ASIFAH

Cara Memasukkan Data Excel Ke ArcGIS (Titik Koordinat + Tekstual)

hasil join data excel dengan data arcgisInilah artikel tutorial lengkap cara memasukkan data excel ke ArcGIS untuk data titik koordinat, data tekstual/ atribut, gabungan keduanya, dan juga cara join data excel ke ArcGIS.

Pembuatan dan penyimpanan data dalam format excel biasanya menjadi salah satu pilihan banyak orang. Disamping karena programnya hampir selalu ada disetiap komputer, alasan lain juga karena penggunaannya mudah dan sederhana.

Oleh karena itu, ketika melakukan pengolahan data dengan ArcGIS biasanya akan ditemukan data dalam format excel yang harus dimasukkan. Bahasa lainnya adalah harus di export dari excel ke ArcGIS atau diimport dari ArcGIS.

Pada tutorial ini, saya akan menunjukkan tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan hal tersebut. Dan untuk caranya silahkan langsung ikuti langkah demi langkahnya di bawah ini.

Cara Memasukkan Data Excel Ke ArcGIS Untuk Data Titik Koordinat

  1. Siapkan data titik koordinat dalam format excel yang akan dimasukkan ke ArcGIS. Untuk contoh saya akan memasukkan data koordinat dengan kolom-kolom seperti ini.

data koordinat excel

  1. Buka ArcMap.
  1. Klik menu File > Add Data > Add XY Data

cara memasukkan data koordinat

  1. Pada kotak dialog Add XY Data, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Klik tombol browse. Cari file excel yang sudah disiapkan. Kemudian klik nama file-nya dan klik tombol Add.

Pada kotak dialog Add, klik nama sheet yang di dalamnya ada data koordinat yang sudah disiapkan. Kemudian klik Add.

memilih sheet excel

Pada bagian X Field dan Y Field, ArcGIS akan otomatis membaca kolom data koordinat. Tetapi dicek lagi, apakah sudah sesuai dengan kolom yang seharusnya.

Pada bagian Z Field, jika tidak ada maka akan terbaca None. Kalau data anda ada data tingginya, silahkan dipilih nama kolomnya.

Pada bagian Coordinate System, klik tombol Edit. Kemudian pilih sistem koordinat yang digunakan sesuai nilai data koordinat anda. Untuk contoh, pada kotak dialog Spatial Reference Properties, klik tanda + Projected Coordinate Systems > + UTM > + WGS 1984 > + Southern Hemisphere > klik WGS 1984 UTM Zone 50S. Kemudian klik OK.

Catatan : Kalau data anda tidak memiliki sistem koordinat atau tidak tahu sistem koordinatnya apa, maka tidak perlu klik tombol Edit untuk memilih sistem koordinat.

Unceklis kotak Warn me if the resulting layer will have restricted functionality. Dan hasil pengaturan kotak dialog Add XY Data tampak seperti gambar di bawah ini.

Cara Memasukkan Data Excel Ke ArcGIS

Kalau sudah diatur seperti gambar di atas, bisa klik OK.

  1. Jika data dan pengaturan sudah betul, titik koordinat akan tergambar di Data View ArcMap. Dan jika ingin menampilkan label nomor titik, bisa diklik kanan nama layer. Kemudian pilih Label Features.

cara memberi label di arcgis

Contoh data titik koordinat yang sudah tergambar dan hasil  pemberian label, tampak seperti gambar di bawah ini.

Hasil Memasukkan Data Excel Ke ArcGIS

Cara Memasukkan Data Excel Ke ArcGIS Untuk Data Tekstual

  1. Siapkan data tekstual dalam format excel yang akan dimasukkan ke ArcGIS. Untuk contoh saya akan memasukkan data dengan kolom-kolom seperti ini.

data tekstual excel

  1. Buka ArcMap.
  1. Buka data excel yang akan dimasukkan dengan cara klik tombol Add Data atau bisa juga dengan cara klik Menu File > Add Data > Add Data.
  1. Pada kotak dialog Add Data, cari data excel yang sudah disiapkan. Klik datanya, kemudian tekan tombol Add.
  1. Masih pada kotak dialog Add Data, klik nama sheet yang di dalamnya ada data tekstual yang sudah disiapkan. Kemudian klik Add.

menambahkan sheet data tekstual excel

  1. Data excel sudah masuk di ArcGIS. Untuk melihat dan mengecek data, lakukan klik kanan pada nama Sheet di Table Of Contents, kemudian pilih Open. Gambaran contoh data yang saya masukkan tampak seperti gambar di bawah ini.

tabel data excel di arcgis

Cara Join Data Excel Ke ArcGIS

Untuk join data excel di ArcGIS, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah memasukkan data excel-nya ke ArcGIS. Caranya bisa menggunakan tutorial Cara Memasukkan Data Excel Ke ArcGIS Untuk Data Tekstual di atas.

Pada tutorial ini saya akan menggunakan contoh data tekstual excel di atas yang sudah dimasukkan ke ArcGIS. Dan untuk melakukan join, tahapan selanjutnya adalah.

  1. Buka peta atau data yang akan di join. Caranya bisa klik tombol Add Data atau bisa juga dengan cara klik Menu File > Add Data > Add Data.
  1. Pada kotak dialog Add Data, cari data yang akan dibuka. Klik datanya, kemudian tekan tombol Add.
  1. Pada Table Of Contents, klik kanan nama data yang baru dibuka. Kemudian pilih Open Attribute Table. Kemudian cek, join akan dilakukan berdasarkan kolom yang mana. Untuk contoh, mari kita lihat data saya berikut.

data attribute peta di arcgis

Dengan melihat data table di atas, saya menemukan kolom yang menggambarkan data yang sama dengan kolom data tekstual dari excel. Yaitu kolom NIB. Maka saya akan melakukan join berdasarkan kolom NIB.

Kalau data-data yang akan anda join tidak memiliki kolom yang menggambarkan nilai data yang sama. Minimal 1 kolom. Maka join tidak akan berhasil dilakukan.

Karena untuk contoh data saya, ada kolom yang bisa dijoin, maka akan saya lanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Masih pada Table Of Contents, klik kanan lagi nama data yang baru dibuka. Kemudian pilih Joins and Relates > Join.
  1. Pada kotak dialog Join Data, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Pada bagian What do yo want to join to this layer? Pilih Join attributes from a table.

Pada bagian nomor 1, pilih kolom yang sudah dicek dilangkah nomo 3. Untuk contoh, saya memilih NIB.

Pada bagian nomor 2, pilih nama sheet excel yang sudah dimasukkan ke ArcGIS dan disiapkan untuk dijoin. Untuk contoh, saya memilih Sheet1$.

Pada bagian nomor 3, pilih kolom dari sheet excel yang akan digunakan untuk join. Untuk contoh , saya memilih NIB.

Pada bagian Join Options,  pilih opsi sesuai keperluan. Pada tutorial ini saya memilih Keep all records.

Hasil pengaturan di atas, tampak seperti gambar di bawah ini.

cara join data di arcgis

Kalau sudah di atur seperti gambar di atas, selanjutnya bisa klik OK.

  1. Untuk mengecek apakah join sudah berhasil dilakukan, pada Table Of Contents klik kanan nama layer yang baru di Join. Kemudian pilih Open Attribute Table. Untuk gambaran hasil join yang saya lakukan terlihat seperti gambar berikut.

hasil join data excel dengan data arcgis

  1. Data hasil join bisa digunakan untuk analisa, membuat peta tematik, pemberian label, dll. Pada tutorial ini untuk contoh saya akan menggunakannya untuk memberi label pada setiap persil. Caranya pada Table Of Contents klik kanan nama layer yang baru di Join. Kemudian pilih Properties.
  1. Pada kotak dialog Layer Properties, klik Tab Labels. Kemudian ceklis Label features in this layer. Pada bagian Text String pilih kolom hasil join. Untuk contoh saya memilih Nomor Hak. Kalau sudah, bisa klik OK.

Dan berikut ini adalah contoh peta hasil pemberian label.

peta arcgis hasil pemberian label

Untuk menambah referensi, silahkan pelajari juga tutorial ArcGIS yang sudah saya tulis di Cara Membuat Poligon Di ArcGIS dan Cara Mengubah Koordinat Geografis Ke UTM Di ArcGIS.

Demikian tutorial mengenai cara memasukkan data excel ke ArcGIS yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bisa dipraktekkan tutorialnya dan semoga bermanfaat. Terima kasih dan sampai bertemu kembali dengan saya di tutorial-tutorial yang lain.