ASIFAH

Cara Membuka Data Survey Format LandXML Dengan AutoCAD Map

Video dan artikel ini menunjukkan cara membuka data survey format LandXML dengan AutoCAD Map. Adapun caranya cukup mudah dan hanya menggunakan tool bawaan AutoCAD Map.

Data survey berformat LandXML atau biasanya extensi file-nya xml, bisa dihasilkan dari software-software seperti AutoCAD Civil 3D, AutoCAD Land atau AutoCAD Map 3D itu sendiri dan juga software-software yang lain.

Untuk membuka file xml di AutoCAD Map tidak bisa seperti membuka file AutoCAD drawing biasa. Dan juga perlu diketahui, tool bawaan AutoCAD Map yang saya tunjukkan disini hanya ada di versi AutoCAD Map 3D 2010 keatas.

Untuk caranya, silakan ikuti tutorial berikut ini.

Cara Membuka Data Survey Format XML

  1. Buka Program AutoCAD Map. Kemudian pastikan Task Pane sudah muncul. Kalau belum, bisa klik menu View > Task Pane.
  1. Klik tab Survey pada Task Pane. Kemudian klik Data > Import LandXML.

Tab Survey ini hanya ada di versi AutoCAD Map 3D 2010 keatas.

  1. Pada kotak dialog yang muncul, klik Create a new Survey Data Store.
  1. Pada kotak dialog New Data Store, klik tombol titik-titik untuk menentukan nama dan lokasi data store. Setelah memberikan nama dan menentukan lokasi penyimpanan, klik Save.
  1. Masih pada kotak dialog New Data Store, klik tombol berlogo bumi, untuk menentukan sistem koordinat yang sesuai dengan data survey yang akan dibuka. Setelah itu klik OK.
  1. Pada kotak dialog Import LandXML, cari file xml yang akan dibuka. Kemudian tinggal klik Open. Supaya lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini.

Cara Membuka Data Survey

  1. Pada kotak dialog LandXML Coordinate System, jika ingin merubah sistem koordinat yang akan digunakan silakan dilakukan. Kalau sudah tinggal klik OK.
  1. Kalau berhasil, maka data survey akan muncul di layar penggambaran. Kalau tidak muncul, biasanya sistem koordinat yang dipilih tidak sesuai. Jika terjadi, silakan ulangi dan pilih sistem koordinat yang sesuai.

Data survey yang sudah terbuka di AutoCAD Map bisa diolah dan di edit sesuai keinginan dan kebutuhan. Untuk memudahkan identifikasi setiap titik yang sudah tergambar, kita bisa memunculkan label identitas setiap titik. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Cara Menampilkan Label Nomor Titik Survey

  1. Pada Task Pane, klik tab Display Manager.
  1. Klik layer data survey. Nama layer yang tampil akan sesuai dengan nama yang ditentukan pada langkah ke-4 diatas.
  1. Klik Style > klik cell Feature Label.
  1. Pada kotak dialog Style Label, Property to display pilih Description. Kemudian klik OK.
  1. Kalau pada bagian Scale Ranges for Layer ada dua baris, maka silakan setting juga label untuk baris yang keduanya. Jadi klik baris kedua, kemudian ikuti langkah ke-3 di atas untuk pengaturan labelnya.
  1. Setelah selesai melakukan pengaturan, silakan tutup Style Editor.

Jika data survey anda berupa poligon yang dihitung dengan Excel, silakan ikuti panduan di Cara Menggambar Poligon atau jika menggunakan GPS bisa mengikuti tutorial Cara Transfer Data GPS.

Demikian tutorial mengenai data survey ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jika ada kesulitan ketika mencoba tutorial ini, mari kita diskusikan di bagian komentar. Terima kasih dan sampai bertemu kembali dengan tutorial-tutorial saya yang lain.