya menggambar lingkaran seperti gambar di bawah ini.

peta arcgis yang akan dipotong

  1. Klik kanan di layar penggambaran (Data View), kemudian pilih Data Frame Properties.

Catatan : Pastikan graphic yang akan digunakan untuk memotong dalam kondisi terselect atau terpilih seperti gambar di atas.

  1. Pada kotak dialog Data Frame Properties, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Pada bagian Clip Options, pilih Clip to shape. Kemudian klik Specify Shape.

Pada kotak dialog Data Frame Clipping, pilih opsi Outline of Selected Graphic(s). Kemudian klik OK.

data frame clipping arcgis

Catatan : Kalau ingin menggunakan data shp sebagai pemotong, pilih opsi Outline of Features. Kemudian pilih layernya.

Masih pada kotak dialog Data Frame Properties, lakukan pengaturan bagian yang lain sesuai kebutuhan. Kalau ada layer yang akan diexclude, dll, silahkan diatur. Pada tutorial ini, saya membiarkan pengaturan bagian yang lain apa adanya. Hasil pengaturannya tampak seperti gambar di bawah ini.

pengaturan data frame properties

Kalau sudah diatur seperti gambar di atas, tinggal klik OK.

  1. Kalau langkahnya betul, peta akan terpotong. Tetapi hasil potongannya akan tertutup oleh graphic pemotongnya. Langkah selanjutnya graphic bisa anda hapus dengan menekan tombol delete pada keyboard atau lakukan klik kanan di atas graphic. Kemudian pilih Properties.
  1. Pada kotak dialog Properties, klik bagian Fill Color. Pilih No Color. Kemudian klik OK.

cara memilih warna graphic

  1. Hasil semua langkah yang saya lakukan di atas, tampak seperti gambar berikut.

hasil memotong peta di arcgis

Peta atau data yang dipotong menggunakan cara di atas tidak permanen dan tidak menghasilkan data baru. Jadi peta bisa dikembalikan seperti semula. Caranya pada layar penggambaran lakukan klik kanan. Pilih Data Frame Properties. Kemudian pada bagian Clip Options, pilin No Clipping dan klik OK.

Cara Memotong Citra Di ArcGIS

  1. Buka ArcMap. Kemudian buka citra atau data raster yang akan dipotong. Bisa juga tidak perlu dibuka, tetapi sebaiknya dibuka untuk melihat gambaran citra dan posisi pemotongnya.
  1. Buat atau buka data yang akan digunakan sebagai pemotong. Untuk contoh saya membuka data shp batas desa. Kalau anda punya data titik koordinat yang akan digunakan untuk memotong, maka tidak perlu membuka data.

Untuk gambaran saya akan menggunakan lagi data seperti gambar di bawah ini.

Cara Memotong Peta Di ArcGIS

  1. Buka ArcToolbox. Bisa dengan cara klik icon ArcToolbox atau klik menu Geoprocessing > ArcToolbox.
  1. Pada jendela ArcToolbox. Klik Data Management Tools > Raster > Raster Processing. Kemudian dobel klik Clip.

Cara Memotong Citra Di ArcGIS

  1. Pada jendela atau kotak dialog Clip, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Pada bagian Input Raster, pilih layer citra yang akan dipotong.

Pada bagian Output Extent, pilih layer yang akan digunakan sebagai pemotong. Jika anda akan memotong berdasarkan titik koordinat, masukkan titik koordinat yang sudah disiapkan.

Ceklis kotak Use Input Features for Clipping Geometry. Jika citra hasil pemotongan ingin berbentuk rectangle atau kotak, maka tidak perlu diceklis.

Pada bagian Output Raster Dataset, klik tombol open untuk menentukkan tempat menyimpan citra hasil pemotongan. Kemudian pada kotak dialog Output Raster Dataset, tentukan nama file dengan extensi tif dan klik Save. Agar lebih jelas, lihat gambar berikut.

Cara Menyimpan Hasil Pemotongan Citra

Untuk bagian yang lainnya, pengaturan biarkan sesuai default-nya dan kalau sudah diatur semua seperti gambar di bawah ini, klik OK.

pengaturan memotong citra di arcgis

  1. Biarkan proses pemotongan berjalan sampai muncul pesan berhasil di bagian kanan bawah ArcMap seperti gambar berikut.

tanda proses memotong citra berhasil

Catatan : Kecepatan proses pemotongan tergantung besar kecilnya ukuran citra. Semakin besar tentu prosesnya akan semakin lama. Dan kalau proses pemotongan tidak berhasil, akan ada pesan juga dibagian kanan bawah ArcMap.

  1. Kalau prosesnya berhasil, citra hasil pemotongan akan otomatis muncul di layar penggambaran. Untuk melihatnya, matikan dulu layer pemotong dan citra aslinya. Untuk gambaran, seperti inilah hasil pemotongan yang saya lakukan.

hasil memotong citra di arcgis

Catatan : Memotong citra dengan cara seperti ini, menghasilkan data citra baru dan tidak merubah citra aslinya.

Cara Memotong Peta Di ArcGIS Untuk Data SHP

  1. Buka ArcMap. Kemudian buka data yang akan dipotong. Untuk contoh saya membuka data shp 6310.
  1. Buat atau buka data yang akan digunakan sebagai pemotong. Untuk contoh saya membuka data shp Batas Kecamatan.

Untuk gambaran saya membuka data seperti gambar di bawah ini.

cara memotong data shp di arcgis

  1. Buka ArcToolbox. Bisa dengan cara klik icon ArcToolbox atau klik menu Geoprocessing > ArcToolbox.
  1. Pada jendela ArcToolbox. Klik Analysis Tools > Extract. Kemudian dobel klik Clip.

tool untuk memotong data shp

  1. Pada jendela atau kotak dialog Clip, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Pada bagian Input Features, pilih layer yang akan dipotong.

Pada bagian Clip Features, pilih layer yang akan digunakan sebagai pemotong.

Pada bagian Output Feature Class, klik tombol open dan tentukan tempat untuk menyimpan data hasil pemotongan.

Untuk bagian yang lainnya, pengaturan biarkan sesuai default-nya dan kalau sudah diatur seperti gambar di bawah ini, klik OK.

pengaturan jendela clip features

  1. Biarkan proses pemotongan berjalan sampai muncul pesan berhasil di bagian kanan bawah ArcMap seperti gambar proses-proses sebelumnya.
  1. Kalau prosesnya berhasil, data hasil pemotongan akan otomatis muncul di layar penggambaran. Untuk melihatnya, matikan dulu layer yang lainnya. Untuk gambaran, seperti inilah hasil pemotongan yang saya lakukan.

hasil memotong data shp di arcgis

Catatan : Memotong data shp dengan cara seperti ini, menghasilkan data shp baru dan tidak merubah data aslinya.

Seperti itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memotong peta di ArcGIS. Kalau anda sudah berhasil mencoba tutorial di atas, silahkan pelajari juga tutorial saya yang Cara Membuat Poligon di ArcGIS dan yang Cara Memasukkan Data Excel ke ArcGIS. Demikian dan semoga bermanfaat.