ASIFAH

Cara Memisahkan Peta Wilayah Pemekaran Desa

Video ini menjelaskan Cara Memisahkan Peta Wilayah Pemekaran Desa menggunakan AutoCAD Map. Format file peta yang dijadikan contoh terdiri dari dua jenis, yaitu peta format DWG (AutoCAD drawing) dan peta format GIS (SHP/Shapefile).

AutoCAD Map memang bisa digunakan untuk bekerja dengan dua jenis file tersebut. Tetapi perlu diperhatikan kalau perlakuan dalam mengolah kedua jenis file ini berbeda. Cara dan tool yang digunakan juga berbeda.

Jadi cara memisahkan wilayah menjadi dua bagian seperti yang akan kita bahas sekarang juga berbeda. Agar mendapatkan gambaran yang jelas, silakan ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Memisahkan Peta Desa Berformat AutoCAD Drawing (DWG)

  1. Buka peta yang akan dipisahkan wilayahnya. Klik menu File > Open.
  1. Pada command prompt ketikkan perintah PLINE kemudian enter.
  1. Gambar batas desa sesuai batas yang telah ditetapkan. Jika punya gambar batas desa hasil survey lapangan atau hasil digitasi, tinggal digabungkan datanya ke Peta Desa. Caranya, klik menu File > Open.
  1. Pilih gambar batasnya > klik kanan > Copy.
  1. Klik menu Window > pilih Peta Desa yang tadi sudah terbuka.
  1. Klik menu Edit > Paste to Original Coordinates.

Namun perlu menjadi catatan kalau data yang digabungkan harus mempunyai sistem koordinat yang sama. Kalau tidak sama, tentunya gambarnya tidak akan menyatu dengan baik. Untuk merubah sistem koordinat dari satu sistem ke sistem yang lain, bisa dipelajari di tutorial Cara Transformasi Sistem Koordinat.

Cara Memisahkan Peta Desa Berformat Data GIS (SHP)

  1. Buka data GIS yang akan dipisahkan wilayahnya. Caranya lihat di video atau lihat di artikel tutorial yang ini Cara Membuka Data SHP.
  1. Pada layar penggambaran, klik desa yang akan dipisahkan wilayahnya.
  1. Pada command prompt ketikkan perintah MAPFEATURESPLIT kemudian enter.
  1. Pada command prompt muncul pilihan, ketikkan saja NEW kemudian enter.
  1. Pada command prompt muncul lagi pilihan, ketikkan lagi NEW kemudian enter.
  1. Pada command prompt muncul lagi pilihan, ketikkan saja DRAW kemudian enter.
  1. Sekarang kursor di layar penggambaran siap digunakan untuk menggambar batas. Tinggal klik saja dari ujung batas desa yang satu ke ujung batas desa yang sebelahnya. Kalau sudah tinggal tekan enter.

Sebagai alternatif jika punya gambar batas desa hasil survey lapangan atau hasil digitasi, tinggal digabungkan datanya ke Peta Desa berformat GIS yang sudah terbuka. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. klik menu File > Open file batas desa.
  1. Pilih gambar batasnya > klik kanan > Copy.
  1. Klik menu Window > pilih Peta Desa berformat GIS yang sudah terbuka.
  1. Klik menu Edit > Paste to Original Coordinates.
  1. Pada layar penggambaran, klik desa yang akan dipisahkan wilayahnya.
  1. Pada command prompt ketikkan perintah MAPFEATURESPLIT kemudian enter.
  1. Pada command prompt muncul pilihan, ketikkan saja NEW kemudian enter.
  1. Pada command prompt muncul lagi pilihan, ketikkan EXISTING kemudian enter.
  1. Pada command prompt muncul lagi pilihan, ketikkan saja SELECT kemudian enter.
  1. Sekarang kursor di layar penggambaran berubah menjadi kotak kecil yang siap digunakan untuk memilih objek. Selanjutnya tinggal klik batas desa hasil penggabungan tadi. Kemudian enter.
  1. Jika berhasil, data spasial akan terbagi menjadi dua bagian dan pada tabel data tekstualnya akan ditambahkan satu baris data yang bisa diedit. Silakan edit nama desa dan kolom-kolom data yang lainnya. Kalau sudah klik kanan layer pada Tab Display Manager Task Pane > Check In Features.

Jika ingin memisahkan peta desa yang sudah dibagi dua menjadi file terpisah, silakan ikuti tutorialnya di artikel Cara Memisahkan Peta.

Demikian artikel dan video tutorial mengenai pemisahan peta desa ini. Silakan dicoba dan kalau mengalami kesulitan atau ada yang ingin ditambahkan, silakan ajukan melalui bagian komentar di bawah.

Sampai bertemu kembali di tutorial-tutorial saya yang lain, terima kasih dan semoga bermanfaat.