ASIFAH

Tutorial Lengkap Cara Membuat Garis Putus Putus Di AutoCAD (Artikel+Video)

 

Inilah tutorial lengkap cara membuat garis putus putus di AutoCAD. Saya akan menunjukkan berbagai cara untuk membuat garis putus-putus, bagaimana merubah garis yang sudah dibuat menjadi putus-putus, mengatur jarak diantara garis putus-putusnya, mengubah faktor skala semua garis dan mengubah nilai default Linetype Scale.

Tutorial saya buat menggunakan AutoCAD Map. Tetapi caranya bisa digunakan di semua versi AutoCAD karena membuat garis adalah tool dasar yang hampir ada di semua versi AutoCAD. Jadi, silahkan disimak semua tutorial membuat garis putus-putus di bawah ini.

Cara Membuat Garis Putus Putus Di AutoCAD Melalui Line Type Control

  1. Pada Command ketikkan perintah LINETYPE atau LTYPE atau LT kemudian enter. Jika anda menggunakan Workspace Classic, bisa juga klik Menu Format, kemudian pilih Linetype. Pilih salah satu, karena fungsinya sama.

Command AutoCAD Linetype

  1. Pada kotak dialog Linetype Manager yang muncul, klik Load.

Linetype Manager AutoCAD

  1. Pada kotak dialog Load or Reload Linetypes, klik jenis garis putus putus yang akan digunakan. Kemudian klik OK. Sebagai contoh, pada gambar di bawah ini saya memilih garis-garis putus jenis ISO dash.

Cara Membuat Garis Putus Putus Di AutoCAD

  1. Pada kotak dialog Linetype Manager, sekarang akan muncul jenis garis putus-putus yang tadi kita pilih. Klik jenis garis putus putus tersebut, kemudian klik Current. Kalau sudah klik OK.

Memilih Garis Putus-Putus Di AutoCAD

  1. Sekarang tinggal membuat garis yang diinginkan. Bisa menggunakan Line atau Polyline. Bahkan objek Rectangle, Circle, Polygon, dan objek lainnya yang ada garisnya, maka garisnya akan menjadi putus-putus.

Untuk contoh, saya akan membuat garis bebas menggunakan line sepanjang 100 unit. Jadi caranya:

a. Pada Command, ketikkan perintah LINE kemudian enter.

b. Klik titik disembarang tempat pada layar penggambaran. Kemudian arahkan mouse ke kanan.

c. Pada Command ketikkan 100 kemudian enter.

d. Untuk mengakhiri pembuatan garis, tekan lagi enter. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

garis putus putus di autocad

Jika anda belum lancar membuat garis, silahkan pelajari tutorial saya yang ini Cara Menggambar Garis Di AutoCAD.

Cara Membuat Garis Putus Putus Di AutoCAD Melalui Layer Control

1. Pada Command ketikkan perintah LAYER kemudian enter. Jika anda menggunakan Workspace Classic, bisa klik Menu Format, kemudian pilih Layer.

2. Pada Layer Properties Manager yang muncul, klik icon New Layer atau tekan tombol Alt+N pada keyboard.

3. Beri nama layer sesuai keinginan. Misalnya Garis Putus Putus. Kemudian klik Continuous. Untuk lebih jelas lihat yang saya beri kotak merah pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Garis Putus Putus Melalui Layer

4. Pada kotak dialog Select Linetype yang muncul, klik Load.

5. Akan muncul kotak dialog Load or Reload Linetypes seperti langkah ke-3 Cara Membuat Garis Putus Putus Di AutoCAD Melalui Line Type Control di atas. Selanjutnya sama, klik jenis garis putus putus yang akan digunakan. Kemudian klik OK.

6. Pada kotak dialog Select Linetype, sekarang akan muncul jenis garis putus-putus yang tadi kita pilih. Klik jenis garis putus putus tersebut, kemudian klik OK.

Garis Putus Putus AutoCAD

7. Pada Layer Properties Manager, klik icon Set Currrent atau tekan tombol Alt+C pada keyboard untuk mengaktifkan layer garis putus-putus yang sudah kita buat.

8. Tutup Layer Properties Manager dengan menekan tanda silang atau icon Close di kiri atas.

9. Sekarang tinggal membuat garis putus-putus yang diinginkan. Sama seperti langkah ke-5 Cara Membuat Garis Putus Putus Di AutoCAD Melalui Line Type Control di atas.

Cara Merubah Garis Yang Sudah Dibuat Atau Sudah Ada Pada Objek Gambar Menjadi Putus Putus

Untuk contoh, saya memiliki gambar seperti di bawah dan ingin garis tengah jalannya dibuat menjadi putus-putus.

Merubah Garis Menjadi Putus Putus

Caranya bisa menggunakan Line Type Control atau Layer Control. Pada tutorial ini saya akan menggunakan Line Type Control. Untuk tahapannya, silahkan ikuti di bawah ini.

1. Lakukan langkah ke-1 sampai ke-4 Cara Membuat Garis Putus Putus Di AutoCAD Melalui Line Type Control di atas. Sampai di kotak dialog Linetype Manager ada jenis garis-garis putus yang akan digunakan. Kalau sudah ada, langkah ke-1 sampai ke-4 tidak perlu dilakukan.

2. Kalau kotak dialog Linetype Manager masih terbuka, tutup dengan cara klik OK atau tekan tombol Close di kanan atas.

3. Klik garis yang akan dibuat menjadi putus-putus. Kemudian klik Line Type Control. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Garis Putus Putus Jalan

4. Klik jenis garis putus putus yang akan digunakan.

Catatan:

Saya menggunakan Workspace Classic, jadi posisi Line Type Control seperti gambar di atas. Kalau anda kesulitan menemukan posisi Line Type Control, pilihan mudahnya klik garis yang akan dirubah menjadi putus-putus. Kemudian klik kanan, pilih properties. Cari Linetype, kemudin klik dan pilih jenis garis putus-putus-nya.

5. Tekan tombol escape pada keyboard untuk melihat hasilnya.

Kalau hasilnya tidak langsung terlihat putus-putus atau jarak antara garis putus-putusnya tidak sesuai yang diharapkan, kita harus mengatur scale-nya. Untuk cara mengatur Scale ikuti panduannya di bawah.

Cara Mengatur Jarak Diantara Garis Putus Putus

1. Klik garis putus-putus yang akan diatur jaraknya. Kemudian Klik kanan, pilih Properties.

2. Cari Linetype Scale, kemudian rubah angkanya sesuai keinginan. Sebagai contoh saya merubah angkanya dari default-nya 1 menjadi 0.5. Kemudian tekan tombol enter pada keyboard.

Mengatur Jarak Garis Putus Putus

3. Untuk melihat hasilnya, tekan tombol escape pada keyboard.

Kalau hasilnya belum sesuai keinginan, tinggal dirubah lagi angka Linetype Scale-nya. Silahkan lakukan eksperimen sampai mendapatkan jarak antara garis putus-putus yang diinginkan.

Cara Mengubah Faktor Skala Semua Garis Putus-Putus

Untuk mengubah faktor skala semua garis putus-putus yang sudah ada di layar penggambaran dan juga yang akan dibuat, kita bisa menggunakan system variabel LTSCALE yang ada di AutoCAD.

LTSCALE fungsinya untuk mengubah Linetype Scale semua objek garis yang ada di layar penggambaran. Baik objek yang sudah dibuat maupun yang nantinya akan dibuat, Linetype Scale nya akan menjadi sama.

Cara menggunakannya:

1. Pada Command ketikkan perintah LTSCALE kemudian enter.

2. Ketikkan angka Linetype Scale yang baru. Default-nya Linetype Scale nilainya 1. Kita rubah misalnya dengan mengetikkan 0.25 kemudian enter.

3. Di layar penggambaran Linetype Scale semua garis akan menjadi 0.25 dan kerapatan garis putus-putusnya akan berubah.

Cara Mengatur Faktor Skala Garis Putus-Putus Yang Akan Dibuat

Misalnya di layar penggambaran sudah tergambar banyak garis putus-putus dengan Linetype Scale tertentu. Kemudian kita ingin membuat lagi garis putus-putus yang baru dengan Linetype Scale yang berbeda. Pada kondisi seperti ini, kita bisa menggunakan system variabel CELTSCALE.

CELTSCALE fungsinya untuk  mengatur Linetype Scale garis yang akan dibuat. Tidak mempengaruhi Linetype Scale garis yang sudah ada di layar penggambaran. Nilai Default-nya adalah 1.

Cara menggunakannya:

1. Pada Command ketikkan perintah CELTSCALE kemudian enter.

2. Ketikkan angka untuk Scale yang baru. Dari Default nilainya 1, kita rubah misalnya dengan mengetikkan 0.5 kemudian enter.

3. Buat garis yang diinginkan. Misalnya Pilih dulu jenis garis putus-putus pada Line Type Control. Pada Command ketikkan perintah LINE kemudian enter. Klik sembarang di layar penggambaran, arahkan mouse ke kanan. Ketikkan 100 kemudian enter dua kali.

4. Kalau dicek melalui properties, garis yang baru kita buat maka Linetype Scale-nya akan menjadi 0.5

Jika anda pemula dan ingin mempelajari tutorial-tutorial saya yang lain, silahkan baca informasinya di Cara Menguasai AutoCAD 2D. Disitu saya mengajarkan AutoCAD dari dasar sampai Mahir.

Demikian panduan cara membuat garis putus putus di AutoCAD yang bisa saya sajikan. Mudah-mudahan tutorialnya bisa anda pahami dan praktekkan dengan baik. Untuk anda yang pemula ataupun yang sudah mahir, semoga mendapatkan manfaat. Terima Kasih.