ASIFAH

Cara Membuat Peta Fasilitas Pendidikan Dengan AutoCAD Map

Video dan artikel tutorial ini menjelaskan Cara Membuat Peta Fasilitas Pendidikan Dengan AutoCAD Map. Dan tenang saja, durasi videonya tidak lama. Hanya 8 menit lebih 2 detik.

Data yang digunakan untuk pembuatan peta, bisa didapatkan dari hasil pengkuran di lapangan atau bisa juga hasil digitasi sendiri. Selain itu data bisa juga didapatkan dari pihak ketiga.

Pada tutorial ini, saya tidak akan membahas cara mendapatkan atau membuat datanya. Jika anda ingin mempelajari cara membuat data dengan melakukan digitasi, silakan baca tutorialnya di ebook yang sudah saya tulis. Silakan download gratis ebooknya di halaman Cara Membuat Peta.

Sekarang kita akan langsung ke cara mengolah data yang sudah ada, sehingga menjadi Peta Fasilitas Pendidikan yang informatif dan menarik.

Tahapan Cara Membuat Peta Fasilitas Pendidikan

Tahapan di bawah ini hampir sama dengan video di atas. Hanya saja lebih detail versi video di atas. Walaupun begitu, semoga versi artikel ini bisa melengkapi penjelasan yang belum jelas di video. Atau mungkin jika koneksi internet anda kurang bagus untuk memutar video, maka saya yakin artikel ini akan bermanfaat untuk anda.

Jadi, silakan diikuti tahapannya dengan seksama dan berurutan agar tidak bingung ketika mempraktekkan.

A. Membuka Data Fasilitas Pendidikan, Jalan, dan Batas Kecamatan

Data yang saya gunakan dalam pembuatan tutorial ini berformat SHP (Shapefile). Adapun Cara membuka data seperti ini dengan AutoCAD Map bisa dengan cara yang saya gunakan di totorial Cara Membuka Data SHP Dengan AutoCAD Map atau bisa juga dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka AutoCAD Map.
  1. Buka folder tempat data disimpan dengan windows explorer. Kemudian kecilkan ukuran windows explorer.
  1. Blok data-data yang akan digunakan, kemudian klik tahan dan geser ke Display Manager Task Pane di AutoCAD Map. Pastikan diletakkan diatas layer Map Base, kemudian lepaskan.

Jika berhasil, semua data akan terbuka di layar penggambaran AutoCAD Map.

B. Merubah Nama Layer Dan Susunannya

  1. Klik layer yang akan dirubah namanya. Kemudian klik lagi sekali. Silakan dirubah namanya dan kalau sudah tinggal tekan enter.
  1. Untuk menggeser susunan layer, klik dan tahan kemudian geser ke atas atau ke bawah. Silakan disesuaikan dengan keperluan dan keinginan.

C. Merubah Style Layer Fasilitas Pendidikan

  1. Klik kanan layer Fasilitas Pendidikan > Edit Style.
  1. Pada Style Editor yang sudah muncul, klik New Theme.
  1. Pada kotak dialog Theme Points, Property ganti dengan JENIS (Field ini silakan disesuaikan dengan data yang anda miliki). Kemudian klik OK.
  1. Pada Style Editor sekarang akan ada beberapa baris data yang sudah dikategorikan sesuai Field JENIS. Kalau ada data yang kosong, silakan hapus dengan cara klik baris datanya. Kemudian klik tombol Delete.
  1. Rubah urutan baris data dengan cara klik baris datanya, kemudian klik tombol Up.
  1. Jika ingin mengganti symbol masing-masing baris, silakan klik tombol titik-titik pada kolom Style.
  1. Masih pada Style Editor, ceklis Label are fixed (not dynamic) dan Allow other label to obscure. Sebagai gambaran, di bawah ini adalah gambar Style Editor hasil pengaturan.

Cara Membuat Peta Fasilitas Pendidikan

  1. Setelah disetting seperti gambar diatas, kemudian silakan tutup Style Editor. Caranya klik tombol x di kanan atas.

D. Merubah Style Layer Jalan

  1. Klik kanan layer Jalan > Edit Style.
  1. Pada Style Editor, klik tombol titik-titik pada kolom Style.
  1. Pada kotak dialog Style Line, silakan dipilih warna dan bentuk garis untuk jalan sesuai keperluan. Kalau sudah tinggal klik OK.
  1. Tutup Style Editor.

E. Merubah Style Layer Batas Kecamatan

  1. Klik kanan layer Batas Kecamatan > Edit Style.
  1. Pada Style Editor, klik tombol titik-titik pada kolom Style.
  1. Pada kotak dialog Style Polygon, silakan dipilih dan diatur sesuai keperluan. Kalau sudah tinggal klik OK.
  1. Tutup Style Editor.

F. Memunculkan Label Nama Kecamatan

  1. Klik kanan layer Batas Kecamatan > Edit Style.
  1. Pada Style Editor, klik cell pada kolom Feature Label.
  1. Pada kotak dialog Style Label, Property to display pilih Kecamatan (Field ini silakan disesuaikan dengan data yang anda miliki). Kalau sudah tinggal klik OK.
  1. Tutup Style Editor.

Demikian video dan artikel tutorial mengenai pembuatan peta ini. Silakan dicoba dan semoga materinya bisa dipahami dan diikuti dengan mudah. Kalau mengalami kesulitan atau ada yang ingin ditambahkan, silakan melalui bagian komentar di bawah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.