ASIFAH

Cara Memotong Peta Dengan Cepat

Cara memotong peta dengan cepat di AutoCAD Map bisa kita lakukan dengan menggunakan tools boundary trim. Tutorial ini akan menunjukkan tahapan dan pengaturan dalam menggunakan boundary trim untuk keperluan pemotongan peta yang jumlah objeknya banyak.

Jika kita memerlukan bagian dari sebuah peta digital yang jumlah objeknya sampai ratusan ribu, maka menggunakan tool trim biasa akan sangat tidak efektif. Untuk meningkatkan produktifitas dan menyederhanakan keperluan pemotongan peta yang kompleks, maka AutoCAD Map menyediakan tool boundary trim bagi penggunanya.

Pemotongan peta digital yang kompleks bisa dilakukan untuk berbagai keperluan seperti presentasi, mencetak peta digital, berbagi sebagian data yang ada pada peta, penyajian laporan dalam bentuk pdf atau word, mempermudah editing peta untuk lembar tertentu, dan berbagai keperluan lainnya. (Baca juga: Convert Dwg to Pdf)

Jika anda akan memotong peta untuk keperluan apapun, silahkan ikuti langkah demi langkah cara pemotongan peta digital menggunakan AutoCAD Map dibawah ini.

Cara Memotong Peta Dengan Cepat di AutoCAD Map

1. Buka peta yang akan dipotong menggunakan AutoCAD Map.

2. Jika kita masih memerlukan peta aslinya, silahkan buat salinan dari peta yang terbuka dengan klik menu File > Save As > berikan nama file yang berbeda dengan peta aslinya.

3. Buat area atau kotak menggunakan polyline, polygon atau rectangle yang akan menjadi bagian peta yang dipotong. Supaya lebih jelas lihat kotak hijau pada contoh gambar dibawah ini.

Cara Memotong Peta

4. Klik menu Map > Tools > Boundary Trim atau bisa juga melalui command prompt dengan mengetikkan perintah maptrim

5. Pada kotak dialog Trim Objects at Boundary yang sudah muncul, lakukan pengaturan seperti dibawah ini.

Pada bagian Boundary pilih option Select Boundary, kemudian klik tombol Select > klik area yang sudah kita buat pada langkah ke-3.

Pada bagian Objects To Trim pilih option Select Automatically.

Pada bagian Trim Method pilih option Trim Outside Boundary. Unceklis kotak Skip Topoogy Objects dan kotak Retain Object Data. Pengaturan ini menunjukkan kalau kita akan memotong dan menghilangkan seluruh objek yang ada diluar area yang sudah dibuat.

Pada bagian Objects That Cannot be Trimmed pilih option Delete, karena kita akan menghapus seluruh objek yang ada diluar kotak.

Hasil pengaturan kotak dialog Trim Objects at Boundary diatas akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Pengaturan Memotong Peta

6. Kalau pengaturan sudah seperti gambar diatas, silahkan klik OK.

7. Akan muncul kotak dialog Confirmation yang memberikan pilihan apakah proses pemotongan akan dilanjut atau tidak. Karena benar-benar akan memotong, maka kita klik Yes.

8. Proses pemotongan akan berjalan dan pada command prompt ada tulisan…

Processing 10275 object(s), please wait…

Jika jumlah objek yang dipotong mencapai ratusan ribu, maka proses pemotongan bisa memakan waktu beberapa menit. Oleh karena itu biarkan saja prosesnya berlangsung sampai muncul pesan done pada command prompt.

Dibawah ini adalah gambar hasil pemotongan peta menggunakan tahapan diatas.

Hasil Pemotongan Peta

Dengan adanya tool boundary trim, pengguna AutoCAD Map mempunyai pilihan untuk memotong sebuah objek pada peta. Tentunya jika kita sedang menggambar objek yang sedikit jumlahnya seperti menggambar bidang, menggunakan tool trim biasa akan lebih efektif. Tetapi bila kita akan memotong peta yang jumlah objeknya banyak, tentunya akan lebih efektif menggunakan tool boundary trim.

Kalau anda perhatikan bagian Trim Method pada kotak dialog Trim Objects at Boundary, ada option Trim Inside Boundary. Option ini bisa kita gunakan untuk keperluan sebaliknya, yaitu memotong atau menghilangkan seluruh objek yang ada didalam kotak.

Tool boundary trim tidak akan anda dapatkan di AutoCAD versi biasa. Jika anda mau mencoba menggunakan boundary trim, gunakan AutoCAD Map. Silahkan pelajari juga seluruh tutorial yang berkaitan dengan AutoCAD Map yang pernah saya tulis di Tutorial AutoCAD Map.

Selamat mempraktekkan dan semoga tutorial cara memotong peta dengan cepat di AutoCAD Map menggunakan boundary trim ini bermanfaat untuk anda.