ASIFAH

Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Dengan Titik Koordinat, Citra, Dll

Cara Menambahkan Data AttributesInilah tutorial berbagai Cara Membuat Poligon di ArcGIS berupa graphic, berupa feature (Data SHP), menggambar poligon di atas citra atau peta hasil scan, dan menggambar poligon dengan data titik koordinat.

Menggambar poligon merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh pengguna ArcGIS. Karena dalam penggambaran, baik menggambar dari nol maupun editing gambar yang sudah ada biasanya akan ditemukan objek-objek berbentuk polygon.

Pada tutorial ini saya akan menunjukkan berbagai cara menggambar poligon di ArcGIS. Dalam pembuatan tutorial saya menggunakan versi 10.1, tetapi caranya hampir sama saja kalau anda menggunakan versi ArcGIS yang lain.

Dan berikut ini adalah panduan tahap demi tahapnya.

Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Berupa Graphic Atau Grafis

  1. Buka ArcMap.
  1. Tampilkan Toolbar Draw. Caranya bisa klik menu Customize > Toolbars > Draw.
  1. Pada Toolbar Draw, klik icon berbentuk segitiga kecil disamping kotak. Kemudian pilih Polygon. Agar lebih jelas lihat gambar berikut.

Membuat Poligon Berupa Data Graphic

  1. Pada layar penggambaran (Data View) buat bentuk poligon yang diinginkan. Caranya klik sekali, kemudian geser mouse klik lagi sekali. Terus seperti itu sampai terbentuk gambar yang diinginkan. Untuk mengakhiri pembuatan gambar, di titik terakhir lakukan dobel klik. Untuk gambaran, poligon yang saya buat tampak seperti gambar di bawah ini.

Hasil Pembuatan Poligon Di ArcGIS

Catatan : Polygon yang dibuat dengan cara seperti ini memiliki beberapa keterbatasan. Diantaranya kalau project tidak disimpan (format mxd), maka gambar hilang. Kalau disimpan, gambar poligonnya tidak bisa digunakan langsung di project lain. Selain itu poligonnya tidak bisa memiliki data attributes.

Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Berupa Feature Dari Nol (Data SHP)

  1. Buka ArcMap.
  1. Buka Catalog. Bisa dengan cara klik icon Catalog pada Toolbar atau bisa juga dengan cara klik menu Windows > Catalog.
  1. Tentukan folder yang akan digunakan untuk menyimpan file poligon. Kemudian klik kanan nama foldernya, pilih New > Shapefile. Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Cara Membuat Poligon Di ArcGIS

  1. Pada kotak dialog Create New Shapefile, lakukan beberpa pengaturan sebagai berikut.

Name isi dengan nama. Bisa bebas, tetapi sebaiknya yang menggambarkan jenis data poligon yang akan digambar.

Feature Type pilih Polygon. Jangan sampai salah memilih karena disini kunci untuk membuat data spasial poligon.

Klik tombol Edit. Kemudian pada kotak dialog Spatial Reference Properties, klik tanda + Projected Coordinate Systems > + UTM > + WGS 1984 > + Southern Hemisphere > klik WGS 1984 UTM Zone 50S. Kemudian klik OK.

Catatan :

Sistem koordinat yang akan digunakan silahkan disesuaikan dengan kebutuhan. Pemilihan sistem koordinat UTM yang saya lakukan hanya untuk contoh saja. Jadi anda bisa menggunakan sistem koordinat apa saja untuk membuat poligon di ArcGIS.

Kalau anda mau menggunakan sistem koordinat UTM seperti yang saya lakukan, Zone UTM-nya silahkan disesuaikan dengan letak data yang akan anda gambar. Saya memilih Zone 50S karena data yang akan saya gambar terletak di Kalimantan Selatan dan zone UTM nya masuk dalam 50S.

Kalau tidak mau menggunakan sistem koordinat bisa tidak? Saya tidak tahu sistem koordinat apa yang harus saya gunakan? Kalau ada pertanyaan seperti itu, jawabannya tentu bisa. Jadi langkahnya anda tidak perlu mengklik tombol Edit. Tetapi resikonya data yang dihasilkan nanti tidak akan memiliki sistem koordinat.

Hasil pengaturan yang saya lakukan tampak seperti gambar di bawah ini.

Hasil Pengaturan Membuat Poligon Di ArcGIS

Kalau sudah diatur seperti gambar di atas, selanjutnya tinggal klik OK.

Data shp yang kita buat akan otomatis masuk di Table Of Contents (Pengaturan Default-nya). Tetapi jika Pada versi ArcGIS yang anda gunakan tidak langsung masuk, silahkan lakukan Add Data shp yang baru dibuat agar bisa melanjutkan kelangkah selanjutnya.

  1. Pada Table Of Contents, klik kanan nama layer yang baru kita buat. Kemudian pilih Edit Features > Start Editing. Untuk gambaran lihat gambar di bawah ini.

Cara Edit Data Di ArcGIS

  1. Pada Toolbar Editor yang muncul, klik icon Create Features (Icon yang paling kanan).

Icon Untuk Membuat Data Di ArcGIS

Catatan : Kalau toolbar Editor tidak otomatis muncul, klik Menu Customize > Toolbars > Editor.

  1. Pada jendela Create Features yang muncul, klik nama layer. Kemudian pada bagian Construction Tools klik Polygon atau bisa juga klik bentuk yang lain. Silahkan disesuaikan dengan bentuk poligon yang akan dibuat.

Membuat Data Poligon Di ArcGIS

  1. Pada layar penggambaran atau Data View, silahkan gambar poligon sesuai keinginan.

Untuk contoh saya menggambar seperti gambar di bawah dengan cara klik sekali di titik awal, kemudian mouse geser ke kanan klik sekali, geser mouse ke bawah klik sekali, dan terus seperti itu. Untuk mengakhiri pembuatan poligon, di titik terakhir bisa lakukan double klik atau klik kanan pilih Finish Sketch.

Cara Menggambar Poligon Di ArcGIS

  1. Jika anda ingin membuat data tekstual dari poligon yang baru dibuat bisa lanjut ke langkah 10. Jika tidak perlu, bisa lanjut membuat gambar poligon yang kedua dan seterusnya dengan mengulang langkah ke-6 sampai ke-8. Kalau pembuatan poligon sudah selesai, pada Toolbar Editor, bisa klik Editor. Kemudian Stop Editing. Kalau muncul pertanyaan bisa pilih Yes agar gambar yang kita buat disimpan.
  1. Buka Catalog. Bisa dengan cara klik icon Catalog pada Toolbar atau bisa juga dengan cara klik menu Windows > Catalog.
  1. Cari file shp yang dibuat pada langkah ke-3 dan ke-4. Kemudian klik kanan, pilih Properties.

Cara Mengatur Kolom Data Tekstual Di ArcGIS

  1. Pada kotak dialog Shapefile Properties, tambahkan data field (kolom) yang dibutuhkan dengan cara mengisi bagian Field Name dan tentukan juga Data Type serta Length-nya. Untuk contoh saya menambahkan data sebagai berikut.

Field Name

Data Type Length
Jenis Text 50
Pemilik Text 70

Hasil penambahan data tampak seperti gambar di bawah ini.

Cara Menambahkan Data Field Di ArcGIS

Kalau sudah ditambahkan seperti contoh gambar di atas, tinggal klik OK.

  1. Pada Toolbar Editor klik icon Edit Tool (icon disebelah kanan tulisan Editor). Kemudian klik poligon yang akan ditambahkan data tekstualnya.
  1. Pada Toolbar Editor klik icon Attributes (Icon ketiga dari kanan).
  1. Pada jendela Attributes yang muncul, ketikkan data yang akan dimasukkan. Untuk contoh saya mengetikkan Pasar untuk Jenis dan Pemerintah Daerah untuk Pemilik. Hasilnya terlihat seperti gambar berikut.

Cara Menambahkan Data Attributes

Jika ingin menambahkan data tekstual untuk poligon lain yang sudah dibuat, silahklan lakukan langkah ke-13 sampai ke-15.

  1. Untuk menyimpan pekerjaan pembuatan poligon dan data attributes yang sudah dilakukan, pada Toolbar Editor bisa klik Editor. Kemudian Save Edits. Kalau pekerjaan editing sudah selesai, pada Toolbar Editor bisa klik Editor. Kemudian Stop Editing.

Cara Membuat Poligon Di Atas Data Citra Atau Peta Hasil Scan (Digitasi Data Raster)

Untuk membuat poligon di atas data citra atau peta hasil scan, kita bisa melanjutkan tahapan dari Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Berupa Feature Dari Nol di atas atau membuat dokumen map yang baru atau bisa juga mulai dari membuka ArcMap.

Pada tutorial ini saya akan mencontohkan mulai dari membuka ArcMap. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut.

  1. Buka ArcMap.
  1. Buka citra atau peta hasil scan. Bisa dengan cara klik tombol Add Data pada Toolbar atau bisa juga dengan cara klik Menu File > Add Data > Add Data.

Catatan : Citra atau peta hasil scan sebaiknya sudah bergeoreferensi dan memiliki sistem koordinat yang sama dengan data shp yang akan digunakan untuk menampung data poligon.

  1. Pada kotak dialog Add Data, cari data yang akan dibuka. Kalau sudah dapat, bisa diklik datanya. Kemudian klik tombol Add.
  1. Buka data shp yang sudah dibuat dengan tutorial Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Berupa Feature Dari Nol di atas. Caranya tinggal ulangi langkah ke-2 sampai ke-3 tutorial ini.

Catatan : Kalau belum membuat data shp untuk menampung poligon, silahkan buat dulu dengan panduan tutorial Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Berupa Feature Dari Nol di atas.

  1. Untuk membuat poligon di layar penggambarannya, lakukan langkah ke-5 sampai ke-16 dari tutorial Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Berupa Feature Dari Nol di atas. Untuk gambaran saya membuat poligon di atas bangunan pasar dengan pengisian data tekstual seperti gambar di bawah ini.

Membuat Poligon Di Atas Data Citra

Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Menggunakan Data Titik Koordinat

Sebelum mulai membuat poligon, siapkan data titik koordinat yang membentuk gambar poligon terlebih dahulu. Untuk contoh saya sudah menyiapkan data titik koordinat sebagai berikut.

Titik Koordinat Ke-1, X = 381250  Y = 9601500

Titik Koordinat Ke-2, X = 381500  Y = 9601505

Titik Koordinat Ke-3, X = 381505  Y = 9601755

Titik Koordinat Ke-4, X = 381245  Y = 9601750

Untuk memasukkan titik-titik tersebut, silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

  1. Buka ArcMap.
  1. Buka data shp yang sudah dibuat dengan tutorial Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Berupa Feature Dari Nol di atas. Caranya lihat tutorial bagian atas.
  1. Untuk membuat poligon di layar penggambarannya, lakukan langkah ke-5 sampai ke-7 dari tutorial Cara Membuat Poligon Di ArcGIS Berupa Feature Dari Nol di atas.
  1. Pada layar penggambaran atau Data View, klik kanan pilih Absolute X,Y atau tekan tombol F6 pada keyboard.

Membuat Poligon Dengan Titik Koordinat

  1. Pada kotak dialog Absolute X,Y masukkan data titik koordinat pertama. Kemudian tekan enter pada keyboard.

Kotak Dialog Untuk Memasukkan Titik Koordinat

  1. Pada layar penggambaran atau Data View, klik kanan lagi pilih Absolute X,Y
  1. Pada kotak dialog Absolute X,Y masukkan data titik koordinat kedua. Kemudian tekan enter pada keyboard.
  1. Ulangi langkah ke-6 dan ke-7 di atas sampai data titik koordinat yang membentuk poligon dimasukkan semua.
  1. Kalau data titik koordinat sudah dimasukkan semua, di layar penggambaran lakukan klik kanan pilih Finish Sketch. Untuk gambaran, data titik koordinat di atas setelah dimasukkan semua, hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil Menggambar Poligon Dengan Koordinat

Untuk data titik koordinat yang sedikit menggunakan cara di atas masih oke oke saja. Tetapi nanti kalau titik koordinatnya sangat banyak, agar efektif dan cepat dalam penggambaran kita harus membuat daftar koordinat dulu di Excel.

Pembahasan mengenai menggambar menggunakan data koordinat Excel, nanti akan saya buat di artikel tutorial yang lain. Sementara untuk menambah referensi, silahkan pelajari dulu tutorial saya yang Cara Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS dan Mengetahui Titik Koordinat Di Google Map.

Demikian artikel tutorial berbagai cara membuat poligon di ArcGIS yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa anda praktekkan. Sampai bertemu kembali dengan tutorial-tutorial saya yang lain. Terima Kasih.