ASIFAH

Cara Membuat Model 3D Garis Kontur Dengan AutoCAD

Inilah Cara Membuat Model 3D Garis Kontur atau bagaimana membuat penampakan garis kontur menjadi tiga dimensi dengan AutoCAD.

Tutorial ini bisa digunakan di AutoCAD Map juga di AutoCAD. Karena tool yang akan kita gunakan adalah tool standar AutoCAD.

Garis kontur yang tergambar di AutoCAD, biasanya terlihat seperti gambar dua dimensi. Meskipun garis-garis tersebut memiliki tinggi. Bahkan ketika dilihat dalam mode 3D pun, garis-garis kontur tidak terlihat perbedaan tingginya.

Disini kita akan memaksimalkan tool-tool 3D yang dimiliki AutoCAD untuk membuat garis kontur terlihat perbedaan tingginya. Bahkan jika ada bidang tanah di dalam kontur tersebut, itu nanti bisa dihitung volumenya.

Lalu bagaimana caranya?

Silahkan ikuti panduannya di bawah ini.

Cara Membuat Model 3D Garis Kontur

  1. Buka gambar yang memiliki garis kontur dengan AutoCAD.
  1. Pada command prompt, ketikkan perintah LOFT
  1. Select atau pilih semua garis kontur. Kemudian enter.
  1. Pada command prompt, pilih Cross sections only dengan mengetikkan perintah Cross kemudian enter.
  1. Pada kotak dialog Loft Settings, pilih options Smooth Fit. Kemudian klik OK.
  1. Ditengah-tengah surface yang sudah terbentuk, buat bidang tertutup. Bisa menggunakan Rectangle, Polygon, atau Polyline.
  1. Ubah view layar penggambaran ke 3D Mode. Caranya bisa klik tombol berlabel 3D yang kalau ditunjuk kursor muncul tulisan Click to switch to 3D Mode.
  1. Klik menu View > Visual Styles > Wireframe.
  1. Pada command prompt ketikkan perintah EXTRUDE kemudian enter.
  1. Klik bidang tertutup yang sudah dibuat. Kemudian enter dan tarik kursor keatas surface sampai melebihi ketinggian surface. Kemudian enter.
  1. Pada command prompt ketikkan perintah SLICE kemudian enter.
  1. Pilih bidang yang sudah memiliki tinggi tersebut dengan cara klik objek bidangnya. Kemudian enter.
  1. Pada command ketikkan pilihan SURFACE kemudian enter.
  1. Pilih surface dengan cara klik objek surface-nya. Kemudian karena yang akan dipotong adalah bagian atas kotak, maka klik bagian bawah dari kotak tersebut.
  1. Hapus surface atau matikan layernya untuk melihat penampakan tiga dimensi dari bidang yang sudah dibuat. Hasil dari proses yang saya lakukan tampak seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Model 3D Garis Kontur

Untuk menghitung volume dari bidang yang sudah terbentuk dengan tahapan di atas, anda bisa mengikuti panduannya di Cara Menghitung Volume Di AutoCAD dan disitu juga ditunjukkan cara mengurangi atau menjumlah banyak volume.

Kalau anda mau membuat kontur dengan AutoCAD Map, silahkan ikuti video tutorialnya di Cara Membuat Kontur (Data hasil pengukuran di lapangan) dan Cara Membuat Kontur Di AutoCAD Map (Menggunakan Data DEM).

Demikian artikel dan video tutorial untuk pembuatan model 3D garis kontur. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, langsung saja mengisi bagian komentar di bawah. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.