ASIFAH

Cara Melakukan GIS Overlay Analysis Dengan AutoCAD Map (Intersect, Erase, Identity, Clip)

Inilah Cara Melakukan GIS Overlay Analysis Dengan AutoCAD Map (Intersect, Erase, Identity, Clip). Tutorial saya sajikan dalam bentuk video dan artikel agar anda lebih mudah memahami dan mempraktekkan.

Dengan AutoCAD Map, overlay analysis bisa dilakukan terhadap drawing object/ drawing layer/ AutoCAD Drawing dan juga terhadap feature object atau data-data GIS seperti SDF dan SHP. Dalam tutorial ini, saya hanya menunjukkan cara melakukan overlay analysis terhadap data SHP.

Untuk tahapannya, silahkan ikuti panduan di bawah ini.

Cara Melakukan GIS Overlay Analysis

  1. Buka data-data GIS yang akan di-overlay-kan. Kalau belum bisa membuka data GIS dengan AutoCAD Map, silahkan ikuti video saya yang Cara Membuka Data SHP atau Cara Menggabungkan 2 Shapefile.
  1. Klik menu Map > GIS Overlay. Atau bisa juga melalui command prompt dengan mengetikkan perintah MAPGISOVERLAY
  1. Pada kotak dialog Overlay Analysis, lakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

Pada bagian Source, pilih layer yang nantinya akan menjadi output.

Pada bagian Overlay, pilih layer yang akan menjadi peng-overlay-nya.

Pada bagian Type, pilih jenis overlay yang akan dilakukan terhadap kedua data tersebut. Kemudian klik Next. Agar lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

Cara Melakukan GIS Overlay Analysis

Pada bagian Output, tentukan tempat penyimpanan dan jenis file output dari overlay tersebut.

Pada bagian Layer name, tentukan nama layer yang akan menjadi hasil dari overlay yang akan dilakukan.

Pada bagian yang lainnya tidak perlu dilakukan pengaturan. Jadi bisa langsung klik Finish.

  1. Kalau berhasil, nama layer akan muncul pada Display Manager dan output spasial-nya juga akan muncul di layar penggambaran.

Contoh Penggunaan Overlay Analysis

Misalnya saya punya Peta Sebaran Fasilitas Pendidikan Di Sebuah Kabupaten yang datanya terdiri dari sebaran fasilitas pendidikan berupa titik dan wilayah kabupaten yang tersusun oleh kecamatan-kecamatan berupa polygon.

Kemudian dari data tersebut, saya ingin mengambil data sebaran fasilitas pendidikan yang hanya terdapat di kecamatan tertentu. Adapun keperluannya, misalnya untuk membuat peta sebaran fasilitas pendidikan kecamatan dan untuk melakukan beberapa analisa.

Langkah Penyelesaiannya.

  1. Buka data sebaran fasilitas pendidikan dan wilayah kabupaten dengan AutoCAD Map.
  1. Lakukan Query to Filter Data terhadap wilayah kabupaten, sehingga yang muncul di layar penggambaran hanya kecamatan yang kita inginkan. Untuk cara melakukan Query to Filter Data, anda bisa mengikuti video saya yang Cara Memisahkan Peta.
  1. Lakukan tahapan Overlay Analysis seperti di atas dan pada bagian type, pilih Clip.

Pada video, selain menunjukkan penggunaan overlay analysis type clip saya juga menunjukkan penggunaan type yang lain. Yaitu Intersect, Erase, dan Identity. Jadi agar anda lebih tambah referensi dan juga lebih mudah mengikuti, silahkan pelajari versi video di atas.

Demikian tutorial untuk overlay analysis di AutoCAD Map. Kalau masih kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang ingin ditambahkan, langsung saja mengisi bagian komentar di bawah. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.